Selamat Datang Generasi Z! Ini Dia 10 Jenis Pekerjaan Yang Tepat Buatmu!

Selamat tinggal milenial, selamat datang Generasi Z!

Kamu pasti sudah sering mendengar kata milenial, bukan? Milenial adalah sebutan lain untuk Generasi Y, yakni mereka yang lahir dari tahun 1981 sampai 1994. Pengelompokan generasi ini merupakan sebuah teori sosiologi yang membedakan manusia berdasarkan tahun lahir dan perubahan yang terjadi di lingkup sosial dan ekonomi.

Setelah Generasi Y, penerusnya adalah Generasi Z yang lahir antara tahun 1995 sampai tahun 2010. Sekilas info aja nih, ada perbedaan yang sangat mencolok antara kedua generasi tersebut. Milenial hidup di masa transisi zaman pra-teknologi hingga teknologi canggih seperti sekarang. Bahkan bisa dibilang, merekalah yang menciptakan teknologi.

Berbeda dengan Generasi Z yang sudah akrab dengan teknologi sejak kecil. Perbedaan mencolok ini tentu berpengaruh pada pilihan pekerjaan yang diminati. Di era Gen Z seperti sekarang ini, bermunculan pekerjaan-pekerjaan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Yuk, simak 10 pekerjaan yang cocok banget buat Gen Z!

  1. Writer dan Creator

Ada yang bilang bahwa siapa saja bisa jadi writer dan creator di era ini. Meski hal itu ada benarnya, namun butuh kemampuan khusus untuk menjalani dua pekerjaan tersebut lho. Ada banyak kategori writer yang bisa ditemukan saat ini. Mulai dari content writer, copywriter, ghost writer, dan masih banyak lagi.

Demikian juga dengan content creator. Kamu harus punya pemikiran yang inovatif, kreatif, dan tentu saja mampu myakinkan orang lain melalui konten tulisan yang dibuat. Tenang saja, kalau kamu mau menekuni bidang ini kamu nggak akan kekurangan pekerjaan. Kini content writer menjadi salah satu talenta yang dicari oleh banyak perusahaan.

  1. Developer

Mobile developer dan software developer adalah dua pekerjaan yang cocok buat kamu si peminat teknologi. Kamu bisa merancang program untuk klien, memperbaiki bug, atau menambahkan fitur yang ada.

Yang kamu butuhkan untuk menjadi developer adalah PC atau laptop yang mumpuni, didukung dengan kreativitas, perhatian pada detail terkecil, dan kemampuan memecahkan masalah yang baik. Jika tidak bisa bekerja sendiri, kamu bisa bekerja sama dengan tim kok.

  1. UI/UX Designer

Kalau kamu merasa nyaman saat menggunakan sebuah aplikasi karena tampilannya yang bersahabat, maka berterimakasihlah pada UI/UX Designer. Merekalah yang bertugas untuk mendesain sebuah aplikasi agar mudah dioperasikan oleh para calon pengguna. Tidak hanya membutuhkan skill khusus, UI/UX Designer juga harus punya jiwa kreatif.

  1. Data Scientist dan Data Analyst

Di era modern, data adalah segalanya. Kini profesi Data Scientist dan Data Analyst sedang hits di kalangan Generasi Z. Tugas utama mereka adalah mengolah dan menganalisis data yang didapatkan dari internet, kemudian digunakan untuk mengambil keputusan selanjutnya. Dalam dunia bisnis dan kaitannya dengan penjualan, profesi ini memegang peranan yang penting.

  1. UX Writer

Pekerjaan yang satu ini masih ada hubungannya dengan aplikasi dari tidak jauh dari UI/UX Designer. Namanya adalah UX Writer. Tugas UX Writer lebih sederhana karena mereka adalah pengisi tulisan di aplikasi tersebut supaya dimengerti oleh pengguna. 

Tulisan ini bisa berupa petunjuk, bantuan, dan masih banyak lagi. Format tulisan harus singkat, padat, jelas, namun mudah dimengerti oleh si pembaca.

  1. Digital Marketer

Dari dulu hingga sekarang, pekerjaan di bidang marketing memang tidak pernah bisa mati. Namun di era digital ini sebutannya berbeda, yaitu digital marketing. Kini metode pemasaran bukan lagi mengetuk dari satu pintu ke pintu lain dengan membagikan brosur.

Dengan pemanfaatan internet, jangkauan dunia marketing menjadi tidak terbatas. Nah, inilah yang harus dimanfaatkan dengan baik supaya penjualan semakin meningkat dan pelanggan baru bisa didapatkan. Pada dasarnya, prinsip digital marketing masih sama dengan marketing konvensional. Tetapi keterlibatan internet memberikan pengaruh yang besar juga.

  1. Social Media Specialist

Social media specialist adalah jenis pekerjaan yang baru muncul di era Generasi Z dan milenial muda. Tingginya minat terhadap media sosial membuatnya sangat menjanjikan untuk berbisnis. Berawal dari hobi bermain sosmed, kamu bisa mengembangkannya jadi sebuah karir yang serius.

Tugas utama dari seorang social media specialist adalah menganalisis engagement dari sebuah unggahan yang dibuat. Kamu harus bisa memetakan sasaran usia, wilayah, hingga latar belakang sosial dan ekonomi mereka. Tujuannya agar pesan yang dikirim melui unggahan tersebut dapat tersampaikan dengan baik. Meski kelihatannya sederhana, pekerjaan ini punya tantangan tersendiri lho. 

  1. Website Administrator

Jika sudah ada penulis konten, maka yang dibutuhkan adalah admin untuk mengatur perilisan konten tersebut. Pekerjaan ini bisa dibilang sederhana, namun membutuhkan perhatian pada detail yang cukup tinggi.

Seorang web admin harus tahu event-event apa yang akan digelar dalam waktu dekat, membuat rencana konten dana waktu tertentu, dan memastikan bahwa traffic website terus menunjukkan tren positif.

  1. Desainer Grafis

Sejak era generasi milenial, desain grafis sudah menjadi pekerjaan yang paling dicari. Namun tidak bisa dipungkiri tren desain pun berubah seiring berjalannya waktu. Dibutuhkan jiwa kreatif dan up-to-date untuk menjadi seorang desainer grafis handal. Jika berminat menjadi desainer grafis, kamu bisa bergabung dengan sebuah agensi atau bekerja lepas dan mencari klien sendiri. Pekerjaan ini sangat menjanjikan lho!

  1. Videografer

Videografer adalah soulmate dari writer dan creator. Konten tulisan menarik tentu harus dibarengi dengan eksekusi cantik dan visualisasi keren. Tidak heran videografer menjadi pekerjaan yang paling banyak dicari saat ini. YouTube yang semakin banyak diminati membuat siapa saja ingin mengunggah video yang artistik supaya menarik minat para viewers.
Modal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang videografer handal adalah kamera dan laptop yang mumpuni. Untuk urusan skill, kamu akan semakin mahir jika semakin sering berlatih.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

2 COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: