5 Tips Mempersiapkan Diri di Permainan Terjun Payung

Selain skydiving, permainan terjun payung juga menjadi pilihan yang menyenangkan untuk dilakukan. Pasti kamu bertanya-tanya, apa bedanya skydiving dan terjun payung bukan? Padahal sama-sama merasakan pengalaman terjun di langit bebas.

Kedua olahraga yang sama-sama ekstrem ini memang terlihat sama, tapi memiliki perbedaan yang berbeda. Sebelum memilih mana olahraga yang ingin kamu lakukan, bagaimana kalau simak lima tips mudah mempersiapkan diri sebelum terjun payung, berikut ini.

Perbedaan Skydiving dan Terjun Payung

Skydiving dan terjun payung adalah dua jenis olahraga yang membiarkanmu terbang di langit, menikmati keindahan pemandangan dari atas. Tapi, sebenarnya apa sih yang membedakan kedua olahraga ini? Ini penjelasannya!

Memiliki tujuan yang berbeda

Perbedaan pertama dari kedua olahraga ini yaitu dari cara melompat nya. Walaupun sama-sama terjun dari pesawat terbang atau pada tempat dengan ketinggian yang tinggi, cara melompat menjadi pembeda dari kedua aktivitas ini.

Kalau terjun payung memiliki tujuan untuk memperlambat kecepatan dengan parasut yang dipakai agar pada saat mendarat, penerjun biasanya akan mendarat tanpa benturan. Berbeda dengan skydiving yang baru membuka parasutnya beberapa menit sebelum mendarat, jadi skydivers akan benar-benar merasakan seperti sedang terbang bebas.

Tingkat Adrenaline

Kamu bisa membayangkan bagaimana serunya terbang dari ketinggian puluhan ribu kaki, adrenaline kamu pun akan terpacu sangat kencang. Ternyata, tingkatan adrenaline menjadi salah satu pembeda antara skydiving dan terjun payung.

Jika kamu termasuk pemula dan ingin merasakan sensasi yang lebih santai, kamu dapat mencoba terjun payung, karena kamu akan terbang tanpa terombang ambing. Tapi, jika kamu ingin memacu adrenaline, skydiving dapat menjadi pilihan kamu nih, karena kamu akan terbang tanpa pengaman apapun.

Nah, jadi kamu sudah tahu perbedaan antara skydiving dan terjun payung kan? Kalau sudah memutuskan ingin mencoba yang mana, kamu dapat menerapkan lima tips mudah pada terjun payung.

Lima Tips Perispaan Permainan Terjun Payung Bagi Pemula

Olahraga terjun payung akan sangat berbeda dengan olahraga yang biasanya kamu lakukan di darat, agar maksimal dan menyenangkan, kamu bisa nih mempersiapkan diri dengan lipa tips berikut

Perhatikan Usia dan Berat Badan

Agar kamu dapat bermain, kamu harus memenuhi syarat usia dan berat badan yang ditentukan. Setidaknya, kamu sudah berusia 18 tahun dengan memiliki berat maksimal yaitu 125 kg. Hal ini harus diperhatikan karena jika kamu tidak memenuhi syarat, akan berpengaruh pada parasut.

Memiliki Kesehatan yang Baik

Sebelum bermain terjun payung, pastikan kamu memiliki kesehatan yang prima. Kamu bisa memperhatikan asupan makan, olahraga ringan dan tidur yang cukup. Jika kamu memiliki masalah penglihatan, kamu diperbolehkan menggunakan kacamata.

Perhatikan Instruktur

Kamu akan ditemani dengan instruktur profesional. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan protokol yang diberikan sebelum bermain ya.

Jangan Lihat ke Bawah!

Jika kamu pemula, sangat tidak disarankan untuk melihat ke bawah sesaat telah terjun dari pesawat, karena kamu akan panik jika melihat ke bawah. Sebaiknya, kamu tetap melihat langit atau instruktur kamu ya.

Nikmati permainan terjun payung, bersenang-senang!

Anggaplah ini permainan yang tidak bisa kamu lakukan setiap saat, maka agar menjadi berkesan dan menyenangkan kamu hanya perlu bersantai, jangan panik dan nikmati waktu yang sedang kamu miliki.

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply