Semangat Menurun? 7 Hal Ini Bisa Jadi Mood Booster Terbaik Buatmu

Tidak setiap hari bisa berjalan sesuai keinginan kita. Kadang ada aja hal yang bikin suasana hati memburuk dan uring-uringan. Mulai dari kerjaan di kantor menumpuk, bertengkar dengan pasangan, atau hanya sekedar hari buruk yang harus kamu lalui. Kalau sudah begini, rasanya beraktivitas jadi males banget kan? Kamu butuh mood booster untuk mengembalikan semangat dalam menjalani hari.

Ketika harimu memburuk, jangan biarkan hal itu mengganggumu terus-terusan. Kamu harus bisa memaksa diri kamu untuk melakukan sesuatu yang bisa mengembalikan mood supaya harimu nggak semakin berantakan. Yuk, simak 7 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mood yang memburuk.

1. Mendengarkan musik upbeat

Musik upbeat sudah terbukti secara ilmiah mampu menjadi mood booster dalam keseharianmu. Studi yang dilakukan oleh Journal of Positive Psychology pada 2013 menemukan bahwa mereka yang mendengarkan musik upbeat dapat meningkatkan suasana hati dan merasa lebih bahagia hanya dalam waktu 2 minggu.

Lebih jauh lagi, mood yang baik memberikan serangkaian dampak positif dalam keseharianmu. Kesehatan tubuh ikut meningkat, produktivitas semakin tinggi, dan hubungan dengan orang sekitar juga semakin membaik.

2. Tertawalah

Tertawa ibarat sebuah penyakit menular. Ketika kamu tertawa, orang-orang lain di sekitarmu secara tidak langsung akan ikut merasakan kebahagiaan. Tertawa dapat menguatkan sistem imun, memperbaiki suasana hati, meredakan rasa sakit, dan menghindarkan kamu dari dampak stress yang buruk.

Jadi. bener dong kalau tertawa bisa jadi mood booster di hari burukmu? Coba cari film-film komedi ringan yang bisa membuatmu tertawa lepas. Cukup dengan meluangkan waktu 1-2 jam saja, suasana hatimu pasti akan kembali membaik seperti semula. 

3. Cari udara segar dengan berjalan kaki

Terkadang suasana hati jadi berantakan karena kamu mulai bosan dengan sekelilingmu. Ini sering terjadi saat kamu menghabiskan waktu di dalam ruangan sepanjang hari. Menurut Prof. Daniel Kripke, M.D. dari University of California, terkena cahaya matahari di pagi atau siang hari membantu kamu untuk tetap produktif dan semangat lho.

Oleh karena itu, kamu harus beranjak dari kursimu sejenak dan melemaskan otot sambil berkeliling. Tidak perlu jauh-jauh berjalan di sekitar kantor atau kampus saja sudah cukup untuk jadi mood booster kok!

4. Bersihkan sekitarmu

Lingkungan yang bersih dan rapi akan membantu pikiran untuk lebih jernih. Pengarang buku The Highly Sensitive Person, Elaine Aron mengatakan bahwa kamu mungkin perlu merapikan hal-hal yang ada di sekelilingmu agar suasana hati membaik.

Tapi ingat, jangan jadikan beres-beres sebagai alasan untuk kamu bisa menunda pekerjaan yang sebenarnya ya! Mulailah dari membereskan meja kerjamu. Jika ada kertas yang berserakan atau barang-barang yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, sebaiknya simpan di tempat yang tidak terlihat saja ya.

Ketika kamu bekerja di atas meja yang bersih, kamu akan bisa merasakan bahwa produktivitasmu akan ikut meningkat juga.

5. Ajak orang tersayang berpelukan

Saat kamu merasa tertekan, coba temui orang yang kamu sayangi dan peluk mereka. Ini bisa jadi mood booster yang mujarab lho. Baik itu orang tua, anak, saudara, sahabat, atau pasangan.

Berpelukan terbukti dapat menurunkan hormon penyebab stress dan meningkatkan kadar oksitoksin dalam tubuh yang bisa membuat mood meningkat. Kalau orang yang kamu sayang sedang jauh, kamu bisa melakukan self care seperti memijat dahi, tangan, dan leher. 

Self-massage terbukti dapat menurunkan detak jantung dan mengurangi hormon kortisol penyebab stress dalam sistem tubuh. Apabila kamu tinggal bersama dengan orang yang kamu sayang, jangan ragu memulai hari dengan sebuah pelukan ya!

6. Buat jurnal bersyukur

Memperbaiki suasana hati bisa dilakukan juga dengan mengingat hal-hal indah yang kita syukuri. Namun saat kamu sedang stress, kadang susah untuk mengingatnya. Mulailah membuat jurnal bersyukur atau grateful journal, dimana kamu menuliskan 3 hal yang membuat kamu bersyukur setiap hari.

Bukalah jurnal tersebut ketika badai datang dan merusak harimu. Tanpa kamu sadari, kamu akan tersenyum saat mengingat kembali bahwa kamu pernah sangat bahagia karena hal-hal kecil yang kamu syukuri. Mood booster yang hebat banget kan?

7. Luapkan emosimu

It’s okay not to be okay. Eits, bukan judul drama Korea ya! Tapi setiap orang memang boleh bersedih dan marah. Jangan ragu untuk meluapkan apa yang kamu rasakan saat itu. Bersikap diam dan memendam semua itu hanya akan menambah beban di masa mendatang. Dirimu ibarat memegang bom waktu yang siap meledak kapan saja.

Kalau itu sampai terjadi, maka orang-orang sekitarmu juga bisa ke imbasnya. Ceritakan apa yang kamu rasakan pada orang yang kamu percaya, misalnya sahabatmu. Jika kamu hanya ingin didengar, kamu bisa mengatakan padanya untuk tidak berkomentar apapun. Membagikan apa yang sedang kamu alami dan rasakan mungkin tidak menyelesaikan masalah, tetapi setidaknya kamu merasa lega!

Itu tadi berbagai macam hal yang bisa kamu jadikan mood booster saat harimu sedang buruk. Kalau kamu, apa yang kamu lakukan untuk menghilangkan bad mood? Sebagian orang menghilangkan bad mood dengan melakukan hobinya sambil merasakan sensasi nikotin.VELO adalah kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia untuk kamu yang berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, kapan saja dan di mana saja tanpa takut mengganggu orang lain dan menghentikan aktivitas yang sedang dilakukan. Cukup selipkan antara gusi dan bibir atas, rasakan sensasinya hingga 20 sampai 30 menit.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply