Penemu Telepon Genggam? Cari Tahu Yuk Penemunya!

Telepon genggam atau lebih dikenal dengan nama handphone (HP) menjadi media komunikasi paling dibutuhkan saat ini. Tapi, tahukah kamu sebelum generasi telepon pintar, ada sejarah perjalanan penemu telepon genggam yang berpengaruh besar terhadap kemajuan inovasi teknologi di masa depan?

Penemu telepon genggam bernama Martin Cooper ini adalah penemu generasi pertama handphone. Kontribusi Martin terhadap sejarah perkembangan telepon genggam dari waktu ke waktu yang membuat media komunikasi kita sangat mudah, apalagi untuk menjangkau orang-orang di seluruh penjuru dunia.

Bagaimana ya cara Martin Cooper membuat inovasi penting di dunia? Simak perjalanan sejarahnya, yuk!

Sejarah Penemu Telepon Genggam

Sebelum memutuskan untuk melakukan gebrakan inovasi, Martin hanyalah seorang karyawan di perusahaan Motorola pada tahun 1973. Awal mula sejarah ini dimulai saat Martin dan timnya menghadapi sebuah permasalahan, sehingga mereka harus bersama-sama memecahkan masalah tersebut untuk memasukkan keseluruhan material elektronik ke sebuah alat berukuran kecil bernama Motorola DynaTAC sebagai model pertama.

Setelah berusaha menghadapi tantangan tersebut, Martin dan timnya berhasil memasukan semua material elektronik dengan berat mencapai dua kilogram. Pada tahun 1983, biaya produksi telepon genggam mencapai US$ 1 Juta dengan nilai jual mencapai US$ 10 ribu.

Keberhasilan Martin tidak berhenti begitu saja, ia harus menyelesaikan permasalahan lainnya dengan mengadaptasi infrastruktur yang berfungsi sebagai dukungan tambahan telepon genggam. Martin membutuhkan 3 MHz spektrum yang setara dengan lima TV channel ke seluruh dunia.

Fungsi dan Fitur

Tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi, tetapi telepon genggam dapat bertukar pesan dengan fitur SMS (short message service). Jika pada generasi pertama fungsi dan fiturnya masih terbatas, berbeda dengan generasi smartphone di masa depan.

Kecanggihan teknologi telah menambah fungsi dan fitur yang memudahkan sekaligus menghibur. Seperti, menggunakan panggilan video call, mendengarkan musik, nonton televisi online, layanan streaming, hingga alat pembayaran yang serba online. Telepon genggam menjadi sebuah benda yang multifungsi.

Fitur terbaru dari telepon genggam adalah ditanamkannya fitur komputer dalam satu gadget kecil, sehingga kamu dapat berbisnis dan menyelesaikan pekerjaan secara lebih cepat.

Semua ini tidak dapat terjadi tanpa kerja keras Martin dan tim nya, jadi kamu tidak perlu membawa telepon genggam dengan berat 2 kilogram ya!

Cara Kerja Telepon Genggam

Pada sebuah handphone, kamu akan dengan mudah melihat material yang terpasang, seperti mikrofon, layar, pengeras suara dan mikrofon. Tetapi, di dalam handphone juga ada susunan jaringan yang membuat kemudahan berkomunikasi loh. Jaringan tersebut dikenal dengan nama jaringan nirkabel.

Jaringan nirkabel memiliki fungsi sebagai jaringan yang berfungsi sebagai frekuensi, kemudian dipecah ke dalam jaringan yang lebih kecil. Setelah melakukan pekerjaannya, frekuensi akan menjangkau sinyal telepon.

1. Melakukan Panggilan Telepon Genggam Ke Telepon Rumah

Saat melakukan panggilan dari telepon genggam yang ditujukan ke telepon rumah, panggilan tersebut secara otomatis akan diproses melalui antena nirkabel yang ada di dekat kamu. Kemudian, akan diubah oleh alat penghantar ke sistem telepon, baru setelah itu panggilan kamu akan sampai ke tujuan.

2. Melakukan Panggilan Antar Telepon

Saat kamu melakukan panggilan antar telepon genggam, panggilan kamu akan dimasukan kedalam rute jaringan landline ke penghantar nirkabel penerima panggilan. Pembicaraan kamu pun akan ditangkap melalui udara, yang diserap dari energi frekuensi radio.

Jika Martin Cooper tidak berhasil menyelesaikan tantangan di kantor Motorola, mungkin kita tidak dapat menikmati berbagai fitur menarik dari handphone dan smartphone ya!

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply