Resep Spaghetti Carbonara Creamy yang Bisa Dibikin Sendiri di Rumah

Masyarakat Indonesia memang lebih banyak mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat mereka. Padahal masih ada sumber karbohidrat lain yang juga mengenyangkan dan sangat nikmat. Salah satunya adalah spaghetti. Di antara banyaknya olahan spaghetti yang ada, spaghetti carbonara termasuk yang sangat populer.

Ciri khas spaghetti carbonara adalah teksturnya yang creamy dengan cita rasa gurih yang dapat membangkitkan selera makanmu seketika. Selain itu, makanan ini juga sangat mudah dibuat. Kamu bisa mempraktekkannya langsung di dapurmu. 

Yuk, simak resep spaghetti carbonara yang mudah, hemat, dan lezat ini.

Waktu Memasak: 25 menit

Hasil: 2 Porsi

Bahan

  • 200 gram spaghetti
  • 200 ml susu cair
  • 1 liter air
  • 1 sdm butter
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • ½ butir bawang bombay, cincang
  • 50 gram keju cheddar parut
  • 2 lembar smoked beef, iris tipis (bisa diganti dengan ayam jika tidak suka)
  • ½ sdt oregano
  • ½ sdt lada hitam bubuk
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Bahan taburan

  • Keju cheddar parut secukupnya
  • Daun parsley secukupnya

Cara Memasak

  1. Didihkan air dalam panci secukupnya, lalu masukkan spaghetti. Rebus hingga al dente, tambahkan sedikit garam. Angkat lalu tiriskan.
  2. Panaskan butter, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga aromanya harum. Masukkan smoked beef, aduk rata.
  3. Tuangkan ⅔ susu cair, aduk rata kembali. Masukkan keju, oregano, lada, dan garam. Aduk rata lalu koreksi rasa.
  4. Masukkan spaghetti, aduk rata lagi. Tuangkan kocokan telur dan sisa susu secara bersamaan, masak dengan api kecil sampai tekstur kuah berubah menjadi creamy. Angkat. (Tips: jangan memasak telur dan susu terlalu lama karena telur akan berubah menggumpal)
  5. Bagi spaghetti menjadi 2 bagian, sajikan dalam piring. Beri taburan parutan keju cheddar dan oregano di atasnya.

Tips Menikmati Spaghetti Carbonara Agar Kelezatannya Makin Sempurna

Tekstur yang creamy tidak diragukan lagi memang menjadi identitas dari spaghetti carbonara. Tidak ada yang tahu bagaimana asal muasal hidangan yang lezat ini. Namun ada yang mengatakan bahwa resep spaghetti carbonara pertama dibuat di Amerika Serikat, tepatnya oleh sebuah restoran di Chicago, negara bagian Illinois pada tahun 1952. Sayangnya, hidangan ini belum punya nama resmi pada saat itu sehingga hal ini masih diperdebatkan sampai sekarang. [please put the source in the foot note]

Resep spaghetti carbonara secara resmi dipublikasikan oleh majalah La Cucina Italiana pada bulan Agustus 1954 dengan bahan-bahan utama seperti spaghetti, telur, pancetta, gruyere, dan bawang putih. Sejak saat itu, spaghetti carbonara menjadi sangat populer dan sering muncul di buku-buku resep yang dipublikasikan oleh juru masak kelas dunia. [please put the source in the foot note]

Entah bagaimanapun awal kemunculan makanan lezat ini, kini jelas tidak sulit untuk membuatnya. Setelah menyantap sepiring spaghetti carbonara lezat, kamu bisa membangkitkan semangat dan mood agar siap beraktivitas kembali dengan sekantong nikotin VELO.

VELO sebagai produk kantong nikotin pertama di Indonesia yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, menawarkan cara baru menikmati nikotin yang lebih praktis, kapan saja dan dimana saja. Tidak menimbulkan asap sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar.

Resep spaghetti carbonara yang mudah di atas bisa menjadi pengisi waktu luang yang produktif di akhir pekan lho. Tinggal beli bahan-bahan yang dibutuhkan, dan kamu pun siap untuk menciptakan spaghetti lezat dari kedua tanganmu!

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply