Pengertian Musik Jazz Secara Lebih Luas

Pengertian Musik Jazz merupakan genre musik yang tumbuh di Amerika dan populer dimainkan oleh warga kebangsaan Afrika dan Amerika. Jazz dikembangkan dari genre musik Blues, Ragtime, dan musik khas Eropa. Beberapa pengertian musik jazz khusus memiliki definisi menurut para ahli sebagai berikut. 

Pengertian Musik Jazz Menurut Para Ahli 

Menurut Joachim-Ernst Berendt, pengertian musik jazz yaitu seni musik yang berasal dari Amerika Serikat melalui pertemuan musik khas Eropa dengan pertemuan ras kulit hitam Amerika. 

Menurut Travis Jackson, pengertian musik Jazz diartikan lebih luas yaitu musik yang mencakup luas seperti interaksi kelompok, improvisasi, swing, serta mengembangkan suara individu menjadi terbuka untuk menghasilkan suatu musik yang berbeda. 

Sejarah Musik Jazz 

Genre musik Jazz pertama kali dari Amerika benar-benar memiliki dampak kepada dunia seni di tengah-tengah masyarakat. Hal ini tentu bisa kita lihat di masa sekarang ini, musik jazz berpengaruh dan digemari oleh masyarakat di seluruh dunia. 

Pada tahun 1930 – 1940-an semua genre musik di Amerika Serikat merupakan suatu masa yang dikenal sebagai era Big Band, dan selama itu ayunan musik adalah Raja. Nama band besar muncul seperti Duke Ellington, Woody Herman, Count Basie di tahun 1970 an. 

Demikian pula, pop jazz, dan vocalists dari tahun 1950 an dan 1960 an yang digunakan oleh aturan dan instrumenisasi arrangers dan musisi yang berkaitan dengan sebelumnya, dan pemahaman. 

Alat musik jazz menjadi sarana dalam menyampaikan kebebasan berpendapat kepada mereka yang diperlakukan tidak adil atau yang tertindas lewat hasil karya musik. Karena jenis musik jazz ini juga dapat mengekspresikan banyak emosi dan perasaan yang berbeda, mulai dari kebahagiaan sampai menangis. 

Fungsi Musik Jazz 

Tahukah kamu, bahwa musik Jazz juga mempunyai fungsi, diantaranya : 

·         Meningkatkan Kreatifitas 

·         Meminimalisir Kecemasan 

·         Meningkatkan Kecerdasan 

·         Meningkatkan Konsentrasi 

Dari fungsi musik jazz ini dapat disimpulkan bahwa genre musik ini juga turut berpengaruh terhadap kreativitas seseorang, meningkatkan konsentrasi, menghilangkan kecemasan, dan meningkatkan kecerdasan seseorang. Begitu berpengaruhnya genre musik jazz ini, tidak heran jika setiap tahunnya pagelaran alat musik jazz dilaksanakan di beberapa negara. 

Ciri-Ciri Musik Jazz 

Setelah kalian mengetahui pengertian dan sejarah musik Jazz, dan agar kalian lebih mudah mengetahui musik Jazz, berikut ini adalah ciri-ciri musik jazz diantaranya: 

1.       Bluetonality 

Bluetonality merupakan jenis musik yang mirip dengan nada musik blues. Hal tersebut karena memang awalnya genre musik jazz berasal dari genre musik blues. 

2.       Syncopation 

Syncopation merupakan ciri-ciri musik Jazz dengan nada tempo yang tinggi. Oleh karenanya, Syncopation banyak digunakan oleh para penyanyi jazz di masa kini. 

3.       Swinging 

Swinging merupakan irama alat musik jazz dengan nada cengkok yang enak di dengar oleh para pendengar musik jazz. 

4.       Improvisasi 

Improvisasi merupakan jenis musik Jazz yang akan selalu kamu temukan di setiap lagu jazz dengan menggunakan nada Improvisasi. Misalnya lagu yang dibawakan di awal atau di akhir dengan nada yang tinggi ditambah dengan kunci gitar yang mengiringi akan bernada tinggi juga. 

5.       Vokal dan Lirik 

Vokal dan Lirik dalam musik Jazz cenderung dianggap sebagai bunyi instrumen dengan harmoni yang cukup rumit serta memiliki Tonalitas yang lebih luas. 

Itulah beberapa pengertian musik jazz menurut para ahli yang bisa kamu ketahui. 

Buat kamu pengguna produk nikotin dewasa, ada VELO nih si kantong nikotin bebas tembakau yang nggak nimbulin asap dan bau. VELO praktis penggunaannya, ambil 1 kantong VELO, letakkan di antara bibir dan gusi atas, dan rasakan sensasinya. VELO hanya diperuntukkan bagi pengguna produk nikotin berusia 18 tahun ke atas, bukan perempuan hamil atau menyusui. 

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply