Pantai Mutiara, Spot Ciamik untuk Menikmati Sunset di Jakarta

Menilik daya tarik wisata di Jakarta, nampaknya sebagian besar orang akan skeptis jika ditanya soal wisata alamnya. Yang terlintas dalam benak kita seringkali hanya berkutat seputar monumen, pusat perbelanjaan, atraksi hiburan berteknologi canggih, peninggalan bersejarah, atau kuliner. Kendati begitu, kita juga masih bisa menemukan pantai-pantai indah yang tersisa di beberapa sudut kota, seperti Pantai Mutiara di Jakarta Utara.

Jangan samakan pantai ini dengan ‘pantai artifisial’ di beberapa kawasan wisata Jakarta lainnya. Pantai Mutiara bisa dinikmati sepenuhnya berkat keindahan pantainya. Bukan karena keseruan atraksi-atraksi yang sengaja dibuat untuk menarik minat wisatawan.

Lokasinya berada di area perumahan elit. Namun, pantai ini terbuka secara gratis untuk siapa saja, khususnya jika kamu ingin menikmati pemandangan sunset.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Mutiara

Pantai Mutiara
Source: ohana.wedding

Pantai Mutiara berlokasi di Jalan Pantai Mutiara, Penjaringan, Jakarta Utara. Untuk tiba ke lokasinya, pengunjung bisa menaiki bus Kopami P 02 yang berangkat dari arah Muara Angke dan nantinya tinggal turun di apartemen Pantai Mutiara di Pluit.

Sedangkan bagi pengunjung yang berangkat dari Bekasi, bisa menaiki bus Mayasari Bakti AC29 dan turun di Grogol. Setelah tiba di Grogol, lanjutkan perjalanan menggunakan angkutan kota B01 dan turun di apartemen Pantai Mutiara Pluit.

Satu lagi bagi pengunjung yang ingin menggunakan kereta commuter line, kamu bisa turun di stasiun Jakarta Kota. Jika sudah sampai di sana, lanjutkan dengan bus Kopami P02 dan turun lokasi yang sama seperti rute sebelumnya.

Jam Operasional

Source: Bersapedahan.wordpress.com

Bagi pengunjung yang bukan penghuni kompleks, Pantai Mutiara bisa dikunjungi mulai pukul 5 dini hari dan ditutup jam 11 malam. Namun, jam operasional tersebut seringkali berubah sewaktu-waktu, terutama jika terdapat gelaran acara, perayaan, atau kegiatan-kegiatan lain yang menghambat aktivitas di pantai.

Kamu tidak perlu khawatir soal tiket masuk. Seperti yang sudah disinggung di awal, pantai terbuka secara gratis untuk siapa saja, meskipun bukan penghuni kompleks perumahan. Pengunjung dihimbau agar selalu menjaga kebersihan pantai dan tidak membuat kegaduhan. Ingat, pantai ini selalu dijaga dan diawasi oleh petugas keamanan kompleks.

Berbagai Aktivitas Seru di Pantai Mutiara

Source: Missnidy.com

Pantai Mutiara biasanya mulai dipadati pengunjung pada pukul 4 sore, karena waktu ini adalah saat terbaik untuk menikmati pemandangan pantai menjelang sunset. Kalau kamu ingin berkunjung kesini, sebaiknya sediakan makanan dan minuman sendiri untuk menemani momen santai di pinggir pantai, karena disini cukup jarang dijumpai pedagang.

Pantai ini terbagi menjadi 3 bagian, bagian pertama merupakan pantai dengan pepohonan yang dibatasi tembok pemisah dan terdapat bak pasir untuk arena bermain anak. Bagian kedua ditempati area bangunan mulai dari restoran, mushola, dan markas TNI AL. Dan bagian paling akhir adalah area taman.

Berikut aktivitas-aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Mutiara:

1. Menikmati Sunset Di Pantai Mutiara

Pantai Mutiara
Source: Pixabay

Aktivitas paling utama di Pantai Mutiara tentu saja menikmati sunset. Pantai Mutiara punya arah muka pantai yang ideal untuk menyaksikan sunset. Maka dari itu, pastikan baterai smartphone kamu tersisi penuh agar bisa menangkap momen sunset di pantai ini.

Selepas matahari tenggelam, jangan langsung buru-buru beranjak pulang. Pemandangan saat blue hours disana enggak kalah cantik. Pantulan cahaya lampu dari gedung-gedung pencakar langit Jakarta di permukaan laut akan memberikan nuansa melankoli yang sayang untuk dilewatkan.

2. Jalan-Jalan Menyusuri Garis Pantai

Source: Storyblocks

Selain menikmati panorama sunset, pengunjung juga bisa melepas penat sambil berjalan-jalan di sepanjang garis pantai. Kebersihan lingkungan di sekitar pantai cukup terawat baik, sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan saat menyusurinya.

Sambil berjalan-jalan, kita juga bisa melihat rumah-rumah mewah di sekitaran pantai. Kompleks perumahan ini jauh sekali dari kesan sumpek dan semrawut, yang ada justru suasana eksotis dan menawan. Beberapa rumah mewah di kompleks ini dilengkapi dengan dermaga pribadi di halaman belakangnya. Masing-masing rumah terhubung langsung ke laut melalui dermaga tersebut.

3. Hangout Santai di Jetski Café

Source: Tempat.com

Sangat disayangkan jika berkunjung ke Pantai Mutiara tanpa menyempatkan diri duduk-duduk santai di Jetski Cafe. Selain sebagai tempat ngopi, cafe ini juga merupakan pusat jetski di Jakarta. Pengunjung akan melihat berbagai bentuk jetski yang beragam.

Area kuliner di Jetski Cafe terdiri dari tiga bagian. Jika ingin menikmati suasana tenang untuk menikmati sajian cafe, pengunjung bisa pilih lokasi di bagian dalam. Tapi jika ingin menikmati hembusan angin laut sambil menikmati pemandangannya, kamu bisa menempati sisi sebelah kiri dengan kursi ayunan. Kemudian ada juga sisi lain dengan pemandangan pantai.

Jetski Cafe dibuka sejak pukul 4 sore hingga tengah malam. Cafe ini sangat cocok untuk hangout santai sambil menyaksikan sunset sekaligus menghabiskan waktu bersama keluarga, pasangan, atau teman.

4. Berburu Foto

Source: Pantai Mutiara Sports Club

Keindahan pemandangan laut yang disuguhkan pantai ini membuatnya cocok sebagai lokasi berburu foto. Salah satunya tentu saja memotret momen sunset di tepian pantai. Kamu bisa mengumpulkan stok foto untuk mewarnai feed Instagram sekaligus mengasah kemampuan fotografi.

Ada banyak angle yang bagus untuk mendapatkan foto menarik. Mulai dari perairan, pasir pantai yang indah, perumahan elit, hingga obyek-obyek benda yang ada di sekitar Pantai Mutiara.

Nah, demikianlah info seputar Pantai Mutiara untuk menambah referensi tujuan wisatamu. Simak terus info dan tips wisata menarik lainnya bersama VELO, kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang bisa dinikmati kapan saja, dimana saja, bebas asap dan tanpa ribet!

Tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropic Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Produk nikotin ini dikhususkan untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang hamil atau menyusui, dan bisa menyebabkan kecanduan.

Hengky
Crafting stories about social issues, pop culture, & common knowledge.

Related Articles

Leave a Reply