Peta Wisata Jawa Tengah: Rencana Perjalanan yang Asyik

Merencanakan perjalanan jelang liburan bisa memudahkanmu untuk memilih destinasi yang sesuai keinginan. Sebagai contoh, ada peta wisata Jawa Tengah yang bisa menjadi gambaran saat kamu ingin berlibur ke provinsi dengan ibu kota Semarang ini.

Rencana perjalanan juga akan membuat waktumu menjadi lebih efisien. Tidak perlu lagi bertanya dalam hati, “Mau pergi ke mana ya setelah ini?” Karena semua sudah disiapkan jauh-jauh hari. Jadi, kamu tinggal berangkat dan ikutin itinerary.

Dalam tulisan ini, kami telah merangkum beberapa destinasi yang bisa menjadi peta wisata Jawa Tengah. Destinasi yang kerap dikunjungi sekaligus menawarkan pesona yang tak dimiliki oleh tempat wisata lainnya. Seperti apa ya? Cek yuk~

Dataran Tinggi Dieng

Rasa-rasanya memang tidak mungkin untuk menanggalkan Dataran Tinggi Dieng sebagai salah satu destinasi favorit wisata Jawa Tengah. Karena memang keindahan alamnya tak bisa terelakkan. Sesuai dengan arti nama Dieng dalam bahasa Sansekerta, yaitu Khayangan (atau dalam kata lain, artinya surga di atas langit).

Daya tarik Dieng dimulai dari pengalaman melihat “Golden Sunrise” sembari mendaki Gunung Prau dan Bukit Sikunir. Sebuah perjalanan yang terbayar tuntas saat mencapai di puncak. Beberapa pendaki gunung juga menyarankan untuk pergi ke Dieng jika ingin merasakan naik gunung tapi tak terlalu capek badan.

Sambil duduk-duduk santai, kamu bisa coba VELO, kantong nikotin bebas tembakau yang untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang bisa kamu gunakan hanya dengan meletakkannya di antara bibir dan gusi atas. Udah deh, kamu bebas ngapain aja dan tinggal menikmati sensasinya.

© Shutterstock

Selain keindahan bukit, Dieng juga menawarkan nuansa air di Telaga Warna, Pengilon, dan Menjer. Ketiganya punya daya tarik yang sama: menenangkan pikiran saat duduk di pinggiran. Selain telaga juga masih ada kawah aktif, misalkan Kawah Sikidang, Candradimuka, dan lainnya.

Terakhir, kamu juga dapat menyaksikan bukti sejarah berupa Candi Hindu yang dibangun sekitar abad ke-7. Yakni Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Bima, dan lainnya. Sebelum pulang, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh Carica, buah mirip pepaya yang hanya tumbuh di Dieng dan sekitarnya.

Kota Semarang

Destinasi berikutnya yang layak masuk dalam peta wisata Jawa Tengah ialah Kota Semarang. Begitu banyak ragam wisata yang bisa kamu kunjungi. Kita mulai dari Lawang Sewu. Sebuah bangunan tua peninggalan jaman kolonial Belanda dengan jumlah pintu dan jendela tak terhitung jari, saking banyaknya.

wisata religi jawa tengah sam poo kong semarang
© Shutterstock

Berikutnya ada kawasan Kota Lama Semarang. Di sini kamu bisa melihat langsung beberapa bangunan bersejarah. Mulai dari Stasiun Kereta Api Tawang, Gereja Blenduk, Taman Sri Gunting, Gereja Gedangan, De Spiegel, Marabunta, dan banyak bangunan unik lainnya.

Setelah itu masih ada Klenteng Sam Poo Kong. Di sini telah tertara megah dan rapi, bangunan klenteng dengan gaya arsitektur yang unik. Terakhir, kamu juga dapat mengunjungi Masjid Agung Semarang. Di mana selain sebagai tempat beribadah umat Islam, juga terdapat museum dan perpustakaan.

Kota Surakarta

Terakhir namun bukan yang paling akhir dari rangkuman kami. Karena tentu masih banyak destinasi lain yang tak semuanya bisa disebutkan di tulisan ini. Yep, Kota Surakarta. Kota yang menawarkan banyak tempat bersejarah dan menjadi bagian penting dari berdirinya negara Indonesia.

peta wisata jawa tengah keraton solo
© yukpigi.com

Kota ini memiliki destinasi utama seperti Keraton Kasunanan Surakarta, yang menyimpan cerita sejarah beserta peninggalan benda seni bernilai tinggi. Tak jauh dari tempat tersebut juga ada Kampung Batik Kauman dan Laweyan, di mana kamu dapat melihat langsung proses kerajinan batik tulis khas Solo.

Kemudian masih ada Pura Mangkunegaran yang juga mengoleksi benda seni bernilai tinggi dengan cerita sejarah yang tak kalah menariknya dari Keraton Kasunanan. Selain itu, masih ada beberapa destinasi lainnya antara lain Taman Budaya Jawa Tengah, Taman Balekambang, Pasar Barang Antik Triwindu, hingga Bus Wisata Werkudara.

Sekali lagi, dalam rangkuman ini, masih banyak destinasi lain yang layak dikunjungi. Seperti Kebumen, Jepara, Boyolali, Karanganyar, Pekalongan, dan banyak tempat lainnya. Tapi mudah-mudahan ketiga destinasi di atas cukup bisa memberikan referensi tentang peta wisata Jawa Tengah paling sering dikunjungi. Akhir kata, selamat berwisata~

Ifan Prasya
Karena belajar bisa dari mana aja.

Related Articles

Leave a Reply