5 Cara Simpel Tapi Manjur Buat Ningkatin Semangat Kerja

Sudah menjadi tanggung jawab dan amanah kita untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sungguh-sungguh dan cekatan. Namun, tidak setiap hari dari kita bisa merasa semangat kerja. Ada yang semangat pas hari Jumat saja, banyak justru.

Dalam tulisan ini, kita akan bahas kira-kira bagaimana langkah simpel namun efektif untuk membuat kita jadi lebih senang menjalankan pekerjaan. Kalau sudah hepi, ya kita tidak akan kesusahan apabila datang masalah di pekerjaan.

Kira-kira apa aja ya rekomendasi tips untuk ningkatin mood di tempat kerja? Mari kita mulai.

1. Semua dimulai dari semangat pagi yang menenangkan

Jelas, ya. Bukan hanya kerja, tapi untuk seluruh aktivitas yang kita jalani di sepanjang hari. Semua dimulai dan ditentukan saat kita membuka mata dari tidur yang lelap. Jika dimulainya saja sudah berantakan, maka sulit untuk menatanya di tempat kerja.

Ada banyak cara untuk memulai rutinitas pagi dengan lebih hepi. Mulai dari membuat dan meminum air perasan lemon, latihan atau gerakan yang menyehatkan, tidak memegang gadget sebelum waktu sarapan tiba, atau bahkan meditasi dengan teknik pernapasan.

2. Kurangi memikirkan hal yang tak seharusnya dipikirkan

Artinya, kurangi keputusan-keputusan yang harus diambil hari itu juga. Misalnya saja memilih baju kerja. Hal ini harus disiapkan satu minggu sebelumnya, sehingga pada hari itu kamu tak perlu memikirkan untuk mengenakan baju apa.

Intinya, berikan otak kita kelonggaran untuk memikirkan hal-hal yang memang penting saja. Kerucutkan ke hal-hal yang menjadi prioritas kerja sesuai dengan posisi yang kamu punya. Kalau perlu, tuliskan dalam secarik kertas supaya lebih tertata.

3. Bantu teman kerja yang sedang kesulitan dan butuh bantuan

Bantu rekan kerjamu merasa hepi. Salah satunya dengan cara membantu mereka apabila sedang mengalami kesulitan di tempat kerja. Atau jangan nunggu ada kesulitan, tapi langsung bantu mereka untuk merapikan tempat kerja, mengajak makan siang, dan lainnya.

Dengan begitu, suasana kantor akan tercipta sebuah hubungan yang sehat dan tidak sikut-sikutan. Selain membantunya dalam bekerja, kamu juga bisa melontarkan apresiasi terhadap usaha mereka dalam menyelesaikan pekerjaan. Itu akan lebih membekas di hati.

4. Tidak perlu menulis to-do-list banyak-banyak, cukup 3 saja

Yaps, kamu tidak salah baca. Kebanyakan tugas justru akan membuat otak kita terlalu banyak berpikir dan tidak segera dieksekusi. Parahnya lagi, kebanyakan dari kita justru akan cenderung menunda-nunda pekerjaan.

Karena itulah, kamu cukup menulis 3 daftar tugas yang perlu diselesaikan hari itu juga. Namun harus konsekuen dan benar-benar selesai. Aturannya, tidak boleh multitasking. Selesaikan satu per satu, dibagi menjadi beberapa pekerjaan kecil sehingga terasa ringan.

5. Buat gratitude journal untuk mengapresiasi usaha kamu hari itu

Setelah seharian bekerja, tentu otak dan energi tubuh kita akan terkuras habis. Kini saat yang tepat untuk memberikan suntikan energi baru lewat menulis apresiasi terhadap diri sendiri. Apresiasi atas kerja keras yang sudah dilakukan hari itu.

Selain usaha, kamu juga bisa mengapresiasi pencapaian di tempat kerja. Atau, kebiasaan baik yang berhasil dibangun selama bekerja. Atau apapun itu yang bisa diapresiasi dan disyukuri, tulis saja. Sebelum tidur ya. Dijamin, kamu bakal lebih semangat kerja.

Itulah tadi sederet rekomendasi yang sederhana namun bisa membuat semangat kerja jadi membara. Ya tidak sampai segitunya sih, tapi tetap terasa perubahannya. Asalkan dilakukan dengan rutin dan dijadikan kebiasaan baru ya.

Akhir kata, kami perlu kasih tau kamu nih kalau sekarang ada produk baru bernama VELO! VELO adalah kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia untuk kamu yang berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin.

Namun, VELO bukan perempuan hamil atau menyusui, ya. Kantong nikotin ini dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja tanpa takut mengganggu orang lain dan menghentikan aktivitas yang sedang dilakukan. Cukup selipkan antara gusi dan bibir atas, rasakan sensasinya 20 sampai 30 menit.

Ifan Prasya
Karena belajar bisa dari mana aja.

Related Articles

Leave a Reply