Pengertian Musik Pop dan 7 Fakta Uniknya

Pop adalah genre musik yang paling populer di seluruh dunia, namun banyak orang yang belum tahu pengertian dari musik pop itu sendiri. Ini adalah fakta yang tidak mengejutkan karena musik pop selalu melahirkan artis-artis baru dengan musik-musik yang menarik.

Selain itu, banyak lagu dan artis pop yang masih melegenda seiring berjalannya waktu. Misalnya, generasi muda saat ini masih banyak yang menyukai lagu-lagu The Beatles hingga Michael Jackson. Musik pop juga punya sejarah panjang dengan sederet fakta-fakta menarik.

Yuk, cari tahu fakta unik dari musik pop!

1. Musik pop adalah singkatan dari musik populer

Jika kamu belum tahu pengertian musik pop, maka sebenarnya sangat sederhana. Musik pop adalah singkatan dari musik populer dan benar saja, musik tersebut memang benar-benar populer.

Kata musik pop pertama kali digunakan pada pertengahan 1950-an di Inggris dan di beberapa bagian di Amerika Serikat. Musik pop digunakan untuk mendeskripsikan lagu-lagu yang bisa menarik perhatian banyak orang. Musik pop punya sederet ciri yang khas seperti tempo, nada berulang, dan melodi yang mudah diingat.

2. The Beatles adalah artis pop dengan penjualan tertinggi

Hingga saat ini, belum ada yang mengalahkan posisi The Beatles sebagai artis pop dengan penjualan tertinggi sepanjang sejarah. The Beatles memang merajai musik pop dunia di era 60-an dan 70-an. Band asal Liverpool, Inggris yang terdiri dari empat pemuda Inggris ini dikenal sebagai legenda musik pop.

The Beatles berhasil menjual lebih dari 600 juta keping album di seluruh dunia, 183 juta di antaranya adalah di pasar Amerika Serikat. Meskipun band ini sudah lama tidak aktif dan 3 personel mereka telah tiada, lagu-lagunya masih hidup di kalangan penggemar musik pop saat ini.

3. Jackson 5 jadi artis pop pertama yang 4 lagunya debut di no.1

Membahas musik pop tidak akan lengkap tanpa menyebut The Jackson 5. Band yang digawangi oleh Michael Jackson dan saudara-saudaranya ini ikut mempopulerkan musik pop di tahun 60-an. Bahkan setelah Michael meninggalkan band ini, popularitas mereka tidak meredup.

Jackson 5 berhasil menjual lebih dari 100 ribu tiket dalam pertunjukan di Madison Square Garden, New York. Mereka juga jadi artis pop pertama yang berhasil mendebutkan empat lagu sekaligus secara berturut-turut di urutan pertama tangga lagu Billboard Hot 100.

4. Thriller jadi album pop dengan penjualan tertinggi

Michael Jackson yang menyandang gelar King of Pop tidak diragukan lagi sebagai penyanyi pria pop terbesar sepanjang sejarang. Ini dibuktikan dengan salah satu albumnya, Thriller, yang sampai saat ini masih menjadi album pop terlaris di dunia yang terjual lebih dari 65 juta keping di seluruh dunia.

Belum ada yang bisa mengalahkan rekor tersebut hingga saat ini. Lagu utama dalam album ini menduduki peringkat pertama Billboard selama 37 pekan lamanya dan berada di tangga lagu selama lebih dari 300 minggu.

5. Paul McCartney adalah musisi pop terkaya

Musisi pop tidak hanya berhasil meraih popularitas di seluruh dunia, tetapi juga mengumpulkan pundi-pundi kekayaan dari karya mereka. Namun gelar musisi pop terkaya di dunia masih dipegang oleh Paul McCartney, salah satu personel The Beatles.

Nilai kekayaannya ditaksir mencapai 1,2 miliar dolar AS. Sumber kekayaan McCartney tidak hanya dari The Beatles saja, tetapi dari album solo dan band-band lain yang ia produseri. Setelah meninggalkan The Beatles tahun 1970, McCartney merilis 25 album studio kompilasi, 75 musik video, dan 37 album video.

Ia juga sukses menggelar konser solo di Brazil pada 1989 yang dihadiri oleh 350 ribu orang, yang terbesar sepanjang sejarah di masa itu.

6. Elton John merilis lagu khusus untuk mendiang Putri Diana

Jika lagu pop terlaris di Amerika adalah Thriller, maka berbeda dengan di Inggris. Lagu pop terlaris di Inggris adalah Something About the Way You Look Tonight/Candle in the Wind milik Elton John yang dirilis tahun 1997.

Lagu ini sangat istimewa karena dirilis setelah kematian Putri Diana sebagai persembahan untuk sang putri. Elton John adalah salah satu sahabat dekatnya semasa hidup. Lagu tersebut berhasil terjual sebanyak hampir 5 juta kopi.

7. Michael Jackson memulai kesetaraan ras melalui musik pop

Ada alasan tersendiri mengapa Michael Jackson dijuluki raja dari musik pop. Tidak hanya lagu-lagunya saja yang melegenda, namun ia juga menyatukan semua orang melalui musiknya. Sebagai penyanyi berkulit hitam, ia sangat vokal berbicara tentang rasisme dan hak-hak asasi manusia dalam lagu-lagunya.

Sebut saja seperti Black or White dan They Don’t Care About Us yang secara langsung berbicara mengenai ras. Jackson juga dikenal sebagai pecinta kedamaian dan sering berbicara tentang kerusakan bumi seperti dalam lagu We Are the World dan Heal the World.

Musik pop adalah musik yang bisa dinikmati ketika suasana hati sedang memburuk. Tidak heran musik pop dijadikan mood booster bagi banyak orang.

VELO adalah brand kantong nikotin pertama di Indonesia yang diproduksi oleh British American Tobacco. VELO menunjuk ikon anak muda Boy William dan chef Renatta Moeleok sebagai brand ambassador untuk mengenalkan produk ini di kalangan anak muda pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun ke atas, bukan perempuan hamil atau menyusui.

VELO tidak menimbulkan asap sehingga bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja, bahkan di sela-sela aktivitas. Tapi VELO hanya boleh digunakan oleh mereka yang merupakan pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun ke atas, bukan perempuan hamil dan menyusui.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply