Sejarah Musik Jazz yang Jarang Diketahui

Jika kamu adalah penggemar musik jazz, yuk ketahui sejarah musik jazz yang bisa menambah pengetahuan untukmu kenapa genre musik jazz ini hadir hingga digemari banyak orang di seluruh dunia. 

Musik jazz merupakan salah satu jenis musik yang di improvisasi. Jika kamu bertanya, kapan awal perdana genre musik ini muncul? Musik jazz pertama kali muncul di Amerika. Karena itu awal berkembangnya musik jazz karena orang Amerika dan Afrika yang terpengaruhi oleh struktur irama Afrika dan harmonik Eropa. 

Sejarah Musik Jazz 

Pada awal tahun 1860, sejarah musik jazz memiliki istilah “JASM” dari Amerika-Afrika yang berarti energy. Hingga pada tanggal 14 November 1916, salah satu surat kabar “New Orleans Times” memunculkan tulisan dengan istilah setelan band. 

Menurut laporan di salah satu website University of Mississippi, musik jazz merupakan salah satu musik khas dari Amerika Serikat yang muncul pada awal abad ke 20. Tradisi musik jazz meliputi lagu karya, lagu spiritual, dan lagu blues. Hingga pada saat itu, jazz menjadi tradisi musik rakyat Amerika dan Afrika. 

Musik jazz menjadi sarana dalam menyampaikan kebebasan berpendapat kepada mereka yang diperlakukan tidak adil atau yang tertindas lewat hasil karya musik. Karena jenis musik jazz ini juga dapat mengekspresikan banyak emosi dan perasaan yang berbeda, mulai dari kebahagiaan sampai menangis. 

Salah satu ciri musik jazz dapat dilihat dari penggunaan alat musik jazz sebagai pengiringnya seperti terompet yang pada saat awal digunakan. Sampai perkembangannya memunculkan alat musik jazz lainnya seperti gitar, piano, biola, dan lain-lain. 

Gaya Musik Jazz Tempo Dulu 

1.       Dixieland 

Musik jazz menggunakan beberapa gaya jazz dalam musiknya. Dixieland salah satunya gaya jazz yang paling awal dan paling terkenal. Awal mula gaya musik jazz Dixieland ini di New Orleans Dalam gaya ini, musisi jazz akan menggunakan ansambel alat musik jazz kecil yaitu klarinet, terompet dan trombon. Musik juga akan diiringi oleh drum, tuba, banjo, senar bas, dan piano. 

2.       Swing 

Gaya selanjutnya adalah gaya swing yang lebih banyak menggunakan banyak instrumen. Dibandingkan dengan dixieland, gaya swing lebih banyak memainkan alat musik jazz sebagai pengiring. Alat musik jazz tersebut adalah trombone dan saksofon beserta pengiring menggunakan senar bass, piano, drum, dan gitar. Dalam musik swing jazz biasanya juga terdapat improvisasi. 

3.       Bebop 

Gaya musik ini menggunakan ansambel kecil yang menandai kembalinya musik jazz. Ciri utama dari gaya ini yaitu ritme semakin cepat, harmoni yang kompleks, dan garis melodi yang tidak terputus. 

Perkembangan Musik Jazz 

Dalam perkembangannya, jazz seringkali disebut sebagai genre musik yang memusingkan. Beberapa orang mengatakan mereka sulit mengerti, jadul, dan membosankan. Namun, hal tersebut terbantahkan dengan seiring perkembangan zaman, jazz mulai berinteraksi dengan berbagai jenis musik lainnya. Contohnya aliran musik rock, R&B, dan pop. 

Hingga kini, jazz mulai mudah diterima dari semua kalangan pecinta musik di seluruh dunia. Dan penggemar musik jazz ini bukan hanya dari generasi lama, bahkan anak-anak muda mulai menggemari jenis genre musik ini. 

Musisi dan vokalis jazz baru juga bermunculan, seperti dari tanah air kita bisa melihat Indra Lesmana, Tompi, dan Andien yang membuat jazz semakin diterima oleh siapa saja. Penyanyi internasional yang ikut mendalami genre musik jazz ini misalnya, Jamie Cullum, Norah Jones, Jamiroquai (band), Dave Koz (pemain saksofon). 

Selain mengenal sejarah musik jazz dan perkembangannya. Buat kamu yang menyukai sensasi nikotin kini ada VELO yang bisa kamu nikmati dengan lebih praktis dan nggak ribet. VELO merupakan kantong nikotin pertama yang bebas tembakau, tanpa asap, tanpa bau. VELO hanya boleh digunakan bagi pengguna produk nikotin berusia 18 tahun ke atas, bukan perempuan hamil atau menyusui. 

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply