5 Destinasi Rock Climbing di Indonesia, Kamu Harus Coba!

Untuk penggila aktivitas rock climbing, ada banyak destinasi panjat tebing di Indonesia yang menyuguhkan spot-spot curam untuk kamu taklukan. Belum lagi suguhan pemandangan alam Nusantara yang cantik bisa sekaligus kamu nikmati ketika sampai di puncak tebing, pengalaman ini akan menjadi sesuatu yang sangat berkesan dan sayang untuk dilewatkan!

Nah, buat kamu yang ingin menguji adrenalin dengan olahraga ekstrim ini, berikut 5 destinasi rock climbing di berbagai daerah di Indonesia!

1. Tebing Lembah Harau, Sumatera Barat

Rock Climbing
Source: ragam wisata sumatera barat/FOTO

Tebing ini mengapit suatu daratan lembah yang berlokasi di Payakumbuh, Sumatera Barat. Tempat ini telah lama dikenal sebagai salah satu spot panjat tebing terbaik di Indonesia. Panorama alamnya yang memukau ditambah sejuknya udara khas pegunungan membuat Tebing Lembang Harau begitu diminati para pemanjat. 

Lembah Harau diapit oleh dua buah bukit terjal yang terdiri dari beberapa spot pemanjatan. Ada puluhan jalur yang dapat dipanjat sebagai sarana rock climbing. Ketinggiannya pun cukup beragam, mulai dari 80 meter hingga 300 meter dengan kemiringan tebing yang mencapai 90 derajat. Selain itu, kita juga bisa menemukan spot air terjun di lokasi ini. 

2. Tebing Gunung Padang, Sumatera Barat

Rock Climbing
Source: Phinemo.com/FOTO

Masih terletak di Provinsi Sumatera Barat, lokasi panjat tebing yang satu ini tidak kalah menarik untuk kamu sambangi. Tebing Gunung Padang terbentuk dari batuan basal yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Walaupun level ketinggiannya tidak terlalu ekstrim, tingkat kesulitan tebingnya cukup bervariasi, apalagi tonjolan dinding di Tebing Gunung Padang ini cukup minim sehingga sulit untuk ditaklukan.

3. Tebing Citatah, Jawa Barat

Source: Super Adventure/FOTO

Untuk pemanjat senior yang sudah malang melintang mengunjungi berbagai spot rock climbing di Indonesia, tebing yang satu ini pasti sudah sangat familiar. Terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Tebing Citatah menjadi saksi mati lahirnya olahraga panjat tebing di Indonesia.

Ada tiga tebing yang masing-masing dinamai sesuai dengan ketinggiannya, yaitu Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90, dan Tebing Citatah 125. 

Bagi pemula, disarankan untuk mencoba Tebing Citatah 48 yang memiliki ketinggian Sekitar 40 sampai 50 meter. Sedangkan bagi yang sudah berpengalaman bisa mencoba tebing dengan ketinggian 90 meter dan 125 meter.

4. Gunung Parang, Jawa Barat

Source: Backpacker Jakarta/FOTO

Gunung yang terletak di Purwakarta ini jadi spot panjat tebing tertinggi di Indonesia. Gunung yang terdiri dari bebatuan andesit ini berada di ketinggian 930 meter dari permukaan laut.

Tebing Gunung Parang sudah terkenal di kalangan para pemanjat profesional, baik pemanjat lokal maupun mancanegara. Jika kamu penasaran ingin mencoba spot ini, disarankan untuk mempersiapkan performa fisik dengan matang.

5. Tebing Pantai Siung, Yogyakarta

Source: Njogja/FOTO

Jika ingin merasakan suasana yang berbeda saat melakukan rock climbing, lokasi satu ini wajib kamu sambangi. Dari tebing ini, kita bisa menyaksikan langsung panorama laut Hindia yang begitu memukau.

Tebing Pantai Siung adalah salah satu spot panjat tebing terbaik di Yogyakarta.  Ada sekitar 50 jalur pemanjatan yang sudah dipasangi pengaman permanen.

Tebing Pantai Siung memiliki ketinggian sekitar 5 sampai 10 meter dengan jenis batuan karst sehingga cocok untuk sport climbing dan artificial climbing.

Buat yang suka tantangan, kamu bisa mencoba jalur Kuda Laut dan Pancaran Siung yang cukup sulit ditaklukan.

Bagaimana? Tertarik untuk menguji adrenalin dengan olahraga panjat tebing? Ikuti terus perkembangan informasi menarik seputar olahraga ekstrim lainnya bersama VELO, Kantong nikotin paling praktis untuk menemani keseruan petualanganmu!

Kantong nikotin VELO ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Berbagai varian rasanya bisa kamu pilih sesuai selera. Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain.

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply