Pantai Mutiara Trenggalek: Info Wisata, Rute, dan Biaya

Kabupaten Trenggalek memiliki sejumlah destinasi wisata pantai cantik seperti Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, hingga Pantai Damas. Selain itu, ada satu pantai lagi yang punya keindahan alam eksotis, yaitu Pantai Mutiara Trenggalek.

Pantai Mutiara masih termasuk kawasan laut selatan dan belum lama ini sempat viral. Sejauh ini, sebagian wisatawan yang datang masih didominasi oleh warga Trenggalek dan sekitarnya.

Nah, kalau kamu butuh referensi pantai eksotis yang belum terlalu ramai pengunjung, sebaiknya kamu pertimbangkan pantai yang satu ini. Berikut informasinya:

Daya Tarik Wisata Pantai Mutiara Trenggalek

Pantai Mutiara Trenggalek
Image source: Travelspromo.com

Pantai Mutiara sebenarnya masih dalam proses pengembangan sebagai kawasan wisata. Kelompok masyarakat bekerjasama dengan Perhutani turut terlibat dalam pengelolaan proyek ini.

Namun, daya tariknya membuat orang-orang tetap ingin berkunjung meskipun statusnya belum dideklarasikan sebagai tempat wisata.

Berikut beberapa daya tariknya:

Kontur Lingkungan & Panorama yang Indah

pantai mutiara trenggalek
Image source: Travelspromo.com

Selaras dengan namanya, hamparan pasir putih luas dan landai berpadu dengan panorama laut biru membuat Pantai Mutiara Trenggalek secantik mutiara. Di sisi seberang, nampak gugusan bukit hijau menghiasi pemandangan.

Keindahan panorama ini memang terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja tanpa diabadikan. Selain berfoto di tepian pantai, wisatawan juga bisa berfoto dari atas bukit.

Selain itu, spot ini juga sangat cocok untuk menyaksikan pemandangan sunset. Pemandangan ini akan menjadi penutup momen liburan akhir pekan menjadi semakin berkesan.

Bermain Air dengan Ombak yang Bersahabat

Image source: Headtopics.com

Pantai Mutiara terletak di salah satu sudut teluk kawasan Prigi. Di sepanjang teluk ini memang terdapat beberapa pantai favorit untuk rekreasi.

Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Karanggongso sudah lebih lebih dulu populer. Pantai Mutiara lantas menyusul, dengan lokasinya yang agak tersembunyi di ujung Jalan Pantai Prigi.

Karena berada di kawasan teluk, pantai ini terlindung dari serbuan angin laut selatan. Dengan begitu, ombak laut pun menjadi lebih aman dan bersahabat untuk tempat bermain air.

Berbagai Sarana Rekreasi

Pantai Mutiara Trenggalek
Image source: Travelspromo.com

Selain suasananya yang tenang dan memiliki panorama cantik, kamu juga bisa menikmati berbagai sarana rekreasi mulai dari kano, kayak, perahu, banana boat, hingga snorkeling.

Ongkos untuk mencicipi sarana-sarana tersebut tergolong murah. Selain itu, tersedia juga layanan pemandu bagi wisatawan yang belum berpengalaman.

Rumah Apung

Image source: KSMTour.com

Tak jauh dari bibir pantai, kita bisa melihat sebuah rumah yang terapung di permukaan laut. Rumah Apung ini bisa dijangkau dengan menaiki perahu dari area pantai.

Di tempat ini pengunjung bisa mendapatkan pengalaman rekreasi bahari yang berbeda. Rumah yang dibangun tahun 2016 itu merupakan tempat budidaya ikan kerapu. Tempat yang disebut ‘apartemen ikan’ ini juga merupakan tempat budidaya terumbu karang.

Wisatawan yang berkunjung kemari bisa mencoba snorkeling di kolam ikan kerapu. Area kolam tidak terlalu luas, sehingga cocok juga untuk dicoba anak-anak. Di sekitar bangunan, wisatawan juga boleh mencoba berkeliling dengan kayak atau kano.

Rute Menuju Pantai Mutiara

Image source: Travelspromo.com

Pantai Mutiara Trenggalek berada di kawasan tepi jalur lintas selatan atau tepatnya di Dusun Karanggongso, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Tidak sulit untuk menjangkaunya. Dari pusat Kota, perjalanan yang harus ditempuh yaitu sekitar 37 KM. Dibutuhkan waktu kurang-lebih 1,5 jam menggunakan sepeda motor untuk tiba di lokasi.

Wisatawan bisa memilih rute Jalan Gandusari – Trenggalek atau jalan Gandusari – Durenan. Arahkan kendaraan ke arah selatan hingga Jalan Raya Bandung – Prigi. Kemudian lanjut menuju pertigaan Jalan Prigi.

Dari pertigaan, belok ke kiri melewati Polsek Watulimo dan lurus terus hingga menemukan belokan ke arah kanan ke Jalan Raya Pantai Tasikmadu.

Sebelum pertigaan Patung Ikan Pantai Prigi, belok kiri dan ikuti jalan menyusuri bukit di pinggir kawasan pantai wisata lainnya. Wisatawan akan melewati gerbang Pantai Pasir Putih, Simbaronce, Karanggongso, dan Mbangko’an sebelum mencapai pantai Mutiara.

Biaya Tiket & Jam Operasional Pantai Mutiara Trenggalek

Image source: SINDOnews

Untuk masuk ke Pantai Mutiara Trenggalek, wisatawan tidak perlu membayar mahal. Cukup dengan biaya Rp5.500 saja. Selain itu, ada biaya fasilitas lainnya yang tetap terjangkau.

  • HTM: Rp5.500
  • Parkir: Rp5.000 – Rp10.000
  • Ongkos perahu ke Rumah Apung: Rp10.000
  • Perahu kano/kayak: Rp20.000
  • Apartemen Ikan/Snorkeling: Rp10.000

Pengunjung bisa datang pada hari dan jam yang tidak dibatasi. Pantai ini terbuka 24 jam untuk dikunjungi kapanpun. Waktu terbaiknya yaitu ketika sore hari menjelang matahari terbenam. Namun, selama masa pandemi ini ada pembatasan jam masuk untuk mencegah kerumunan orang.

Nah, demikianlah info seputar Pantai Mutiara Trenggalek untuk menambah referensi tujuan wisatamu. Simak terus info dan tips wisata menarik lainnya bersama VELO, kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang bisa dinikmati kapan saja, dimana saja, bebas asap dan tanpa ribet!

Tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropic Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Produk nikotin ini dikhususkan untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang hamil atau menyusui, dan bisa menyebabkan kecanduan.

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply