Selain Bikin Kopi, Ini Dia Tugas Barista yang Kamu Perlu Tahu

Tidak perlu diragukan lagi, tugas barista yang paling utama tentu membuat secangkir kopi untuk membangkitkan semangatmu setiap hari. Tapi masa iya sih tugas barista cuma itu aja?

Hmm, buat kamu yang belum tahu, tugas barista lebih dari sekedar menyuguhkan kopi saja lho. Ketika melamar pekerjaan, pihak coffee shop atau perusahaan biasanya sudah menyodorkan serangkaian job description yang harus dilakukan oleh barista selain membuat kopi.

Ini dia beberapa tugas lain yang harus dilakukan seorang barista di luar membuat kopi kesukaanmu.

1. Memastikan kebersihan dan sanitasi area kerja

Seorang barista memiliki tanggung jawab penuh untuk menjaga area kerja alias coffee bar tetap bersih. Tidak hanya itu, kebersihan mesin dan berbagai macam peralatan lain yang ia gunakan juga harus dibersihkan sendiri. Pihak coffee shop biasanya tidak menyediakan petugas khusus untuk membersihkan coffee bar dan semua peralatan yang ada.

Kamu pasti sering melihat seorang barista yang langsung mengelap coffee bar atau mesin kopi segera setelah digunakan bukan? Trik ini memang bisa memudahkan pekerjaan mereka sekaligus membuat pelanggan yakin bahwa minuman dibuat melalui proses yang higienis.

2. Membersihkan meja bekas pelanggan

Bukan hanya kebersihan area kerja mereka saja yang penting. Kebersihan meja dan kursi pelanggan juga lho. Setelah kamu meninggalkan coffee shop, barista akan datang ke meja yang tadi kamu duduki dan membersihkannya sendiri. Sama seperti poin di atas, coffee shop tidak menyediakan tenaga kebersihan sehingga semua menjadi tanggung jawab si barista itu sendiri.

3. Mendeskripsikan dan mempromosikan menu yang ada dalam daftar

Jadi barista memang harus serba bisa. Salah satunya adalah bisa membujuk pelanggan untuk mencicipi menu baru yang diluncurkan di coffee shop. Itulah mengapa seorang barista harus hafal betul dengan setiap menu yang tertulis pada daftar, termasuk yang bukan kopi dan yang berjenis makanan.

Jika ada menu baru, maka mereka wajib menjelaskan kepada pelanggan dan berusaha membuat mereka tertarik untuk mencoba.

4. Melayani pelanggan dan menerima pesanan

Jangan kira tugas barista hanya di depan coffee bar saja lalu menunggu pesanan untuk datang kepada mereka ya! Barista juga harus berdiri di depan mesin kasir untuk melayani pelanggan dan menerima pesanan mereka. Ini termasuk melakukan transaksi pembayaran dalam bentuk apapun yang diinginkan pelanggan.

Setelah menerima pesanan, barulah barista tersebut kembali ke tugas utamanya untuk membuatkan minuman sesuai dengan pesanan yang ia terima.

5. Membuat minuman lain selain kopi

Coffee shop biasanya menyediakan minuman non-coffee based untuk para pelanggan yang tidak ingin minum kopi. Lantas siapa yang akan membuat minuman ini? Tentu saja barista!

Mereka harus bisa meracik minuman non kopi yang notabene bukan keahlian mereka. Namun dengan petunjuk yang diberikan, biasanya seorang barista akan mahir dalam menyajikan menu apapun yang dipesan oleh para pelanggan.

6. Mengelola bahan baku

Tugas seorang barista selanjutnya adalah mengelola bahan baku yang ada di coffee shop. Misalnya dengan mengecek ketersediaan, melakukan pemesanan, hingga mendistribusikan bahan baku tersebut. Detail tugas ini biasanya diberikan ketika barista melakukan tanda tangan kontrak dengan pihak coffee shop.

7. Membuat kamu tersenyum

Semua barista harus bisa melakukan tugas yang satu ini: membuat pelanggan tersenyum. Baik itu melalui keramahan mereka saat melayani atau dengan secangkir kopi yang dibuat, barista harus bisa memberikan kebahagiaan bagi para pelanggannya.

Jika barista merasa kurang fokus dalam menjalani pekerjaan karena membutuhkan asupan nikotin, ada VELO yang bisa membantu mereka kembali bersemangat. VELO adalah kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Cukup selipkan di antara bibir dan gusi atas, sensasinya bakal kerasa hingga setengah jam.VELO bisa digunakan tanpa asap yang bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja!

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply