Panduan Perjalanan ke Ranu Kumbolo Untuk Pemula!

Siapa yang tidak ingin melakukan perjalanan ke Ranu Kumbolo, bukan? Keindahan pemandangan yang memukau membuat banyak pendaki pemula yang mencoba bepergian ke sana. Namun, jika kamu belum pernah mendaki, perjalanan ini akan terasa sangat berat.  

Walaupun kamu hanya akan berhenti di Ranu Kumbolo dan tidak melanjutkan perjalanan ke Gunung Semeru, tetaplah tidak mudah. Soalnya, trek pendakian yang cukup lumayan melelahkan demi menjangkau Danau yang berada pada ketinggian 2.389 meter di atas permukaan laut. Kamu akan membutuhkan waktu selama 2 hari 1 malam saja nih, jika perhentian terakhir kamu Ranu Kumbolo. 

Nah, biar perjalanan kamu ke Ranu Kumbolo terasa sedikit ringan bagi pemula, bagaimana kalau kalian mencatat panduan singkat untuk mendaki Ranu Kumbolo berikut ini! 

1. Persiapkan Rancangan Perjalanan Menuju Semeru

Sebelum melakukan perjalanan ke rute Gunung Semeru, kamu harus melakukan persiapan nih. Pertama, kamu diharuskan untuk melakukan pendaftaran di situs Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dengan menyiapkan kartu identitas, mengisi form pendaftaran yang sudah didownload dan surat keterangan sehat.  

Setelah melakukan pemesanan di situs web, kamu akan diminta melakukan pendaftaran ulang di Ranu Pani dengan meninggalkan kartu identitas sebagai jaminan. Kamu baru bisa mengambil kartu identitas saat selesai melakukan pendakian dengan menukarkan sampah pribadi kamu. Pada tahapan ini lah kamu akan diberikan briefing singkat oleh relawan agar perjalanan pendakian kamu aman. 

2. Estimasi Pendakian ke Ranu Kumbolo 

Pendakian ke Ranu Kumbolo akan dimulai dari Ranu Pani, tempat kamu melakukan registrasi ulang. Awalnya, jalur yang akan dilewati terbilang cukup landai dan sedikit menanjak di awal. Perjalananmu akan terasa mudah, namun setelah masuk dari Pos 2 ke Pos 3 kamu akan berhadapan dengan jalur yang sudah mulai naik turun namun tidak curam. Selanjutnya, saat melakukan perjalanan ke Pos 4, jalur akan mulai menanjak dan curam tepi landai setelah cukup dekat dengan Ranu Kumbolo. 

Kira-kira estimasi perjalanan ke Ranu Kumbolo akan memakan waktu sekitar 4 jam jika perjalanan kamu lancar.  Sedikit tips buat kamu yang masih pemula, menjelang keberangkatan lebih baik sisihkan 30 menit setiap hari untuk berjalan kaki.  

3. Jangan Lewatkan Tanjakan Cinta dan Oro-oro Ombo 

Sesampainya di Ranu Kumbolo dan telah mendirikan tenda, sebaiknya kamu menyisihkan waktu untuk mendaki tanjakan cinta dan oro-oro ombo untuk menikmati pemandangan indah dari ketinggian bukit.  

Konon, ketika kamu sedang menanjak tanjakan cinta, kamu disarankan untuk tidak menoleh ke belakang supaya dipermudah dalam mencari jodoh. Tidak jauh dari tanjakan cinta, kamu akan menyaksikan oro-oro ombo atau hamparan bunga-bunga jenis verbana yang luas. Dari atas sana, kamu bisa menikmati puncak Gunung Mahameru juga, loh. 

Sebelum menjelang siang, ada baiknya kamu segera turun agar perjalanan pulang ke kota Malang tidak kemalaman. Karena perjalanan turun pun membutuhkan waktu 4 jam.  

Saat perjalanan naik atau turun sangat disarankan untuk tidak merokok ya, karena asapnya dapat mengganggu pendaki lainnya. Salah satu alternatif lain yang bisa kamu coba yaitu dengan membawa VELO, kantong nikotin yang diperuntukkan bagi kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas, bukan perempuan hamil atau menyusui, sebagai salah satu teman dalam perjalanan kamu! Cocok dibawa saat melakukan perjalanan ke alam bebas, karena VELO tanpa asap.  

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply