Prinsip Hidup Yang Akan Mengubah Hidup Kamu!

Setelah beranjak dewasa, kamu akan mengalami transisi dari remaja yang menjalani rutinitas bersekolah setiap hari ke seseorang yang akan menuju tahap pencarian jati diri dan prinsip hidup.

Kebanyakan orang-orang yang setelah lulus sekolah menengah ke atas akan terfokus pada kesenangan bersama teman-teman dan bahkan sebagian dari mereka tidak memiliki tujuan akan jadi apa di masa depan.

Tahapan seperti itu hampir dilalui oleh semua orang, seperti mengejar mimpi, melakukan kesalahan, kecewa pada keputusan, hingga terjerumus pada kehidupan yang penuh dengan penyesalan.

Akan tetapi, di kemudian hari pengalaman tersebut akan membentuk karakter yang kuat untuk menjalani kehidupan yang masih panjang. 

Agar kamu siap untuk menghadapi tantangan dan perjalanan hidup yang baru di usia menuju dua puluhan, ada beberapa prinsip yang harus kamu pegang sebagai acuan untuk menjalani masa-masa terbaik dalam hidup berikut ini.

Jangan Takut Membuat Kesalahan

Kamu pasti mengenal sosok fisikawan terkenal bernama Albert Einstein bukan? Sebelum ia berhasil menemukan teori fisika pada abad 20, ia bukanlah siapa-siapa, hanya seorang lelaki biasa yang melakukan kesalahan dan diberi label bodoh dan gila oleh orang-orang. T

etapi, itu semua tidak membuat Einstein menyerah, prinsip hidup yang dipegang ia pada waktu itu adalah 

“Buatlah kesalahan sebanyak mungkin selama kamu hidup, karena setiap kesalahan yang terjadi akan membuat kamu lebih pintar, lebih kuat, dan lebih cepat dari yang lain. Satu-satunya kesalahan yang merugikan ketika kamu tidak pernah mencoba sesuatu yang baru”- Albert Einstein.

Dalam hidup, kamu akan melakukan banyak kesalahan dari sepele hingga yang besar. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena semua itu akan menjadi bagian dari pengalaman hidup yang berharga.

Jadi, buatlah kesalahan sebanyak mungkin lalu belajarlah dari itu semua. Einstein pun mengatakan hal yang sama bahwa

“Sesungguhnya, sebuah informasi bukanlah pengetahuan, tetapi pengalamanlah yang menjadi sumber pengetahuan”. Setelah melalui berbagai kesalahan dalam percobaan penelitiannya, Einstein semakin mendapatkan manfaat dari kegagalannya dalam kesuksesannya di masa depan.

Hiduplah Di Masa Sekarang, Bukan Masa Lalu

Seringkali apa yang terjadi di masa lalu mempengaruhi kamu di masa depan, padahal hal itu memberikan efek negatif, loh.

Walaupun sulit, kamu tidak boleh membiarkan dirimu terjebak masa lalu. Apalagi jika masih sering bersedih dan menyesali segala keputusan yang pernah kamu buat. 

Hal yang perlu kamu lakukan agar fokus ke masa kini adalah move on. Hilangkan pikiran negatif, kekhawatiran kamu, dan kekecewaan yang terus menghantui hidup yang sedang kamu jalani saat ini.

Peganglah prinsip hidup di masa sekarang, dan jangan fokus ke masa lalu karena jika tidak menanamkan prinsip ini, kamu akan tetap merasa terbebani dalam menjalani sesuatu.

Tidak Menyepelekan Hal Kecil

Sebelum berada di atas, kamu akan memulai semuanya dari bawah. Tepat setelah kamu lulus sekolah dan duduk kembali di bangku kuliah.

Proses di waktu tersebut bisa dibilang proses yang krusial, dimana kamu ingin mengkesplorasi hal-hal baru layaknya orang dewasa akan tetapi kamu juga akan dihadapkan oleh tanggung jawab yang besar.

Saat itulah, kamu harus mulai belajar memegang prinsip hidup agar tidak mudah menyepelekan hal-hal kecil.

Tindakan sekecil mungkin akan berpengaruh besar pada hidup kamu. Misalnya saja kamu menganggap enteng masalah komunikasi antar tim, yang dapat berakibat fatal pada perkembangan proyek yang sedang berjalan. 

Prinsip ini seringkali menjadi pegangan orang sukses yang sedang menjalani proses penting dalam hidupnya. Terapkanlah prinsip ini, maka kamu akan dengan mudah fokus pada hal kecil dan besar sekalipun. 

Prinsip Hidup Jangan Pernah Goyahkan Komitmenmu

Pada saat duduk di bangku sekolah, kamu pasti sering mendengar kata “komitmen”. Sebenarnya seberapa penting komitmen dalam hidup? Mempunyai komitmen berarti kamu memiliki pondasi.

Tetapi, ternyata tidak semudah itu untuk benar-benar berkomitmen. Banyak orang yang menunda-nunda sesuatu karena mereka tidak serius untuk menjalankan suatu komitmen.

Misalnya, kamu sudah berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, tetapi kamu memutuskan untuk mengerjakannya esok hari, berarti kamu belum serius berkomitmen. 

Maka dari itu, tanamkan-lah prinsip hidup untuk serius dalam berkomitmen pada segala situasi. Hal ini akan menjadikan diri kamu lebih disiplin dalam menjalani hidup. 

Bersikap Optimis Dan Positif

Merasa tidak percaya diri, takut, mudah menyerah, dan mengeluh secara terus menerus tidak akan membawa kamu kemana-mana.

Tanpa kamu sadari, pikiran-pikiran ini akan mempengaruhi cara kamu berfikir. Memang, terasa sulit untuk memiliki pikiran yang optimis dan positif, akan tetapi kamu perlu untuk menghilangkan pikiran negatif. 

Untuk memulai berpikiran positif, kamu dapat mencoba untuk membaca buku-buku inspiratif yang bisa membantu mengubah pikiran kamu.

Selain itu, kamu dapat berlatih untuk meyakinkan diri kamu bahwa “Saya pasti bisa” dan jangan pernah menyepelekan diri kamu sendiri, apalagi membandingkan diri dengan orang lain.

Semua Orang Memiliki Waktu Berbeda Jadi Prinsip Hidup

Saat memasuki usia dua puluhan, kamu akan mulai merasa bahwa teman-teman kamu lebih sukses daripada kamu yang lebih berupaya lebih keras. Jangan pernah merasa demikian, karena setiap orang mempunyai waktu yang berbeda. Percayalah, apa yang kamu tuai akan kamu dapatkan dengan hasil yang memuaskan di masa depan.

Agar tetap fokus pada apa hal-hal yang penting, kamu perlu menanamkan hal tersebut bahwa waktu kamu akan tiba, serta jangan pernah membandingkan kesuksesan teman kamu dengan apa yang sedang kamu jalani saat ini.

Memasuki kehidupan di usia dua puluhan bukanlah hal yang mudah, kamu akan menghadapi berbagai situasi yang tak terduga seperti kehilangan pekerjaan, berkompetisi, membuat kesalahan dan gagal.

Tapi, pastikan hal tersebut tidak membuat diri kamu menyerah begitu saja dan tetap berpegang teguh pada prinsip hidup yang kamu yakini untuk mengubah hidupmu lebih baik.

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply