Peta Wisata Solo: Ini 5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi

Solo menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh para wisatawan lokal beberapa tahun terakhir ini. Itu tidak lepas dari semakin berkembangnya sektor pariwisata solo, terbukti dengan banyaknya tempat wisata baru yang menarik. Jika Anda melihat peta wisata solo, maka ada puluhan destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Ini dia 5 destinasi wisata pilihan saat kamu berkunjung ke kota Solo.

1. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran adalah isratan megah tempat tinggal pimpinan Kadipaten Praja Mangkunegaran. Tempat ini dibuka untuk umum dan bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

Di sini kamu akan menemukan banyak koleksi benda bersejarah yang sebagian besar merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit dan Mataram. Halaman keraton yang luas ini juga dijadikan salah satu spot foto yang menarik oleh para pengunjung.

2. Keraton Kasunanan Surakarta

Solo terkenal dengan tradisi dan budaya Jawa yang sangat kental. Jika kamu ingin mengetahui sejarah Solo secara lebih dalam, berkunjung saja ke Keraton Kasunanan Surakarta. 

Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II di tahun 1744 dan menjadi salah satu destinasi wisata populer di Solo. Tempat ini menyimpan banyak koleksi bersejarah seperti gamelan, replika pusaka keraton, dan masih banyak lagi.

3. Tumurun Private Museum

Museum yang satu ini tidak hanya jadi destinasi favorit wisatawan luar Solo, tapi juga populer di kalangan warga Solo sendiri. Banyaknya spot foto instagramable menarik banyak anak muda untuk datang berkunjung.

Museum ini dimiliki oleh keluarga Lukminto yang juga pemilik PT Sritex. Koleksi yang dipajang di dalamnya sebagian besar merupakan koleksi pribadi dari almarhum HM Lukminto yang dikenal mencintai seni.

4. Pasar Triwindu

Pasar Triwindu adalah tempat yang tepat jika kamu suka dengan barang-barang antik. Pasar ini memang khusus menjual berbagai macam produk seni sejak dibangun pada tahun 1939.

Pembangunan pasar ini ditujukan secara khusus untuk memperingati 24 tahun pemerintahan Mangkunegaran VII. Barang-barang unik dan antik yang bisa kamu jumpai di pasar ini seperti jam dinding, mesin ketik, telepon tua, wayang, hingga perabotan rumah tangga zaman dahulu.

5. Galabo

Berkunjung ke mana saja rasanya tidak lengkap kalau belum mencicipi kuliner khas-nya. Di kota Solo, kamu bisa pergi ke Galabo Solo yang ada di Jalan Mayor Sunaryo. Ini adalah pusat wisata kuliner Solo yang lengkap dan murah.

Ada kurang lebih 50 orang pedagang kaki lima yang berjualan mulai jam 5 sore hingga jam 12 malam. Aneka ragam kuliner yang bisa kamu temui antara lain adalah nasi liwet, tahu kupat, mie thoprak, nasi tumpang, sate kere, dan kuliner khas Solo lainnya.

Selain kelima tempat di atas, kamu juga bisa berkunjung ke objek wisata buatan yang sedang viral seperti Pandawa Water World atau The Heritage Palace yang ada di kota Solo.

Ketika kamu menikmati liburan di kota Solo dengan mengunjungi berbagai destinasi yang ada di peta wisata Solo, jangan lupa untuk selalu menjaga etika. Misalnya dengan tidak merokok sembarangan agar tidak mencemari lingkungan sekitar dan membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Jika kamu ingin menikmati nikotin agar tetap fokus dan semangat, ada VELO, produk kantong nikotin pertama di Indonesia. VELO hanya boleh dikonsumsi oleh 18 tahun ke atas. Tanpa menyebabkan asap, kamu sudah bisa menikmati sensasi hangat nikotin dengan menyelipkan sekantong kecil VELO di sela gusi dan mulut bagian atas.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply