Role Model: Pengertian & Alasan Kenapa Kamu Wajib Punya

Role model merupakan teladan yang dapat memberikan contoh baik kepada orang lain. seseorang ini biasanya merupakan pemimpin dalam sebuah organisasi. Di mana, banyak sekali orang dengan sukarela mengikuti perilaku yang ia contohkan. Bisa jadi karena karakter kepemimpinan yang kuat dan kharisma yang ia pancarkan.

Dalam era modern seperti sekarang ini, kepemimpinan sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi baik skala kecil maupun besar. Baik itu dalam ruang lingkup regional, nasional, hingga internasional.  semua tatanan masyarakat membutuhkan sosok pemimpin yang layak untuk diikuti baik dari pola pikirnya maupun perilaku sehari-hari.

Dalam tulisan ini,  kami telah merangkum berbagai informasi menarik dan penting untuk diketahui seputar role model. Mulai dari pengertian atau definisi, hingga alasan kenapa kita memerlukan kehadiran seorang pemimpin di sekitar kita untuk dijadikan contoh dalam menjalani hari demi hari sesuai dengan profesi masing-masing. Yuk, langsung simak aja!

Pengertian Role Model

Role model artinya seseorang yang dapat dijadikan teladan baik dari pola pikir maupun perilaku yang ia lakukan sehari-hari. Seseorang ini bisa jadi pemimpin dalam sebuah organisasi (perusahaan, masyarakat, dll), atau juga orang-orang yang berpengaruh dalam masyarakat luas.

Apabila ia berperan sebagai pemimpin dalam sebuah organisasi, maka peran yang ia pegang cukuplah besar. Mulai dari memberikan contoh yang baik bagi orang lain, hingga memberikan pemikiran-pemikiran yang mengandung nilai-nilai organisasi. Di mana, nilai-nilai ini wajib senada dengan visi dan misi organisasi yang sudah disepakati bersama.

Untuk menjadi seorang teladan yang dapat menjadi contoh, tentu tidak mudah. Tidak serta merta langsung bisa menjadi contoh, melainkan harus memulai dari bawah. Perlahan naik tingkat, hingga pada kepemimpinan tertinggi mendapat kesempatan untuk menjadi teladan.

Atau juga bisa, menjadi teladan tanpa diminta, biasanya hal ini cukup sering terjadi dalam kehidupan masyarakat modern. Sebut saja influencer yang awalnya bukan siapa-siapa dapat diikuti oleh banyak orang dalam waktu yang singkat.

Pentingnya Role Model dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada beberapa hal penting yang bisa kita petik dari memiliki seorang role model dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya dijelaskan pada uraian berikut ini.

Paham tentang Tujuan Hidup

Biasanya, orang-orang yang dijadikan panutan akan memberi contoh yang baik. Serta jika dalam satu kesempatan ia berbicara, akan ada nasehat atau saran yang bisa diikuti oleh orang lain. Salah satu manfaat yang bisa dipetik ialah memberikan sudut pandang baru tentang tujuan hidup yang ingin dicapai.

Membentuk Karakter yang Kuat

Karakter yang ada pada diri seorang panutan juga bisa muncul dalam diri pengikutnya. Biasanya, akan ada pemikiran-pemikiran dan perilaku yang menempel di kepala. Lama-lama, hal tersebut akan menyatu dalam keseharian kita dan karakter unik pun akan tercipta. Termasuk hal-hal baik yang seseorang contohkan kepada kita.

Lebih Mengenali Diri Sendiri

Memiliki seorang panutan juga membuat kita terus merefleksi diri. Menimbang-nimbang, mana yang bisa diikuti, dan mana yang harusnya dibuang. Dengan begitu, kita akan semakin kenal karakter dan keinginan yang ada dalam diri masing-masing. Sehingga dapat lebih luwes ketika bersosialisasi dalam masyarakat untuk beradaptasi.

Lebih Menghargai Proses

Dalam artian, karena melihat sepak terjang role model yang begitu panjang, tentu kita tidak hanya melihat bagian suksesnya saja. Tetapi juga momen-momen di mana sang panutan mencoba mencari jati diri, gagal, bangkit, kemudian gagal lagi, begitu seterusnya hingga menemukan dan mencapai titik puncak dalam kehidupan atau karier.

Cara Menemukan Role Model untuk Diri Sendiri

Lalu, pertanyaannya, bagaimana cara menemukan role model untuk kehidupan diri sendiri agar dapat memiliki panutan yang bisa diikuti?

Kenali Diri Kamu Sendiri

Tentu saja dengan mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Apa kelebihannya, apa kekurangannya. Dan, apa saja mimpi-mimpi yang ingin dicapai dalam hidup. Serta, bagaimana cara mencapainya dengan rencana-rencana yang ada.

Cari Orang yang Lebih Sukses

Jika sudah kenal dan punya rencana, giliran kita mencari siapa orang-orang yang sudah sukses di bidang tersebut. Kumpulkan daftarnya, lalu pilih mana yang ingin dipelajari kisah hidup serta pemikiran-pemikiran yang ia miliki selama ini hingga dapat sukses.

Kenali Karakteristik Mereka

Lebih dalam lagi memasuki karakter-karakter kuat yang ada dalam diri mereka hingga mencapai kesuksesan. Apa nilai-nilai yang dapat diteladani, apa yang bisa dihindari. Apakah kerja keras, gigih, mudah bergaul, apapun itu; tuliskan dan coba pelajari satu per satu.

Belajar dari Kesalahan Mereka

Tidak hanya hal-hal positif dari mereka, tetapi juga catat apa saja kegagalan yang pernah mereka alami dalam hidup. Jika ternyata sangat kelam, bagaimana cara kita agar tidak terjerumus ke lubang yang sama.

Buat Jalan Suksesmu Sendiri

Lalu, tuliskan rencana kita ke depannya bagaimana. Lakukan apa yang sudah direncanakan hingga satu per satu langkah terealisasi. Bagaimana jika gagal, apa yang harus dilakukan. Bagaimana jika mengalami kesulitan, siapa yang harus kita mintai bantuan.

Nah, itulah kira-kira sedikit ulasan mengenai role model. Mulai dari definisi atau pengertian, alasan kenapa harus punya, hingga bagaimana cara menemukan seseorang panutan yang dapat diikuti. Bahkan, orang-orang terdekat pun bisa jadi teladan. Coba tengok lagi teman-teman nongkrong yang saat ini kamu punya.

Karena biasanya, lewat tukar pikiran bersama teman di tongkrongan, akan ada banyak pelajaran yang dapat dipetik. Pun, penat yang ada di kepala juga perlahan memudar. Apalagi jika ditemani sebatang rokok untuk relaksasi. Atau jika kamu tidak merokok, ada alternatif lain bernama kantong VELO.

Yakni, kantong nikotin mungil yang dapat dipakai kapan saja dan di mana saja. Cukup selipkan di sela-sela gusi atas, lalu rasakan sensasinya selama 20-30 menit ke depan. Bisa dinikmati oleh kamu yang berusia di atas 18 tahun, dan bukan ibu hamil. Oh iya, ada banyak varian rasa yang tidak akan membosankan.

Ifan Prasya
Karena belajar bisa dari mana aja.

Related Articles

Leave a Reply