Rekomendasi Wisata Solo Bikin Kangen, Jangan Sampai Terlewat!

Belum punya rencana akhir pekan nanti? Ada banyak destinasi wisata Solo terbaik yang bisa kamu coba datangi. Sebagai salah satu kota yang identik  dengan budaya Jawa yang kental, Solo punya banyak destinasi wisata yang membuatnya Istimewa. 

Wisata Solo, bukan cuma Keraton saja. Masih ada banyak destinasi seru dan menarik yang sayang banget kalau disia-siakan. Pas banget buat kamu yang butuh suasana yang fresh dan menyenangkan. Ngga percaya? Simak dulu rekomendasinya berikut ini.

Rekomendasi Wisata Solo

Wisata Solo Penuh Sejarah: Keraton Kasunanan Surakarta

Source: @rindusolo via instagram.com

Kalau menjelajahi wisata Solo, kurang lengkap rasanya kalau belum mampir ke Keraton Solo. Keraton yang didirikan sekitar pada pertengahan abad ke 18 oleh Susuhunan Paku Buwono II di desa Sala ini memang jadi destinasi wajib. 

Bukan cuma jadi pajangan, hingga saat ini Keraton Solo pun masih menjadi tempat tinggal raja dan keluarga dengan tetap menjaga tradisi keraton. Berlokasi di Jl. Sidikoro, Baluwarti, Pasar Kliwon, Surakarta – Jawa Tengah.

Kamu bisa berkunjung ke Keraton setiap hari dari jam 9 pagi hingga jam 2 siang, kecuali hari Jum’at. Buat kamu yang suka dengan nuansa tradisional Jawa, destinasi ini cocok banget. Kamu bakal.bisa melihat lebih dekat bagaimana kondisi keraton dari dalam. 

Di kompleks keraton terdapat sebuah museum yang didalamnya penuh dengan koleksi benda kuno peninggalan kerajaan. Dari mulai kereta kencana, replika pusaka keraton, gamelan hingga hadiah yang diberikan oleh raja-raja Eropa.

Agrowisata Sondokoro

Berlokasi di Jl. Mangkunegara, Bojonegara, Ngijo, Kec. Tasikmadu, Kab. Karanganyar – Jawa Tengah. Destinasi wisata solo yang satu ini merupakan sebuah agrowisata yang dulunya merupakan pabrik gula. Karena berbagai alasan, pabrik gula tersebut kemudian ditutup dan dialihfungsikan sebagai objek wisata.

Destinasi ini memiliki alam yang begitu mempesona dan masih sangat asri. Tak heran hal ini jadi magnet tersendiri. Ada berbagai fasilitas menarik yang tersedia di sini. Dari mulai kolam renang, kolam ikan untuk terapi, pijat refleksi hingga flying fox.

Tak ketinggalan ada pula monumen lokomotif dengan koleksi kereta kuno yang bisa jadi background foto yang keren. Kamu bisa mengunjungi wisata Sondokoro setiap hari dari jam 8 pagi sampai 5 sore.

Wisata Solo ala Eropa di The Heritage Palace

Source: @areasukoharjo via instagram.com

Sebagai kota yang kental dengan tradisi Jasa, kamu mungkin tak akan menyangka jika Solo punya tempat dengan nuansa yang kental nuansa Eropa. The Heritage Palace bisa dibilang sebagai salah satu wisata Solo yang masih baru. 

Destinasi ini buka pertama kali sekitar pertengahan tahun 2018 yang lalu. Awalnya The Heritage Palace ini merupakan sebuah bangunan pabrik gula kuno peninggalan masa kolonial yang sudah berdiri sejak 1892. 

Kemudian, bangunannya pun direvitalisasi dan diubah menjadi destinasi wisata kekinian. Buat kamu yang punya hobi selfie, tempat ini bakal bikin kamu betah. Pasalnya, tempat wisata Solo yang satu ini sangat kental nuansa Eropa klasiknya, pastinya Instagramable banget. 

