Savana Puru Kambera, Alam Tanah Sumba yang Memukau

Banyak yang belum tahu Savana Puru Kambera dan hanya lebih kenal dengan sebuah pantai cantik yang ada di kawasan Sumba Timur. Tapi ternyata, ada kawasan padang rumput mempesona tak jauh dari pantai tersebut. Berlokasi sekitar 24 km dari pusat kota Waingapu, padang rumput eksotis ini punya banyak keunikan dan daya tarik tersendiri. Seperti apa saja? Berikut ulasan selengkapnya. 

Eksotisme Padang Savana Puru Kambera di Nusa Tenggara Timur

Padang Savana yang Begitu Luas

Savana Puru Kambera
Source: @taofanyp on Instagram

Padang yang luas dan ditumbuhi rerumputan berwarna kekuningan dan pohon kanopi khas vegetasi padang savana menjadi salah satu daya tarik dari Savana Puru Kambera. Perpaduan ekosistem savana yang unik bakal membawa kamu seolah berada di dataran benua Afrika.

Tak heran banyak para fotografer yang suka hunting pemandangan alam di sini untuk diabadikan. Karena memang suguhan alamnya begitu memukau, keren banget! Sambil hunting foto, kamu juga bisa merasakan sensasi nikotin bebas tembakau dari VELO.

Kantong nikotin inovatif pertama di Indonesia ini menawarkan cara baru yang asyik buat menikmati produk nikotin. Tinggal pilih rasa favorit, lalu selipkan kantong VELO di antara bibir dan gusi atas, lalu rasakan sensasi kenikmatannya selama 20 sampai 30 menit.

Produk ini dibuat khusus untuk yang berusia di atas 18 tahun dan pengguna nikotin, bukan wanita hamil dan menyusui.

Jadi rumah kuda-kuda liar asli tanah Sumba

Source: @eka_delyana on Instagram

Bukan cuma alamnya, di sini kamu juga bisa melihat bagaimana kuda-kuda liar khas Sumba, hidup dengan damai.  Kuda-kuda liar yang bergerombol mencari makan, bahkan memberikan pemandangan yang tambah mengesankan. 

Karena kuda-kuda tersebut hidup secara liar, jadi berhati-hatilah saat ingin mendekati mereka. Pasalnya, kuda-kuda tersebut bisa lari ketakutan dan bisa membahayakan. Jika ingin mengambil foto, usahakan untuk tidak mengeluarkan banyak suara yang berisik.

Parade Kuda Sandel

Savana Puru Kambera
Source: @ivanndelu on Instagram

Kuda-kuda liar khas tanah Sumba dikenal dengan sebutan Kuda Sandel. Dimana kuda tersebut merupakan hasil persilangan dari kuda lokal dan kuda arab. Karena popularitasnya, Kuda Sandel bahkan jadi maskot bagi masyarakat tanah Sumba.

Di momen tertentu, Savana Puru Kambera kerap menjadi ajang pelaksanakan Parade Kuda  Sandelwood. Dimana parade tersebut bakal diikuti ratusan kuda dan joki yang mengenakan kostum adat khas Sumba.  

Pantai Puru Kambera yang Mempesona

Savana Puru Kambera
Source: @dwi.yunii on Instagram

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Savana Puru Kambera ada pada pantainya yang cantik. Dengan airnya yang kebiru-biruan, pantai Puru Kambera bahkan lebih dikenal secara luas. Perpaduan padang rumput yang luas dan pantai yang indah tampak seperti harmoni alam yang mengesankan dari tanah Sumba.

Lokasi Savana Puru Kambera

Padang savana cantik yang ada di pulau Sumba ini bisa kamu temui di Kabupaten Sumba Timur – Nusa Tenggara Timur, lebih tepatnya di kawasan Kanatang. Jika kamu berada di pusat kota Waingapu dan ingin ke Savana Puru Kambera maka kamu harus menempuh jarak kurang lebih 25 km. 

Kamu bisa menjangkaunya dengan kendaraan pribadi maupun sewa, pasalnya tidak tersedia transportasi umum untuk sampai ke sana. Waktu perjalanan biasanya memakan waktu hingga 1 jam lamanya. 

Kamu bisa datang kapan saja ke Savana Puru Kambera, karena tempat ini buka selama 24 jam. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar 15.000,- kamu sudah bisa menikmati pesona kecantikan padang savana dari tanah Sumba yang memukau.

Related Articles

Leave a Reply