Sebelum Berkemah, Kenali Dulu 7 Jenis Tenda yang Bisa Kamu Gunakan

Setelah dipusingkan oleh segudang kesibukan, salah satu cara terbaik untuk meredakan stress adalah dengan kembali ke alam. Tidak heran berkemah jadi kegiatan yang sangat digemari. Tenda adalah perlengkapan wajib yang harus dibawa jika kamu ingin berkemah.

Eits, jangan buru-buru. Tahukah kamu kalau ada banyak jenis tenda di luar sana yang tidak boleh sembarangan dipilih? 

Sebelum berangkat kemah, ada baiknya kamu kenali dulu apa saja sih jenis tenda yang akan melindungi kamu dari hawa dingin di luar sana?

1. Tenda dome

Ini dia tenda yang paling terkenal dan paling banyak digunakan orang-orang saat berkemah. Tenda dome atau tenda kubah adalah tenda yang atapnya melengkung dengan tiang-tiang penyangga yang mengikuti kontur tenda.

Tenda ini adalah tenda yang paling tangguh untuk diajak bertualang ke alam seperti pantai atau gunung. Dengan bahan tebal dan pelindung sempurna, tenda ini mampu melindungi kamu dari cuaca yang ekstrim. Namun, tenda ini sulit bertahan lama dalam kondisi angin kencang dan hujan salju.

2. Tenda dome pop up

Tenda ini sebenarnya sama dengan tenda dome, namun lebih praktis dan kekinian. Cocok nih untuk kamu yang ingin bertualang tapi nggak mau ribet harus mendirikan tenda. Namanya juga tenda pop-up, tenda ini bisa berdiri dalam hitungan detik. Sayangnya, tenda ini hanya muat untuk 2 orang saja.

3. Tenda tunnel

Tenda yang satu ini paling cocok untuk kamu gunakan saat sedang berkemah dengan banyak teman-teman. Tenda tunnel adalah tenda yang bentuknya memanjang seperti terowongan.

Karena ukurannya yang besar, tentu saja tenda ini juga lebih berat dari tenda sebelumnya. Selain itu, pemasangannya juga agak sulit dan membutuhkan waktu lama. Tapi kalau kamu mendirikan tenda bersama teman-teman tentu tidak akan terasa berat bukan?

4. Tenda quick pitch

Tenda quick pitch adalah tenda yang jadi primadona di kalangan mereka yang suka solo camping. Desainnya lebih modern dan tentu saja lebih mudah untuk didirikan. Hanya saja karena ukurannya yang kecil, tenda ini hanya bisa digunakan oleh 1 orang saja.

5. Tenda ridge

Kamu yang petualang sejati pasti tidak asing dengan tenda ridge. Tenda klasik ini dikenal kokoh dan kuat, meski kesannya sedikit kuno. Modelnya mirip dengan tenda yang sering digunakan oleh anak-anak sekolah saat pramuka.

6. Tenda lonceng

Bisa dibilang jenis tenda ini punya tampilan yang paling estetik. Bagaimana tidak, ciri khas dari tenda lonceng adalah terbuat dari bahan kanvas dengan tiang melintang di bagian tengah-tengahnya. 

Tenda ini cocok digunakan untuk berkemah di musim panas. Sayangnya, tenda lonceng tidak dapat dipakai di alam terbuka, bahannya yang tipis tidak akan bisa melindungimu dari hawa dingin. Selain itu, tenda ini juga sangat berat dan harganya mahal.

7. Tenda keluarga

Terakhir ada tenda keluarga yang mirip dengan rumah portabel. Di dalam tenda ini ada kamar-kamar dengan pintu terpisah yang memastikan privasi tetap terjaga. Keunggulan dari tenda ini adalah bisa memuat banyak orang, namun kekurangannya adalah pemasangannya cukup sulit, berat, dan tentu saja lebih mahal.

Itu dia jenis-jenis tenda yang wajib kamu ketahui sebelum pergi berkemah. Saat kamu sedang berkegiatan di alam bebas, ingatlah untuk tidak mencemari alam ya. Misalnya dengan merokok dan membuang puntungnya sembarangan. Kalau kamu lagi di tempat yang gak boleh ngerokok, kamu tetep bisa kok merasakan sensasi nikotin tanpa asap dan bau, yaitu dengan menggunakan VELO. Buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk nikotin, bukan perempuan hamil dan menyusui, bisa bawa VELO saat berkemah. 

VELO adalah produk kantong nikotin tanpa asap sehingga tidak perlu takut akan mencemari udara. Berbagai varian rasanya akan memberi sensasi kehangatan di tengah udara dingin saat berkemah.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply