Mau Jadi Bartender? Kenali Dulu Peralatan Bartender dan Berbagai Fungsinya

Apapun yang kita pelajari harus dimulai dengan hal-hal dasar, termasuk dalam ilmu bartending. Mulailah dengan membangun pengetahuan tentang jenis-jenis minuman yang berbeda dan mempelajari cara membuat minuman populer. Dalam hal ini, pertama-tama seorang bartender pemula harus mengenali berbagai macam peralatan bartender dan fungsinya terlebih dahulu.

Berikut ini VELO telah merangkum daftar peralatan penting yang selalu tersedia di bar. Alat-alat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas bartender dalam meracik berbagai minuman. Bartender membutuhkan lebih dari sekedar bahan dasar, campuran, atau bahan-bahan pelengkap lainnya. Mereka juga membutuhkan alat yang tepat untuk meracik dan menyajikan minuman dengan cepat dan efisien.

Peralatan Bartender dan Fungsinya

Bar Mat

Peralatan Bartender
Source: Drinkka

Alat ini berfungsi sebagai alas gelas untuk melindungi permukaan bar top atau meja dari tumpahan minuman dan uap es. Terdapat drainase untuk cairan yang tumpah agar mudah dibuang ke wastafel. Bar mat umumnya terbuat dari karet tebal dan kaku.

Service Mat

Peralatan Bartender
Source: Crosbys

Fungsinya hampir sama dengan bar mat. Namun, alat ini lebih sering digunakan oleh bartender, terutama untuk menaruh minuman yang baru selesai dibuat, sebelum diambil dan disajikan kepada customer oleh pelayan bar.

Bar Spoon

Source: Youtube.com/Cocktail Courier

Sendok ini memiliki bentuk yang beda dari sendok biasa, batangnya yang memilin akan membuat proses mengaduk lebih sempurna. Peralatan bartender ini digunakan untuk membuat racikan minuman lembut dan encer tanpa merusak bongkahan es di dalam gelas. Bar spoon juga biasa digunakan bartender untuk membuat lapisan minuman atau mencampurkannya.

Bottle Opener

Peralatan Bartender
Source: Ali Express

Salah satu peralatan esensial yang wajib tersedia di bar adalah alat pembuka botol. Untuk beer tap atau shot drink kita tidak membutuhkan pembuka botol, tetapi customer akan membutuhkan alat ini jika memesan minuman botolan. Dan jangan lupakan corkscrew untuk membuka botol wine.

Cocktail Shaker

Source: The Glow Company

Peralatan bartender yang tidak kalah penting lainnya adalah cocktail shaker. Alat ini terbuat dari bahan stainless-steel dan berfungsi untuk mengocok berbagai bahan dasar cocktail. Suatu bar biasanya menyimpan lebih dari satu cocktail shaker.

Strainer

Source: Urban Bar

Jika cocktail shaker yang kita punya belum dilengkapi dengan strainer atau saringan bawaan, kita membutuhkan alat ini untuk melengkapinya. Strainer ditempatkan di mulut shaker, dengan lubang-lubang kecil yang berfungsi memisahkan bongkahan es atau bahan-bahan lainnya.

Speed Rail

Peralatan Bartender
Source: WebstaurantStore

Speed rail atau disebut juga cocktail rail adalah rak logam untuk menyimpan botol-botol minuman dan mixer yang sering digunakan oleh bartender. Speed rail biasanya dipasang di area yang mudah dijangkau, agar bartender bisa bergerak lebih cepat.

Pourer

Source: Rush’s Kitchen Supply

Botol minuman yang tidak memiliki alat penuang akan sedikit menyusahkan ketika bartender harus menuang bahan campuran secara terukur dan akurat. Untuk mengatasinya, bartender akan memasang pourer atau alat penuang di mulut botol.

Ice Bucket

Source: Amazon

Ember es sangat berguna untuk mendukung operasional bar dan melayani customer. Bartender bisa menggunakan ember ini untuk menampung stok es selagi mesin pembuat es memproduksi stok lainnya. Ember ini juga bisa berfungsi sebagai wadah pendingin botol anggur atau minuman beralkohol lainnya.

Jigger

Peralatan Bartender
Source: RotPel

Untuk memastikan takaran minuman presisi, konsisten, dan sesuai dengan perhitungan biaya produksi, peralatan bartender yang satu ini harus tersedia dalam daftar wajib inventaris bar. Suatu bar biasanya menyediakan jigger dengan berbagai ukuran.

Nah, itulah beberapa peralatan bartender yang selalu tersedia di bar. Jangan lupa, masih ada informasi menarik lainnya seputar dunia bartending dan seni meracik minuman.

Simak dalam update artikel selanjutnya bersama VELO! Kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang bisa dinikmati kapan saja, tanpa asap, tanpa mengganggu orang disekitar!

Tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropic Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Produk nikotin ini dikhususkan untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang hamil atau menyusui, dan bisa menyebabkan kecanduan.

Henki Taher
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply