Punya Riwayat Diabetes? 3 Menu Ini Cocok Sebagai Makanan Sarapan Pagi Untukmu!

Diabetes merupakan penyakit yang banyak diderita, baik di Indonesia maupun secara global. Biasanya orang-orang yang menderita diabetes disarankan untuk mengatur pola makan secara tepat dan ketat, termasuk untuk makanan sarapan pagi.Ind

Di Indonesia sendiri, berdasarkan data dari International Diabetes Federation (IDF), Indonesia berada pada peringkat ke-7 dunia sebagai negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi, di mana angkanya mencapai 10, 8 juta jiwa, atau setara dengan 6,2% dari keseluruhan jumlah penduduk di tahun 2020. Angka-angka tersebut membuat Indonesia berada di status waspada diabetes.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki riwayat diabetes, kamu perlu menjaga pola makan, termasuk makanan sarapan pagi. Apalagi sarapan sering kali disebut sebagai jamuan makanan paling penting. Hal ini dikarenakan dengan sarapan, gula darah dalam tubuh kita akan terjaga stabil sepanjang hari, selama kita melakukan aktivitas.

Bahkan, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa jika kita melewatkan sarapan pagi, gula darah dalam tubuh dapat mengalami kenaikan yang signifikan di siang dan malam hari. Hal ini tentu berbahaya bagi tubuhmu.

Sekalipun kamu tidak menderita atau memiliki riwayat diabetes, jelas penting untuk menjaga pola makan terutama saat sarapan. Nih, 3 menu makanan sarapan pagi yang ramah penderita diabetes. Selain sehat, makanan-makanan ini juga lezat lho!

Omelet Sayur

Banyak orang mungkin tidak gemar makan sayuran. Namun ketika sudah mengetahui manfaat dan khasiat sayur yang sangat kaya, yakin mau skip makan sayur?

Omelet sayur adalah salah satu makanan sarapan pagi sehat yang cocok untuk penderita diabetes. Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan sayuran non tepung seperti kangkung, brokoli, tomat, dan bayam. Sayuran tersebut terdiri dari unsur karbohidrat yang rendah, namun tinggi akan serat.

Rebuslah semua sayuran hingga matang. Kemudian, kocok telur dengan keju rendah lemak. Masukkan rebusan sayur ke dalam campuran telur dan keju. Masaknya lebih telur dadar, lalu sajikan dengan sepotong roti gandum. Yummy!

Taco

Siapa bilang makan taco sebagai menu makanan sarapan pagi itu tidak sehat?

Coba sajikan taco-mu dengan menu-menu sehat lainnya.

Pertama-tama, buatlah telur orak-arik, lalu rebuslah bayam. Setelah itu, ambillah kacang hitam dan sajikan kacang tersebut secukupnya di atas piring dengan rebusan bayam dan telur orak-arik. Sajikan pula bersama tortilla gandum dan jagung gandum.

Jika kamu suka makanan pedas, kamu boleh menambahkan cabai lho! Tidak masalah!

Sandwich telur

Siapa sih yang tidak tahu sandwich telur? Menu ini kerap menjadi makanan sarapan pagi favorit di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Cara menyajikannya pun sangat mudah! Ambillah roti gandum utuh sebanyak satu atau dua lembar. Letakkan telur dadar, telur mata sapi, atau telur orak-arik di atasnya. Sajikan bersama keju rendah lemak dan irisan tomat. Sandwich telur sudah jadi! Selain mudah dibuat, makanan sarapan pagi yang satu ini juga memiliki rasa lezat yang tidak perlu diragukan lagi. Kamu pasti suka!

Nah itu dia 3 menu makanan sarapan pagi yang ramah penderita diabetes. Ingat ya, jaga pola makanmu, jangan makan sembarangan!

Bagi kamu yang tidak menderita diabetes, menjaga pola makan juga penting lho! Terutama jika kamu adalah seorang mahasiswa atau pekerja yang super sibuk.

Nah, sebelum memulai harimu, kamu bisa coba kantong nikotin VELO, yang ditujukan untuk kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Berbagai varian rasanya bisa kamu pilih sesuai selera. Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan di mana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain.

Related Articles

Leave a Reply