Selain Tidak Ada Rotasi Bulan, Ini Dia 7 Fakta Menarik Tentang Satelit Bumi Ini

Siapa sih yang tidak kenal dengan bulan. Ketika matahari tenggelam di sore hari, bulan menjadi objek yang paling terang di antara kerlap kerlip bintang. Keberadaan bulan bahkan membuat langit terlihat lebih indah di malam hari lho.

Bulan pertama kali ditemukan pada tahun 1610, berjarak sekitar 384.400 kilometer dari planet kita. Bulan dipercaya terbentuk saat ada batu besar yang menghantam bumi, sesaat setelah tata surya terbentuk pada 4,5 miliar tahun yang lalu. Bulan adalah salah satu pecahan batu tersebut yang kemudian berevolusi menjadi benda langit tersendiri.

Itu hanya salah satu dari sekian banyak fakta menarik tentang bulan. Tahukah kamu bahwa rotasi bulan itu tidak ada? Yuk, simak fakta menarik lain tentang bulan berikut ini!

1. Bulan bergerak menjauh dari bumi

Seiring berjalannya waktu, bulan semakin bergerak menjauh dari bumi. Setiap tahunnya, bumi bergerak sekitar 3,8 cm lebih jauh dari planet kita. Fenomena ini diprediksi akan terus terjadi hingga 50 milyar tahun ke depan.

2. Tidak ada atmosfer di bulan

Tidak seperti bumi yang dilindungi dengan lapisan atmosfer, bulan tidak punya atmosfer sama sekali. Ini artinya bulan tidak dilengkapi perlindungan terhadap sinar kosmik, meteorit, badai matahari, dan memiliki variasi temperatur yang ekstrim di setiap sisinya. Dengan tidak adanya atmosfer ini, tidak ada suara yang bisa dipantulkan di bulan dan langit bulan selalu terlihat gelap.

3. Bulan selalu menampakkan wajah yang sama

Kamu mungkin sudah tahu kalau bulan berevolusi mengitari bumi. Tapi apakah bulan juga mengalami rotasi alias berputar pada porosnya seperti bumi?

Bulan memang berotasi, namun ini dilakukan hanya sekali saja setelah bulan memenuhi satu siklus perputaran sebelum munculnya bulan baru. Perputaran ini terjadinya juga sangat cepat. Itulah mengapa bulan selalu menunjukkan “wajah” yang sama ke bumi.

4. Hanya ada 12 orang saja yang pernah berjalan di bulan

Selama sejarah manusia hingga saat ini, hanya ada 12 orang saja yang pernah berjalan di bulan. Yang pertama tentu adalah Neil Armstrong yang berhasil mendarat di bulan pada tahun 1969 sebagai bagian dari misi Apollo 11. Orang terakhir yang mendarat di bulan adalah Gene Cernan pada tahun 1972. 

5. Bulan adalah satelit alam terbesar kelima

Bulan adalah satelit alam terbesar kelima yang ada di tata surya. Diameter bulan adalah 3.475 kilometer, masih kalah besar dengan satelit alam planet lain seperti Jupiter dan Saturnus.

6. Bulan merupakan bagian dari bumi

Menurut teori, pada 4,5 miliar tahun lalu ketika tata surya baru saja terbentuk ada batu besar yang menghantam bumi. Ini menyebabkan bumi menjadi hancur, dan salah satu puingnya berevolusi hingga menjadi bulan. Ini artinya, bulan sudah menjadi teman setia bagi bumi ketika usia bumi masih sangat muda.

7. Bentuk bulan sesungguhnya mirip dengan lemon

Bulan memang tampak bulat sempurna jika dilihat dari bumi. Namun bentuk bulan yang sesungguhnya adalah oval, tepatnya mirip dengan buah lemon. Yang menyebabkan bentuk bulan terlihat bundar adalah pengaruh dari gravitasi bumi.

Selain tidak mengalami rotasi, bulan ternyata punya segudang fakta menarik lain ya. Tertarik mengetahui fakta lain tentang bulan? Yuk, bersantai sejenak sambil mengumpulkan kembali fokus dan semangatmu. Buat kamu yang terbiasa mengkonsumsi nikotin untuk tetap semangat, ada VELO yang menawarkan inovasi baru menikmati nikotin.

VELO hanya boleh dikonsumsi oleh mereka yang berusia 18 tahun ke atas lho. Berbagai varian rasa seperti Polar Mint, Ruby Berry, dan Exotic Clove dijamin akan membuatmu penasaran deh!

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply