Album Linkin Park: Perjalanan Band Legend Terbaik!

Linkin Park adalah band nu-metal yang berasal dari Amerika Serikat. Band ini telah memenangkan dua Grammy Awards dan menjual lebih dari lima puluh juta album linkin park di seluruh dunia. 

Awalnya, Linkin Park dibentuk oleh Mike Shinoda, Brad Delson dan Rob Bourdon yang semuanya saling kenal sejak SMA di California. Setelah lulus SMA, mereka bergabung dengan Joe Hahn, Dave Farrel dan Mark Wakefield dan membentuk band bernama Xero. 

Jatuh bangun mencari label rekaman terekam di kamar tidur Shinoda, yang pada saat itu menjadi studio darurat mereka untuk membuat demo album. Kegagalan pun membuat Mark Wakefield selaku vokalis dan Dave Farrell meninggalkan Xero. Kosongnya posisi vokalis pun membuat Mike merekrut Chester Bennington untuk menggantikan posisi Wakefield. 

Bergabungnya Chester telah membuat band nya memiliki karakter suara yang unik, hingga akhirnya mereka mengubah nama menjadi Linkin Park yang membawa mereka menandatangani kontrak dengan Warner Bross Records pada tahun 1999. 

Perjalanan Album Linkin Park 

1. Hybrid Theory (2000) 

Album debut berjudul Hybrid Theory dirilis pada tahun 2000, tepat satu tahun setelah Linkin Park bekerja sama dengan label terbaik di Amerika. Album pertama mereka berhasil menjual lebih dari lima juta kopi di tahun pertama dan menjadi album dengan penjualan tertinggi di tahun 2001. Hybrid Theory juga masuk nominasi di Grammy yaitu Best Rock Album, Best Hard Rock Performance untuk lagu Crawling, dan Best New Artist. Linkin Park berhasil memenangkan Best Hard Rock Performance. 

Masih ingat Dave Farrel yang bergabung saat nama band mereka Xero? Nah, Linkin Park kembali bekerja sama dengan Dave Farrell untuk mengerjakan album lanjutan bernama Reanimation. Album lanjutan yang menampilkan lagu-lagu remix dari Hybrid Theory dan menampilan Black Thought juga Aaron Lewis. Reanimation menempati posisi nomor dua di Billboard 200. 

2. Meteora (2003)

Linkin Park mulai menulis materi baru sambil menyelesaikan jadwal tur promosi Hybrid Theory. Mereka menghabiskan waktu luang mereka di dalam studio di bus tur mereka. Album yang mereka kerjakan rilis pada tahun 2003 dengan judul Meteora. 

Meteora langsung menjadi nomor satu di tangga lagu Amerika, dan sukses menjual 800.000 eksemplar di minggu pertama dengan single andalan mereka seperti Somewhere I Belong, From the Inside, Faint dan Numb. 

Setelah debut album pertama, Meteora pun memenangkan penghargaan seperti Best Video Rock dengan single Somewhere I Belong di MTV Awards dan Fans Choice Awards dengan lagu Breaking The Habit. 

Walaupun album ini tidak menuai kesuksesan seperti Hybrid Theory, namun album ini berhasil menjadi album dengan penjualan terbanyak nomor 3 di Amerika Serikat. 

3. Minutes to Midnight (2006) 

Tiga tahun kemudian, Linkin Park membuat album ketiga mereka pada tahun 2006 dengan judul Minutes to Midnight. Inspirasi dari judul album ini ketika adanya isu nuklir yang dapat menghancurkan dunia saat tengah malam. 

Single pertama yang dikeluarkan berjudul What I’ve Done dan berhasil menjual 625.000 juta kopi di minggu pertama. 

4. A Thousand Sun (2010) 

Album keempat Linkin Park sangat berbeda dengan album sebelumnya karena album ini memiliki konsep yang berfokus pada kecemasan masyarakat, politik dan sosiologis. 

Single berjudul The Catalyst berhasil menduduki tangga lagu Billboard dalam kategori Alternative Songs dan Rock Songs. Walaupun menuai banyak kritik, album ini tetap bisa menjual 623.000 juta kopi album. 

Kalau kamu fans nya Linkin Park, mana nih album favorit kamu? 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply