Pantai Pandawa Bali: Sejarah, Fasilitas & Harga Tiket Masuk

Pantai Pandawa Bali merupakan objek wisata yang masih terbilang baru di Pulau Dewata. Pantai yang berlokasi di Desa Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Bandung, Bali ini menjadi salah satu destinasi yang cukup favorit untuk saat ini. Pantainya yang bersih dan pemandangannya yang indah seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Selain karena keindahannya, pantai ini juga menawarkan berbagai fasilitas seru di dalamnya. Penasaran? Apa saja fasilitas yang tersedia di Pantai Pandawa? Namun, sebelum itu yuk simak sejarah tentang Pantai Pandawa yang belum banyak diketahui selama ini:

Sejarah Pantai Pandawa – Bali

Pembukaan Pantai Pandawa dimulai pada tahun 2010. Awalnya pantai ini dikenal dengan nama Pantai Kutuh oleh masyarakat sekitar karena lokasinya yang berada di Desa Kutuh, Kabupaten Badung, Bali. Karena memiliki potensi untuk dijadikan kawasan wisata, akhirnya pihak Pemerintah Kabupaten Bali mulai melakukan pembukaan tebing kapur untuk akses jalan menuju pantai.

Nama ‘Pandawa’ diambil dari kisah Mahabharata yang beranggotakan Arjuna, Bima, Yudistira, dan si kembar Nakula dan Sadewa. Dalam kisahnya, kelima anggota ini sempat terkurung di dalam Goa Gala-Gala. Untuk menyelamatkan diri, kelimanya lantas membuat sebuah terowongan sebagai jalan untuk keluar. Dulunya, terowongan ini merupakan hutan belantara yang angker. Karena kerja keras kelimanya, hutan yang dulunya angker diubah menjadi sebuah kerajaan besar bernama Amertha.

Dari kisah inilah nama ‘Pandawa’ kemudian disematkan untuk pantai ini. Tepat pada 27 Desember 2012, Pantai Pandawa resmi dibuka. Sejak saat itulah, pesona Pantai Pandawa terus diminati dan menjadi salah satu destinasi favorit di Pulau Bali.

Fasilitas & aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Pandawa

Meski termasuk tempat wisata baru di Pulau Dewata, namun pesona Pantai Pandawa tak kalah dari tempat-tempat wisata Bali lainnya. Selain memiliki tebing yang cantik dan eksotis, Pantai Pandawa juga memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir putih yang membentang di sekelilingnya. Pantainya tergolong bersih dan belum banyak pencemaran.

Diantara deretan tebing yang tinggi juga terdapat patung Panca Pandawa yang dibuat seolah mirip dengan tokoh asli  Arjuna, Bima, Yudistira, dan si kembar Nakula dan Sadewa. Selain itu, daya tarik lainnya dari pantai ini adalah fasilitasnya yang lengkap. Ada banyak aktivitas seru dan mengasyikan yang bisa kalian nikmati di sana, antara lain:

1.      Berselancar

Buat kalian yang suka dengan aktivitas selancar, datang ke Pantai Pandawa sekitar bulan Oktober hingga April sepertinya jadi pilihan menarik. Dimana pada bulan-bulan tersebut ombak di Pantai Pandawa lebih tinggi sehingga cocok untuk berselancar.

2.      Snorkeling

Jika ingin melihat keindahan bawah lautnya, bisa nih mencoba bersnorkeling. Kalian hanya perlu membayar Rp70.000 – Rp125.000 untuk menikmati keindahan terumbu karang selama 60 menit. Harga disesuaikan dengan spot snorkeling yang ditawarkan ya!

3.      Berenang

Berenang di pinggir pantai? kenapa tidak! Buat kalian yang ingin bermain air sambil menikmati deburan ombak, berenang adalah aktivitas paling seru yang bisa kalian nikmati. Jika membawa anak-anak, bisa ajak mereka untuk bermain air di bibir pantai. Namun tetap dalam pengawasan ya.

4.      Bermain Kano

Buat yang tidak mau basah-basahan namun ingin melihat keindahan terumbu karang. Berkeliling dengan perahu kano adalah pilihannya. Perahu dengan ukuran kecil ini bisa digunakan 1 – 2 orang. Untuk harga sewanya, kalian hanya perlu mengeluarkan Rp50.000 – Rp70.000 per jam.

5.      Paralayang

Kalau ingin memacu adrenalin yang lebih ekstrim lagi, kalian bisa mencoba bermain paralayang. Dimulai dari Bukit Timbis lalu terbang mengelilingi pantai. Kalian bisa menikmati pemandangan di sekitar Pantai Pandawa dari atas. Untuk permainan paralayang, harga sewanya sekitar Rp 400.000 sudah plus pemandu.

6.      Pijat Refleksi

Setelah asyik berkeliling pantai, pasti tubuh terasa pegal dan capek. Tenang, di Pantai Pandawa kalian bisa menikmati jasa pijat refleksi. Untuk tarifnya sekitar Rp40.000 – Rp130.000 per orang.

7.      Melihat Budidaya Rumput Laut

Bukti terjaganya kealamian Pantai Pandawa juga bisa kalian nikmati dengan melihat budidaya rumput laut yang ada disana. Kalian bisa menemui sejumlah petani yang sedang menanam bibit rumput laut. Bukan hanya melihat, jika mau kalian juga bisa belajar langsung teknik budidaya rumput laut kepada para petani yang ada di sana.

8.      Kuliner dan Berburu Souvenir

Selain menikmati aktivitas seru, kalian juga bisa menikmati santapan kuliner yang ada di sepanjang jalan menuju pantai. Selain itu, kalian juga bisa sekaligus berburu souvenir sebagai oleh-oleh untuk keluarga yang ada di rumah.

9.      Hunting Foto

Hal yang tidak boleh ketinggalan saat kalian berkunjung ke Pantai Pandawa adalah berfoto. Pemandangannya yang indah sangat sayang jika tidak diabadikan dalam momen kamera.

Selain fasilitas permainan, Pantai Pandawa juga menyediakan sejumlah fasilitas umum lainnya, seperti area parkir yang sangat luas, toilet, kamar ganti dan bilas, mushola, dan lainnya. Sedangkan untuk wisatawan luar kota dan turis manca, ada beberapa fasilitas hunian yang bisa disewa, seperti hotel, villa, hingga penginapan biasa. Untuk harga sewa hunian mulai dari Rp500.000 per malam.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa Bali

Wisata Pantai Pandawa yang lengkap dengan segala fasilitas dan aktivitas seru ini ternyata tidak membutuhkan biaya yang mahal. Untuk bisa masuk ke sana pengunjung hanya perlu mengeluarkan budget Rp8.000/orang untuk tiket masuk, Rp2.000 untuk parkir motor, dan Rp5.000 untuk parkir mobil atau kendaraan roda empat lainnya.

Biar liburan ke Pantai Pandawa makin seru dan asyik, ada si kantong kecil Velo yang bisa kalian bawa kemana saja. Velo merupakan produk inovatif berupa kantong nikotin bebas tembakau, tanpa asap, tanpa bau, yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Berbagai varian rasanya bisa kamu pilih sesuai selera. Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain. Produk ini sangat recomended buat kalian yang tidak ingin ribet karena praktis dan pop set & go.

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply