Penyebab Pemanasan Global, Ulah Manusia Salah Satunya!

Saat ini banyak yang semakin tak memperdulikan penyebab pemanasan global. Seperti yang kita ketahui, dampak pemanasan global semakin terasa. Sebagian orang yang menyadari hal tersebut, tentu akan merasa begitu tersiksa.

Sebagian besar pemanasan global terjadi karena ulah manusia yang kurang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Penyebab Terjadinya Pemanasan Global

CFC yang Tak Terkontrol

Source: Skowalewski/pixabay

Chloro Four Carbon atau CFC menjadi salah satu penyebab pemanasan global yang susah dihindari. Meski demikian, CFC masih dapat dikendalikan. Umumnya, CFC banyak ditemukan dalam peralatan rumah tangga, seperti AC dan kulkas. Penggunaan yang tak sesuai aturan dan berlebihan akan menimbulkan dampak pemanasan global yang buruk untuk lingkungan.

Penyempitan Lahan Hutan

Source: Picography/pixabay

Luas hutan yang kian hari semakin menyempit pun juga jadi salah satu penyebab pemanasan global. Karena itu, ketika terjadi kasus kebakaran hutan, maka patut diselidiki siapa pelaku utamanya. Hutan memiliki peranan yang sangat penting bagi makhluk hidup yang hidup disekitarnya. 

Hutan bahkan menjadi paru-paru dunia dan sudah seharusnya dijaga dengan baik. Lahan hutan yang mulai menyempit akan memicu berbagai bencana alam yang merugikan.

Tanpa hutan, tidak ada yang akan membantu mengubah H2O menjadi O2. Sehingga, dampak selanjutnya juga berimbas pada kesehatan manusia secara menyeluruh. 

Penyebab Pemanasan Global: Gas Industri

Penyebab pemanasan global

Source: Stevepb

Penyebab selanjutnya dari pemanasan global adalah gas industri, dimana gas tersebut dihasilkan dari proses industri. Meski demikian, banyak sekali industri yang masih abai dengan hal ini. Pemerintah pun juga dirasa kurang tegas dalam menanggapi kasus yang muncul maupun saat memberikan sanksi.

Gas dari proses industri tersebut akan menyebabkan terjadinya pencemaran udara. Terlebih jika asap pabriknya ternyata sangat berlebihan dan kurang tertampung dengan benar. Ada banyak jenis gas seperti karbon monoksida, karbon dioksida, gas metana, dan sebagainya. Gas-gas tersebut menjadi salah satu penyebab munculnya masalah pemanasan global.

Berlebihan dalam Penggunaan Tisu 

Source: Alexas_fotos/pixabay

Tidak ada yang salah sebetulnya dalam penggunaan tisu, namun jika dilakukan secara berlebihan maka dapat menjadi penyebab munculnya pemanasan global. Hal ini terkait bahan baku pembuatan tisu yang berasal dari serat kayu. 

Sehingga, semakin tinggi penggunaan tisu, maka serat kayu yang dibutuhkan akan semakin banyak. Sehingga semakin banyak kayu yang ditebang untuk memproduksi tisu. Dengan begitu, persediaan pohon yang ada di bumi pun semakin berkurang. 

Hal tersebut kemudian berimbas menipisnya lapisan ozon, berkurangnya kualitas oksigen hingga memicu bencana alam lainnya. Kondisi ini tentu akan merugikan bagi makhluk hidup yang ada di bumi.

Emisi Bahan Bakar

Source: Andreas160578/pixabay

Penggunaan bahan bakar minyak tentu akan menimbulkan emisi karbon yang juga menjadi salah satu pemicu munculnya pemanasan global. Seperti bahan bakar bensin pada kendaraan roda dua dan empat. 

Proses pembakaran bahan bakar pasti akan menghasilkan gas karbondioksida dan ini dapat memicu pemanasan global. Pasalnya, gas tersebut akan menangkap panas. Tapi sayangnya, tidak bisa langsung dibuang ke luar angkasa. Hingga akhirnya kembali lagi ke bumi, sehingga menimbulkan polusi lingkungan.

Penggunaan Listrik Berlebihan juga Penyebab Pemanasan Global

Source: Bru-nO/pixabay

Tahukah kamu jika pemakaian listrik berlebihan juga bisa jadi penyebab terjadinya pemanasan global? Hal ini karena penggunaan listrik yang berlebihan dapat memicu meningkatnya gas karbondioksida di bumi. Sehingga pemanasan global tak dapat dihindarkan. Sehingga tak hanya menyita pengeluaran lebih banyak, tapi juga mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Buang Sampah Sembarangan

Source: RitaE/pixabay

Penyebab selanjutnya mengapa pemanasan global semakin meningkat dari tahun ke tahun, salah satunya dari perilaku manusia dalam membuang sampah. Terutama sampah plastik yang memicu terjadinya pencemaran lingkungan yang tidak terkendali.

Perilaku manusia yang konsumtif juga menjadi penyebab mengapa sampah plastik cukup tinggi. Selain itu, edukasi tentang bahaya plastik bagi lingkungan juga belum dipahami secara mendalam. Hal ini menyebabkan berbagai masalah yang cukup kompleks dan sulit ditangani.

Menurut riset, plastik mengeluarkan gas metana dan etilen yang jika terkena sinar matahari dan dapat merusak. Riset juga menyebut jika gas metana, baik alami maupun buatan dikatakan menjadi penyebab utama terjadinya perubahan iklim. Tentunya hal ini berhubungan dengan meningkatkan pemanasan global.

Demikian tadi beberapa penyebab pemanasan global yang sebagian besar ternyata akibat ulah manusia. Bumi yang semakin menua, seharusnya kita harus bisa menjaga dan lebih peduli. Agar generasi mendatang bisa tetap hidup dengan nyaman. 

Sebagai kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia, VELO juga berkomitmen untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan. Produk nikotin ini bisa dinikmati tanpa mengeluarkan asap yang mengganggu. Sehingga meminimalkan terjadinya polusi udara, sisa penggunaannya pun ramah lingkungan. VELO ditujukan untuk kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. 

Related Articles

Leave a Reply