Saung Angklung Udjo, Wisata Seni Budaya yang Wajib Dikunjungi

Saung Angklung Udjo – Bisa dibilang Kota Bandung sendiri telah menjadi salah satu pilihan destinasi wisata bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya. Kota dengan suhu udara yang sejuk ini punya banyak sekali wisata yang begitu menarik. Salah satunya adalah Saung Angklung Udjo, destinasi budaya yang Sunda banget.  

Sehingga wajar jika warga dari Jabodetabek khususnya seringkali berdatangan berulang kali ke sini. Tidak ada salahnya jika ingin mengunjungi tempat wisata budaya yang tak hanya unik, dan menghibur tapi juga mendidik. Buat kamu yang penasaran tentang destinasi budaya Sunda ini, yuk simak ulasan berikut selengkapnya!

Sekilas Tentang Saung Angklung Udjo

Source: instagram.com/angklungudjo

Saung Angklung Udjo sendiri menjadi salah satu dari pusat pertunjukan dan pelestarian kebudayaan tradisional yang ada di kota Bandung. Di tempat ini, kita tak hanya diajarkan dan mengenal angklung tapi juga kebudayaan khas dari Indonesia lainnya yang sudah jarang sekali untuk dapat ditemui di kota besar. Mulai dari, pertunjukan tari, cara memainkan angklung dan bagaimana membuatnya.

Destinasi wisata budaya dan seni ini juga seringkali mendapatkan kunjungan dari berbagai kalangan. Dari mulai anak-anak, remaja, orang tua, wisatawan lokal hingga mancanegara yang penasaran dengan angklung.

Mengenal Mang Udjo, Sang Pendiri Saung Angklung Udjo

Saung angklung Udjo
Source: wikipedia.id

Pembangunan Saung Angklung Udjo ini sendiri diawali pada tahun 1966, yang dilakukan oleh Udjo Ngalagena  atau yang juga dikenal dengan nama Mang Udjo  bersama dengan istrinya, berusaha untuk melestarikan kebudayaan dan juga seni tradisional Sunda. 

Seniman angklung yang lahir pada 5 Maret 1929 di tataran Jawa Barat ini, merupakan anak ke-6 dari wiranta dan Imi.  Udjo ngalagena  sendiri telah mengenal kesenian angklung semenjak ia berusia 4 tahun. 

Sehingga tidak mengherankan jika ia begitu mencintai salah satu kesenian Jawa Barat ini. Kemudian pada akhirnya ia berinisiatif untuk mendirikan Saung Angklung Udjo. 

Beragam alat musik dan kesenian tradisional dimainkan 

Saung angklung Udjo
Source: @angklungudjo via instragram.com

Selain angklung, seniman ini juga mendalami seni bela diri seperti halnya pencak silat, alat tradisi tradisional seperti kecapi,  gamelan, dan lagu-lagu dengan bahasa Indonesia serta Bel. 

Maka dari itu tidak mengherankan jikalau tempat ini tidak hanya menyajikan pertunjukan angklung saja. Namun juga kesenian-kesenian khas lain dari dataran Sunda atau Jawa Barat.

Lokasi dan rute

Lokasi dari wisata budaya khas Sunda yang satu ini beralamat di Jalan Padasuka nomor 118, tak jauh dari pusat Kota Bandung. Memang untuk mencapai tempat ini dengan lebih mudah diperlukan kendaraan pribadi.  Kalau berkendara dari Jakarta, maka cukup ambil arah keluar pintu tol pasteur saja. 

Lalu terus lurus dan naik flyover dengan melintasi Jalan Surapati dan Jalan ph Hasan Mustafa. Setelah itu akan terlihat papan penunjuk yang mengarahkan ke tujuan yang berada di ujung Jalan Padasuka.

Kemudian bisa lurus berbelok mengikuti papan petunjuk tersebut dan akan sampai ke tempat wisata ini kurang lebih 200 meter. Tentunya tidak perlu kuatir lagi untuk dapat melewati tempat ini. Karena di bagian depan Saung Angklung Udjo, kamu akan disambut  dengan berbagai jenis bambu di depannya.

Menarik sekali bukan? Saung Angklung Udjo memang jadi ikon tersendiri bagi masyarakat Sunda, Jawa Barat terutama Bandung. Karena memang menjadi destinasi favorit untuk belajar lebih dekat dengan kesenian tradisional Sunda salah satunya alat musik angklung.

Sambil jalan-jalan menikmati suasana Saung Angklung Udjo yang asri dan kental akan tradisi, tambah asyik kalau cobain VELO! Produk inovatif ini cocok buat pengguna produk nikotin aktif yang tetap ingin menikmati sensasi nikotin tapi takut mengganggu kenyamanan orang lain. 

Karena, VELO bebas asap dan lebih higienis. Penggunaannya pun juga sangat praktis, cukup dengan diselipkan saja di antara bibir dan gusi atas agar sensasinya terasa. 

Pastikan kamu sudah berusia lebih dari 18 tahun jika ingin menikmati VELO. Produk ini juga tidak direkomendasikan untuk wanita hamil ataupun menyusui.  

Related Articles

Leave a Reply