Di tempat ini, kamu bakal merasa seolah-olah sedang berada di Eropa masa lampau. Biar kesan Eropa makin terlihat, kamu dapat menyewa kostum buat foto selfi di berbagai sudutnya. Seperti di halamannya yang disulap jadi museum transportasi, berbagai koleksi mobil klasik banyak dipajang disini. 

Tak ketinggalan ada pula museum 3D Trick Art dengan koleksi lukisan 3D yang tampak begitu nyata dan keren banget. Masih ada lagi wahana Omah Kwalik, Museum Industri, Garden Resto Paradise dan banyak lagi.

Pura Mangkunegaran 

ource: instagram.com

Kota dengan banyak destinasi sejarah ini bakal membuat kamu betah jalan-jalan di Solo. Salah satu yang tak boleh terlewat ialah Pura Mangkunegaran yang berada di kawasan Keprabon, Banjarsari, Surakarta – Jawa Tengah. Bangunan dengan perpaduan Jawa dan Eropa.

ini memiliki arsitektur yang begitu menawan, cocok banget buat spot foto Instagramable. Ditambah lagi koleksi seni yang pastinya bikin betah serasa balik ke masa kerajaan di masa lampau.

Ngarsopuro Night Market

Buat kamu yang suka jalan-jalan malam, jangan lewatkan wisata Solo selanjutnya yakni Ngarsopuro Night Market. Buka dari jam 4 sore sampai 11 malam, pasar malam ini hanya buka setiap hari Sabtu. 

Meski cuma buka sekali dalam sepekan, tapi kamu bakal dimanjakan dengan apa yang Ngarsopuro Night Market tawarkan. Bukan sekedar pasar biasa, kamu bisa menemukan banyak hal di sini. Dari mulai hunting berbagai barang antik, fashion, kuliner khas kota Solo hingga spot foto kece yang Instagramable. 

Berlokasi di Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari Kota Surakarta, kamu hanya perlu membayar parkir saja untuk bisa menikmati suasana malam Minggu yang tak terlupakan di Solo.

Taman Satwa Taru Jurug

source: instagram.com

Suka dengan alam dan binatang? Kamu bisa berkunjunglah ke Taman Satwa Taru Jurug yang berlokasi di Jl. Ir. Sutami, Jebres, Kota Surakarta – Jawa Tengah. Wisata Solo yang berada di daerah aliran Bengawan Solo ini punya banyak koleksi satwa dan fauna keren yang bisa kamu lihat lebih dekat. 

Ada zebra, jerapah, gajah, komodo, harimau, burung merak dan masih banyak lagi lainnya. Bukan hanya itu, kamu bisa mencoba berbagai wahana seru seperti Bunny Park, Istana Balon, naik sepeda air, berkeliling dengan kereta listrik, ATV atau naik gajah tunggang. Seru banget kan? Pasti bakal bikin seru liburan bareng keluarga besar.

Demikian tadi informasi menarik tentang beberapa wisata Solo yang wajib banget buat dikunjungi. Dari mulai wisata sejarah di Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaran, jalan-jalan seru ke The Heritage Palace hingga main bersama satwa di Taman Satwa Taru Jurug. 

Tahukah kamu kalau saat ini ada produk nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang praktis dan no asap. VELO hadir untuk kamu penikmat nikotin dewasa yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang ingin sensasi baru dalam merasakan nikotin.

Tersedia dalam berbagai pilihan rasa, kantong nikotin VELO menawarkan cara baru menikmati nikotin yang lebih praktis, kapan saja dan dimana saja. Tidak menimbulkan asap sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar. Cukup selipkan VELO di antara bibir dan gusi atas, dan kamu pun bisa merasakan sensasinya sambil beraktivitas yang lain. Seru kan?

Related Articles

Leave a Reply