Pengen Liburan Seru? Yuk Main Ke Desa Wisata Pentingsari Jogjakarta

Berlokasi di Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, desa wisata Pentingsari dikenal dengan berbagai penghargaan yang diraihnya. Desa yang menjadikan aktivitas sehari-hari dari warganya sebagai objek wisata ini bahkan sudah dikenal luas hingga mancanegara sebagai salah satu desa wisata terbaik.

Mulai dari penghargaan dalam negeri seperti Indonesia Sustainable Tourism Awards atau ISTA di tahun 2017 untuk kategori ekonomi. Kemudian sempat masuk dalam jajaran 100 terbaik tujuan wisata berkelanjutan di dunia menurut versi GGDF atau Global Green Destinations Days 2019.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di desa wisata yang satu ini. Simak keseruan apa saja yang bakal kamu temui di sini selengkapnya. 

Desa Wisata Pentingsari Punya Banyak Kegiatan Seru

Kegiatan seru pertama yang bakal kamu temukan di Desa Wisata Pentingsari ialah outbound. Di sini kamu bakal bisa melakukan aktivitas outbound yang seru dengan latar alam pedesaan yang khas.

Sebagaimana kegiatan outbound yang lain, banyak peserta yang ikut dalam kegiatan outbound tersebut. Melalui suasana alam terbuka, semua peserta akan diajarkan kepemimpinan serta manajemen.

Belajar Alat Musik Gamelan

Kegiatan seru berikut nya yang ditawarkan di desa wisata Pentingsari ialah edukasi kesenian. Kamu akan diajak mempelajari tentang kesenian tradisional khas Jawa, seperti alat musik gamelan. Mungkin sebelumnya, kamu cuma bisa melihat alat musik tradisional gamelan dari jauh atau layar televisi. 

Ketika berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari, kamu bisa memegang dan belajar memainkan alat musik gamelan langsung dari ahlinya. Untuk bisa mencoba untuk memainkan alat musik gamelan lengkap, cukup bayar Rp15.000 saja per orang. Dari mulai Kendang, Gong, Demung, Bonang, dan alat-alat musik lainnya.

Belajar Menari Tarian Tradisional di Desa Wisata Pentingsari

Desa Wisata Pentingsari

Bukan cuma bisa belajar gamelan saja, kamu pun bisa menikmati pertunjukan seni tari tradisional. Atau kamu juga bisa memilih seni pertunjukan Punakawan. Selain menikmati pertunjukan seni tari, kamu juga bisa sekaligus belajar menari tarian tradisional. 

Cukup bayar Rp 20.000 saja tiap orang, kamu bakal diajari bagaimana menarikan tarian tradisional dengan lemah gemulai. Keren banget, kan?

Membajak Sawah hingga Menangkap Ikan

Desa Wisata Pentingsari

Kalau kamu merasa bosan dengan aktivitas sehari-hari dan suasana kota yang hectic, pastinya butuh suasana baru yang fresh! Nah, desa wisata Pentingsari bisa jadi jawaban yang tepat. Di desa ini, kamu dapat menikmati pengalaman bagaimana serunya membajak sawah dengan kerbau. 

Kemudian menanam padi di lahan sawah yang sudah dibajak. Atau kamu juga bisa mencoba memancing atau menangkap ikan di kolam. Jika beruntung mendapatkan ikan, juga bisa mengolahnya langsung di dapur yang disediakan. 

Seru-seruan Menyusuri Sungai

Selain wisata budaya dan juga outbound, kamu juga bisa mencoba kegiatan seru lainnya di Desa Wisata Pentingsari. Yakni, kegiatan susur sungai. Diapit dua sungai yang memanjang melintasi desa, kamu bakal bisa mencoba pengalaman seru trekking di daerah aliran sungai. 

Sungai Kuning dan Sungai Pawon menawarkan pengalaman seru yang sayang jika dilewatkan. Kamu bakal diajak melewati area persawahan yang terhampar luas, turun naik tebing dan terowongan yang unik dan cantik.

Buka setiap hari Senin hingga Sabtu, dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Kamu bisa menikmati suasana desa wisata Pentingsari dengan lebih puas. Jangan lupa ajak juga keluarga untuk menikmati liburan sederhana penuh makna saat di Jogjakarta. 

Hadir dengan berbagai pilihan rasa yang seru, VELO bakal memberikan pengalaman baru merasakan sensasi nikotin, buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Kamu bisa menyelipkan kantong VELO di antara bibir dan gusi atas, dan bisa merasakan sensasinya selama 20-30 menit. Berbagai varian rasanya bisa kamu pilih sesuai selera. Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan di mana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain.

Related Articles

Leave a Reply