Maksimalkan Liburan Kamu di Pulau Kelor Labuan Bajo

Rasanya tidak lengkap kalau berlibur ke Labuan Bajo tapi tidak singgah ke Pulau Kelor. Tempat disana tergolong sepi, jadi bisa kamu jadikan alternatif sebagai destinasi wisata saat berlibur ke Labuan Bajo, nih.

Pulau Kelor tergolong dekat jika kamu sailing dari Pelabuhan Tilong, dengan waktu tempuh 20 hingga 30 menit jika menggunakan kapal cepat.

Pulau Kelor memiliki perbedaan dengan kepulauan seribu ya, kalau di pulau seribu lebih menyimpan cerita sejarah peninggalan zaman dulu. Sedangkan Pulau Kelor Labuan Bajo ini menyuguhkan keindahan eksotis khas Indonesia Timur.

Biasanya, Pulau Kelor ini sudah masuk kedalam paket wisata Sailing Komodo yang mencakup Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca. Agar liburan kamu makin seru dan maksimal, simak tips kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan sesampai di Pulau Kelor.

Mendaki Perbukitan Pulau Kelor

via Backpacker Jakarta

Topografi Pulau Kelor yang berbukit-bukit ini menarik untuk didaki, dari kejauhan saja kamu sudah menemukan perbedaan pulau ini dengan pulau lainnya.

Bukit yang menjulang, tanjakan yang terjal akan menjadi tantangan kamu untuk sampai ke puncak Pulau Kelor. Pendakian memakan waktu sekitar 30 menit tanpa bantuan tangga seperti di Pulau Padar, jalur trekking dengan kemiringan 45 derajat ini menjadi pengalaman yang tidak akan kamu lupakan deh!

Semua lelah seolah terbayarkan saat sampai ke atas, pemandangan pesisir pantai dan laut yang breathtaking ini bikin takjub!

Bersantai Sembari Berjemur

via Phinemo

Agenda berjemur dan bersantai di pinggir pantai menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan. Terlebih lagi, pulau ini masih sepi jadi seperti private beach.

Kamu bisa melakukan piknik bersama pasangan atau teman-teman kamu! Bermain bola dan voli menjadi alternatif kegiatan yang bisa kamu lakukan sambil menunggu matahari terbenam. 

Menyelam Menikmati Terumbu Karang

pulau kelor labuan bajo
via befreetour.com

Laut di Pulau Kelor ini tidak terlalu dalam, sehingga kamu bisa snorkeling atau bahkan diving sembari melihat keindahan terumbu karang dan aneka ragam ikan.

Bahkan, di pulau ini sering dijadikan tempat latihan untuk pengunjung yang ingin menyelam. Tetapi, harus dengan dampingan pemandu wisata kamu ya. 

BBQ Atau Candle Light Dinner

via Stephani Mccabe Unsplash

Kamu bisa nih request ke pemandu wisata kamu untuk mengadakan acara BBQ atau memanggang ikan maupun ayam di dekat pantai.

Waktu yang pas melakukan aktivitas ini yaitu pada siang hari agar pas untuk menunggu momen sunset.

Tips Liburan Ke Pulau Kelor Labuan Bajo

pulau kelor labuan bajo
via Amanda Phung Unsplash

Sudah jauh-jauh ke Labuan Bajo pasti kalian menginginkan liburan yang sempurna bukan? Simak beberapa tips untuk memaksimalkan liburan kamu!

  1. Di Pulau Kelor tidak tersedia restoran atau warung, jadi sebaiknya kamu mempersiapkan bekal makanan yang cukup ya, atau kalian bisa request ke pemandu wisata untuk menyiapkan makanan yang kalian butuhkan.
  2. Siapkan sepatu yang nyaman untuk mendaki, hindari flat shoes, high heels ataupun sandal. Perbukitan di Pulau Kelor tergolong terjal dan licin.
  3. Waktu yang pas berlibur ke Pulau Kelor adalah waktu musim panas atau kemarau, akan sangat tidak menyenangkan jika datang saat musim hujan.
  4. Jangan lupakan memakai sunblock dan membawa topi juga kacamata.
  5. Bawalah powerbank dan baterai tambahan untuk kamera kamu. Tentu kamu ingin mengabadikan setiap momen liburan mu bukan?

Walaupun pulau ini kecil dan jarang dikunjungi, kamu tetap akan mendapatkan vibe yang berbeda dan pengalaman yang unik kok saat berlibur ke Pulau Kelor. Liburan kamu sebaiknya selalu didampingi oleh pemandu wisata ya.

Pada saat tour, para pemandu wisata inilah yang akan mengingatkan kamu tentang bahaya merokok di alam bebas, karena dapat menyebabkan kebakaran yang besar. 

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir jika kamu pengguna produk nikotin berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui, kami bisa membawa VELO sebagai teman liburan kamu! Kemasannya yang praktis dan variannya yang unik, sehingga kamu dapat menikmati keindahan Pulau Kelor dan sensasi VELO yang dapat digunakan hingga 20-30 menit.

Selamat berlibur!

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply