Trip Ke Pink Beach Labuan Bajo Ini Bikin Susah Move On!

0
219
pink beach labuan bajo
via ourtasteforlife.com

Pink beach Labuan Bajo memiliki laut biru coral sangat identik dengan pasar putih sehingga jika dilihat dari kejauhan tampak seperti gradasi indah mengagumkan.

Tapi, ternyata ada salah satu pantai dengan pasir berwarna pink yang letaknya di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Pantai dengan pasir pink tersebar sebanyak 7 pantai di seluruh dunia, dua di antaranya ada di Indonesia yaitu Lombok dan Labuan Bajo.

Fakta menarik dari warna pasir berwarna pink ini ternyata dari hewan yang ukurannya kecil (mikroskopis) bernama Foraminifera.

Hewan ini memberikan semacam special treatment pada pantai ini, dengan memberi pigmen merah muda pada koral yang hancur menuju pesisir karena terbawa ombak. Serpihan koral itulah yang membuat pasir pantai ini berwarna pink, unik banget!

Keindahan pantai ini selalu menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Pantai ini juga masuk ke salah satu spot pantai terindah di dunia loh! Wah, pink beach langsung masuk ke bucket list kalian nih!

Waktu kalian mendarat di pink beach, jangan cuma foto-foto di pesisir pantai nya aja yah karena ada beberapa aktivitas yang bisa kalian lakukan selagi bermain di area pink beach. Aktivitas menarik apa aja ya selain selfie? Simak beberapa aktivitas berikut ini!

Snorkeling Sambil Melihat Coral

via komodoheaventour.com

Sesampainya disini kamu akan disuguhkan clear beach dengan koral-koral cantik yang bisa kamu lihat secara langsung. Nggak pas rasanya kalau ke pantai tapi tanpa melihat keindahan bawah lautnya bukan?

Terlebih lagi, regulasi di sini meminta kapal-kapal untuk tidak mendarat terlalu dekat dengan pesisir, hanya untuk menjaga koral dan ikan-ikannya. Untuk mendarat, pengunjung akan menggunakan kapal tanpa mesin agar tetap patuh pada peraturan.

Kamu bisa memilih ingin menyelam atau snorkeling, berbagai ikan warna warni akan bikin kamu susah lupa dengan keindahan pantai ini!

Melihat Komodo Secara Langsung

Guillaume Marques on Unsplash

Pink beach yang lokasinya di Pulau Komodo ini sudah pasti berada di Taman Nasional Komodo, dan menjadi salah satu World Heritage UNESCO.

Jadi, walaupun lagi di pantai, kamu jangan kaget kalau ada komodo yang lagi melintasi daerah pantai. Sangat direkomendasikan untuk hati-hati dan selalu berdampingan dengan pemandu wisata ya.

Kalian tetap bisa foto komodonya kok, tetap tenang dan jangan menimbulkan gerakan yang agresif.

Sunset Spot Terbaik Labuan Bajo

Via backpacker jakarta

Di area pantai ini, kalian bisa menikmati tempat sunset terbaik! Agar  mendapatkan pengalaman berbeda, melakukan trekking selama 15 menit nggak ada salahnya kok. Menikmati sunset diatas bukit akan menjadi momen yang akan bikin susah move on deh!

Tips Berlibur Ke Pink Beach Labuan Bajo 

Sewaktu berlibur, kita sebisa mungkin mempersiapkan semua secara matang agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tips ini akan membantu kamu mendapatkan liburan yang maksimal.

  1. Hal ini dikhususkan untuk perempuan yang sedang menstruasi, tentu kalian akan bertemu dengan hewan komodo. Komodo sendiri adalah hewan karnivora dengan indra penciuman yang tajam.
  2. Sebaiknya, jika kalian sedang menstruasi sangat tidak disarankan untuk mendekati hewan purba ini ya agar kalian tetap aman selama berlibur.
  3. Selalu bersama rombongan dan pemandu wisata. Komodo tidak hanya tinggal di Taman Nasional, tapi ada beberapa tempat yang merupakan habitat mereka. Selalu tenang dan patuh pada peraturan yang diberikan pemandu ya.
  4. Persiapkan dari hal terkecil sekali pun, karena akan sulit menemukan warung di pulau-pulau ini.

Trip ke pink beach kamu akan lebih berkesan dengan persiapan yang matang, jangan lupa untuk menjaga kebersihan ya agar pantai ini selalu terjaga dan tetap bersih.

Jangan sampai pantai cantik ini dipenuhi oleh sampah dan puntung rokok.

Menggunakan VELO sebagai alternatif rokok bisa jadi pilihan kalian pengguna produk nikotin berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui, saat berlibur ke tempat-tempat yang lingkungan alamnya masih asri.

Kalian tidak akan khawatir akan mengganggu wisatawan lainnya, karena VELO ini tanpa asap dan bau. Selamat berlibur!

Leave a Reply