Resep Spaghetti Aglio Olio yang Sangat Mudah dan Praktis

Spaghetti adalah hidangan yang sangat menggugah selera. Penyajiannya pun juga beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan selera semua orang. Salah satu olahan spaghetti yang paling praktis dan mudah adalah spaghetti aglio olio. 

Aglio olio adalah pasta yang berasal dari kota Napoli. Dalam bahasa Italia, aglio berarti bawang putih, sedangkan olio berarti minyak. [please put the source in the foot note]

Seperti namanya, spaghetti ini menggunakan bahan utama yaitu minyak dan bawang putih. Untuk menambah rasa gurih, kamu bisa menambahkan parutan keju.

Buat kamu yang hobi memasak, ada resep spaghetti aglio olio yang praktis dan mudah. Simak sampai akhir ya!

Waktu Memasak: 25 menit

Hasil: 2 Porsi

Bahan

  • 200 gram spaghetti
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 100 gram udang, kupas dan sisakan ekornya saja
  • 3 sdm minyak zaitun
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica hitam, tumbuk kasar

Taburan

  • Daun parsley segar secukupnya
  • Keju parmesan parut secukupnya
  • Cabe bubuk secukupnya

Cara Memasak

  1. Panaskan air dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan spaghetti ke dalamnya. Rebus hingga al dente. Angkat, tiriskan, dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak zaitun, lalu tumis bawang putih hingga tercium aroma harum. Masukkan udang, aduk rata lalu masak sampai udang berubah warna.
  3. Tambahkan merica hitam dan garam, aduk rata dan koreksi rasa.
  4. Masukkan spaghetti, aduk sebentar sampai rata. Jika spaghetti terlalu kering, tambahkan sedikit air panas. Koreksi rasa kembali, lalu angkat.
  5. Sajikan di atas piring, lalu beri semua bahan taburan yang sudah disiapkan.

Tips Mengolah Spaghetti Aglio Olio yang Sempurna

  • Saat merebus spaghetti, sebaiknya jangan terlalu matang. Angkat jika spaghetti sudah layu karena nantinya spaghetti akan dimasak lagi dengan minyak.
  • Jika kamu alergi dengan udang, bisa diganti smoked beef atau dada ayam sesuai selera.
  • Jangan tambahkan terlalu banyak garam jika sudah memakai keju parmesan sebagai taburan, karena keju parmesan sendiri sudah terasa asin.
  • Buat kamu yang suka pedas, tambahkan cabe bubuk ketika menumis bawang putih.
  • Pastikan bawang putih ditumis hanya sampai sedikit berwarna, tidak perlu menunggunya kecoklatan atau terlalu matang karena aromanya akan berubah dan membuat spaghetti terasa kurang sedap.

Fakta Unik Tentang Spaghetti Aglio Olio

Spaghetti aglio olio adalah salah satu olahan yang paling klasik. Cara memasak yang praktis dan singkat menjadi salah satu alasan mengapa spaghetti ini sangat populer. Tidak salah memang jika menyebut aglio olio sebagai olahan spaghetti yang paling sederhana. Resep tradisional spaghetti aglio olio hanya terdiri dari 3 bahan saja yaitu pasta, bawang putih, dan minyak zaitun.

Meskipun spaghetti ini sangat terkenal di Italia, namun ternyata sepi peminat di Amerika Serikat. Bahkan, banyak orang Amerika yang tidak tahu kalau ada spaghetti jenis ini lho. Namun berbeda dengan spaghetti bolognese yang akan lebih enak dengan pasta yang pipih dan lebar, aglio olio lebih cocok dengan pasta yang tipis dan kecil. Semakin tipis pastanya, maka semakin lezat olahan spaghetti ini.

Jika spaghetti aglio olio adalah hidangan utama, maka kamu perlu menutup santapanmu dengan sesuatu yang membangkitkan semangat. Misalnya seperti VELO. VELO merupakan kantong nikotin pertama di Indonesia, yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang hadir dalam berbagai macam rasa. Coba kenikmatan nikotin tanpa asap, kapan saja dan dimana saja. Bahkan di sela-sela aktivitasmu yang padat, kamu tetap bisa bebas menikmati kantong nikotin ini.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply