Pelajari 3 Alat Musik Ritmis Modern Ini, Dijamin Kamu Makin Keren!

Alat musik ritmis merupakan alat musik yang fungsinya bukan sebagai pengiring langsung sebuah lagu, melainkan sebagai pelengkap dan pengatur tempo. Berdasarkan perkembangan zaman, alat musik ini dibagi menjadi dua, yakni alat musik ritmis modern dan alat musik ritmis tradisional.

Baik alat musik ritmis modern maupun yang tradisional, keduanya tidak menghasilkan nada-nada tertentu. Meskipun demikian, banyak orang yang dianggap keren karena mahir memainkan alat musik ini, apalagi alat musik ritmis modern.

Nah, bagi kamu yang ingin disebut keren di depan anak-anak tongkrongan, yuk kenali 5 alat musik ritmis modern ini dan pelajari cara menggunakannya!

Drum, alat musik ritmis modern yang menjadi primadona

Siapa sih yang tidak mengenal alat musik drum? Instrumen ritmis yang satu ini banyak digunakan di kehidupan sehari-hari, lho! Mulai dari keperluan musik band, hiburan di cafe, keperluan kondangan, acara-acara ibadah agama tertentu, dan sebagainya. 

Drum memang kerap disebut sebagai alat musik ritmis modern yang sangat legendaris. Selain dapat digunakan dalam berbagai acara, alat musik ritmis yang satu ini juga dapat mengiringi lagu dan musik dari berbagai genre, seperti pop, rock, jazz bahkan dangdut di era modern seperti sekarang.

Di berbagai genre musik, jenis drum yang dimainkan biasanya berupa drum set, yakni sekumpulan jenis drum yang digabungkan menjadi satu rangkaian. Drum set umumnya terdiri dari tom-tom, bass drum, snare drum, cymbal, dan hu-hat.

Cara memainkan drum adalah dengan dipukul memakai kayu berbentuk silinder dengan diameter 0.5-1 sentimeter. 

Jika kamu merasa memainkan drum terlalu sulit, kamu tidak perlu khawatir, saat ini banyak kursus-kursus musik yang disediakan untuk calon drummer hebat sepertimu.

Cymbal tangan, terlihat gampang dimainkan, tapi apakah segampang itu?

Ketika berbicara tentang drum set, cymbal kerap disebut sebagai salah satu bagian dari rangkaian drum tersebut.

Ternyata cymbal sendiri bisa dimainkan tanpa harus “bergabung” dengan drum set, lho! Jenis alat musik ritmis ini dikenal sebagai cymbal tangan.

Cymbal tangan merupakan alat musik berbentuk piringan lebar yang terbuat dari logam dengan sedikit cekungan di bagian tengahnya. Ujung cekungan tersebut biasanya dibuat sebagai melekatkan tali di mana tangan kita berpegangan saat alat tersebut dimainkan. 

Untuk memainkan cymbal tangan, kamu hanya perlu menempatkan tangan pada tali yang telah disediakan. Setelah itu, benturkan atau gesek cymbal satu sama lain hingga mengeluarkan bunyi yang dibutuhkan.

Meskipun terlihat mudah, memainkan cymbal tangan juga perlu dipelajari, lho! Setidaknya kamu harus paham soal tempo musik.

Tamborin, alat musik ritmis lain yang melegenda

Meskipun tamborin kerap dikenal sebagai alat musik ritmis modern, ternyata alat musik ritmis yang satu ini sudah ada sejak zaman dahulu, lho!

Alat musik ritmis modern yang melegenda ini berasal dari Eropa. Namun nama dan penggunaannya sudah sangat mendunia. Dulu tamborin bahkan banyak dimainkan oleh kelompok pemusik dari kaum tentara Turki.

Di Indonesia sendiri, alat musik yang satu ini banyak digunakan di berbagai acara, mulai dari perayaan ulang tahun, acara dangdut dan musik lainnya, bahkan acara gereja. 

Tamborin sendiri terdiri dari simbal-simbal kecil (cymbal) yang dimainkan dengan cara digoyangkan agar bunyinya terdengar.

Meski terlihat sederhana, tidak semua orang bisa mahir memainkan instrumen yang satu ini.

So, itu dia 3 alat musik ritmis modern yang bisa kamu pelajari agar kamu bisa terlihat lebih keren!

Sembari mempelajari instrumen musik, yuk cobain VELO, produk kantong nikotin pertama di Indonesia, yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Berbagai varian rasanya bisa kamu pilih sesuai selera. Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain.

Related Articles

Leave a Reply