Ternyata Ini Penyebab Bosan Kerja Yang Bikin Tidak Semangat

Semua orang yang sedang bekerja pasti pernah terserang rasa bosan kerja. Hal ini sangatlah wajar, karena aktivitas yang dilakukan setiap hari membuat jenuh yang berakibat kurangnya semangat untuk menyelesaikan pekerjaan, menurunya produktivitas dan suasana hati yang tidak menentu.

Lalu bagaimana jika tiba-tiba mengalami bosan kerja tetapi tugas-tugas di kantor masih menumpuk dan tidak terselesaikan? Tentu ini akan memberikan dampak pada kinerja kamu kedepannya.

Sebenarnya apa sih penyebab bosan saat sedang bekerja? Disisi lain kamu membutuhkan pemasukan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari, tapi kamu juga tidak ada semangat sama sekali karena sedang bosan.

Nah, agar terhindar dari kinerja yang buruk akibat bosan yang berkepanjangan, cari tahu dulu yuk penyebab dan bagaimana mengatasi bosan kerja berikut ini.

Aktivitas Pekerjaan Monoton

Jika kamu menyadari, sudah sejak kecil kamu dihadapkan oleh aktivitas yang sama selama belasan tahun loh, yaitu sekolah. Rutinitas yang sama dari jam 07.00 pagi hingga siang hari kamu ulangi bertahun-tahun, bahkan tidak ada bedanya saat sedang bekerja.

Bedanya ada pada cara kamu mengendalikan diri saat sedang bosan. Orang dewasa yang menjalani kegiatan monoton sering kali frustasi, tidak bersemangat bahkan sering melamun.

Kamu dapat mengatasi permasalahan ini dengan cara yang sederhana, yaitu menyesuaikan aktivitas kamu seperti saat sedang bersekolah dulu.

Jadi, usahakan kamu menyusun jadwal di sela-sela kegiatan kamu, misalnya membaca buku, mendengarkan lagu atau bermain game sejenak. 

Tidak Ada Pengembangan Karir

Sebagian dari kamu pasti merasa kurang berkembang jika dibandingkan dengan rekan kerja lainnya bukan? Hal ini juga bisa menjadi alasan kamu tiba-tiba bosan dan jenuh terhadap pekerjaan kamu, loh.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba untuk mengkomunikasikan keluh kesah kamu ke bagian HRD atau People Development agar memberikan pelatihan untuk meningkatkan keahlian kamu. Pilihan lainnya, kamu juga bisa ikut pelatihan singkat di internet untuk mengisi waktu luang.

Kurangnya Tantangan Bikin Bosan Kerj 

Kebanyakan orang akan bersemangat saat ditantang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Bisa jadi, kamu kekurangan tantangan di tempat kerja. Tentu hal ini akan berpengaruh pada kinerja kamu.

Merasa bosan dengan rutinitas yang sama bertahun-tahun pasti akan dirasakan oleh semua orang, tetapi kamu dapat terhindar dari situasi ini jika kamu mencoba memberikan saran yang akan mengarah pada tantangan kedepannya.

Tidak Membuka Diri Dengan Rekan Kerja

Saat sedang merasa bosan, tentu kamu akan membutuhkan pengalihan perhatian bukan? Berkomunikasi dengan rekan kerja dapat membantu kamu untuk mengatasi rasa bosan tersebut.

Jika kamu tipe orang yang tertutup, atau tidak memiliki hubungan dekat dengan rekan kerja, ini saatnya untuk mendekatkan dan membuka diri kepada mereka. Ajaklah teman satu kantor kamu mengobrol, atau sekedar makan siang bersama. Inisiatif kamu akan berpengaruh dalam merelaksasi pikiran kamu.

Tidak Ada Peningkatan Karir Jadi Alasan Bosan Kerja

Merasakan bosan setelah bertahun-tahun kerja akan kamu alami jika tidak ada peningkatan karir. Misalnya saja kamu sudah bekerja selama lima tahun, tentunya kamu ingin naik jabatan bukan?

Hal ini tidak terjadi selama kurun waktu tertentu dan dengan jenis pekerjaannya tetap sama. Salah satu cara agar terjadi peningkatan pada karir kamu yaitu tanyakan pada atasan kamu, mintalah evaluasi kinerja yang selama ini kamu lakukan supaya mendapatkan promosi jabatan.

Apapun pekerjaannya, kamu akan dihadapkan oleh hal-hal diatas yang akan menyebabkan kebosanan saat bekerja. Hal tersebut wajar terjadi, akan tetapi akan sangat merugikan jika kamu tidak mengupayakan jalan keluarnya.

Cobalah untuk mengatasi dengan beberapa tips di atas agar kinerja kamu semakin meningkat. Alternatif lain saat bosan yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mulai browsing di market place favorit kamu, kemudian masukan kata kunci VELO dan kamu akan mendapatkan jalan keluar yang unik, simple, dan terjangkau.

VELO, kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Berbagai varian rasanya bisa kamu pilih sesuai selera.

Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan di mana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain. Sisipkan satu kantong nikotin di sela gusi dan mulut bagian atas, lalu rasakan sensasi kenikmatannya selama 20 sampai 30 menit.  

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply