Kayak: Sejarah Beserta Fakta yang Bikin Kamu Tercengang

Kayak adalah salah satu olahraga air paling populer dalam beberapa tahun terakhir, salah satunya di Olimpiade Asian Games. Olahraga ini tidak hanya meningkatkan kesehatan kamu ke tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau di darat. Kamu dapat mengunjungi banyak lokasi di seluruh dunia untuk dijelajahi, di sungai-sungai besar yang populer. 

Sebelum menuai kepopulerannya, untuk pertama kalinya kayak di desain 5.000 tahun yang lalu oleh orang Inuit dan Aleut yang ingin melakukan perjalanan cepat dengan melintasi air. Suku-suku ini berasal dari daerah Arctic, Amerika Utara, mereka akan membangun kaya dari jenis material apapun termasuk kulit binatang, tulang dan kayu. 

Walaupun sudah melintasi berbagai zaman dan masa, kayak masih dipertahankan hingga sekarang karena menjadi bagian penting dari sejarah. Selain populer di Asian Games, ternyata perahu kecil inijuga menyimpan banyak fakta dan sejarah lainnya berikut ini. 

Sejarah Perkembangan Kayak 

Kayak tertua yang pernah dipamerkan di Museum Negara Etnolog di Munich Jerman diyakini tiba di Belanda pada tahun 1577. Namun, sejarah kayak sudah terjadi sejak tahun 4.000 dan 5.000 tahun yang lalu. Ada juga sejarah yang menduga bahwa olahraga ini sudah dibuat 2.000 tahun lalu. 

Arti nama dari kayak sendiri memiliki arti “perahu pemburu” atau “perahu manusia”. Konstruksinya menggambarkan bahwa tujuan utama pembuatannya adalah untuk memberikan bantuan bagi seorang pemburu. Oleh karena itulah, perahu ini pertama kali dibuat untuk berburu karibu, anjing laut, paus, dan mamalia laut lainnya. 

Perahu ini digunakan dan dikuasai oleh orang Inuit dan Aleut di Amerika Utara. Namun, ada juga spekulasi bahwa asal perahu ini dari orang Siberia yang menyebrang ke Amerika Utara. 

1. Sejarah Perkembangan Tahun 1800 

Pada tahun 1800 an, kayak tiba di Eropa dan mulai digunakan oleh masyarakat di Jerman dan Prancis sebagai olahraga dan bentuk kebugaran tubuh. Setelah ratusan tahun digunakan sebagai perahu pemburu, tiba-tiba saja banyak perkembangan pada perahu ini misalnya saja adanya unsur kebudayaan di dalamnya. 

2. Sejarah Perkembangan Tahun 1930 

Adolf Anderle menyusuri Salzachofen Gorge pada tahun 1930 yang menjadikannya orang pertama mendayung di arung. Adolf telah menaklukan sungai internasional dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Momen ini ditetapkan dalam sejarah yang diyakini sebagai titik perkembangan kayak arung modern. 

3. Sejarah Perkembangan tahun 1936 

Kayak telah menjadi olahraga di Olimpiade Musim Panas di Berlin. Meskipun Kanada memang mendapatkan medali dalam olahraga mengayuh pada pertandingan ini, namun pada sejumlah pertandingan musim panas Kanada menerima medali di acara khusus. 

Setelah tampil dalam skala global di Olimpiade, kayak menjadi jauh lebih populer di Amerika dan wanita mulai terlibat pada olahraga ini. 

4. Sejarah Perkembangan Tahun 1950-1970 

Memasuki tahun 1950an, material “perahu pemburu” ini mula di modifikasi menggunakan material Fiberglass. Kemudian, George Dyson tertarik pada metode konstruksi yang lebih tradisional di tahun 1970. George bertahun-tahun berusaha membangun kayak dengan material kayu dan kulit pada kerangka perahu dengan teknik konstruksi yang lebih tradisional. Setelah berhasil memodifikasi perahu ini, George mencoba bepergian ke pesisir British Columbia. 

Seperti kebanyakan catatan sejarah dunia lainnya, kayak menjadi populer dan menonjol karena dari awal suku-suku dari Aleut dan Inuit telah menunjukan teknik yang ekstrim dalam pembuatannya. Bukti keterampilan kreatif suku-suku ini adalah dapat dilihat dari bentuk dan konstruksi tradisional yang sebagian besar masih utuh. 

7 Fakta Menarik Tentang Kayak 

Tahukah kamu kalau Kayak menjadi salah satu olahraga nya Susi Pudjiastuti? Olahraga yang hanya dapat dilakukan secara individual ini memiliki beberapa fakta menarik yang belum tentu kayakers tahu loh. 

–   Nama kayak memiliki arti perahu pemburu, karena perahu ini awalnya ditemukan oleh suku Inuit dan Aleut untuk berburu. Perahu ini dibuat dari kulit anjing laut atau kulit binatang lainnya yang direntangkan di atas kayu atau tulang paus. Maka dari itu, perahu ini sangat tenang sehingga ideal untuk menyelinap mangsa. 

–   Kayak menerima penghargaan dengan status Olimpiade dengan Kano di Summer Olympic di Berlin, Jerman. 

–   “Kleppers” atau dua orang kayak telah digunakan dalam misi khusus ekstraksi oleh Marinir Amerika Serikat, Komando Inggris dan Komando Pasukan Operasi Khusus Kanada selama perang. 

–   Negara dengan medali Olimpiade terbanyak dalam olahraga perahu pemburu ini adalah Hongaria. 

–   Rekor dunia untuk perahu pemburu yang pernah “naik rakit” bersama-sama pada tahun 1902 dan terjadi lagi di Inlet, New York pada tahun 2011. 

–   Seiring perkembangan sejarahnya, ada berbagai jenis perahu pemburu, tergantung pada tujuan penggunaannya. Beberapa jenisnya ada yang terlihat berbeda dari yang lainnya misalnya saja jenis “Sit on tops” yang memungkinkan pendayung duduk di area terbuka. Kemudian jenis “cockpit style” adalah yang lebih konvensional dimana pendayung duduk di dalam perahu dengan pinggul dan kakinya dalam lambung. Selanjutnya ada model “Inflatables” yang merupakan perpaduan antara jenis sit on tops dan cockpit style, perahu ini memiliki dek terbuka namun pendayung duduk di bawah dek. Terakhir ada “tandem” yang dibuat untuk lebih dari satu pendayung. 

–   Orang pertama yang menyeberangi Samudra Atlantik dengan kayak adalah veteran Perang Dunia I berusia 29 tahun bernama Franz Romer pada tahun 1928 dari Portugal ke Puerto Rico. 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply