Padang Savana Dieng, Keindahan Tersembunyi di Negeri Atas Awan!

Bukan cuma Baluran atau Bromo saja yang punya keindahan panorama alam yang menakjubkan. Dataran tinggi Dieng di Jawa Tengah yang dijuluki sebagai negeri atas awan, pun juga punya yang kalah memukau. Padang Savana Dieng, salah satunya.

Letaknya yang sedikit tersembunyi, membuat padang savana ini kerap dianggap sebagai hidden gems dari dataran tinggi Dieng. Agar bisa menikmati keindahannya pun harus dengan usaha ekstra. Penasaran, seperti apa keindahan padang savana yang ada di negeri atas awan Dieng? Yuk simak selengkapnya!

Kisah dibalik Padang Savana Dieng

Source: @ryandimy on Instagram

Di savana Dieng, kamu bakal disuguhi pemandangan padang rerumputan yang sangat mempesona. Sekilas, padang rerumputan tersebut mirip dengan telaga namun sudah tertutupi semak belukar dan rumput. 

Cekungan tersebut dikenal dengan sebutan Telaga Semurub, karena dulunya merupakan sebuah telaga yang airnya telah surut. Banyak cerita masyarakat setempat yang menghiasi asal usul telaga tersebut. Salah satunya, cerita tentang kakak beradik penggembala yang bertikai. 

Jalur yang sedikit menantang

Padang Savana Dieng
Source: @ghifar_iqbal on Instagram

Berada di lereng Gunung Pangonan, dijamin kamu bakal takjub dengan pesona yang dimiliki savana Dieng. Agar bisa menikmati keindahannya, lebih dulu kamu harus menaklukan jalur trek yang bisa dibilang cukup menantang. 

Jalanan setapak penuh bebatuan dan menanjak harus kamu lalui selama perjalanan. Karena kawasan ini sering turun hujan rintik-rintik, sehingga jalan yang dilalui akan lebih licin, jadi kamu harus lebih ekstra hati-hati. Tapi tak perlu khawatir, karena pengelola sudah membuat pegangan yang terbuat dari bambu sepanjang jalan setapak tersebut. 

Selama perjalanan kamu bakal disuguhi pemandangan khas dataran tinggi yang mengesankan yang pastinya jarang sekali ditemui di perkotaan. Kicauan burung, Padang rerumputan yang terhampar luas, semilir angin yang begitu sejuk, ditambah kabut tipis benar-benar seperti berada di negeri atas awan. Semua penat yang terasa selama perjalanan bakal terangkat seketika. 

Spot kece buat foto instagenik

Source: @dinarh1611 on Instagram

Selain bagus buat refresh pikiran, suasana di Padang Savana Dieng rasanya sayang kalau tidak diabadikan. Setiap sudutnya sangat menarik yang bisa diabadikan saat melakukan perjalanan ke dataran tinggi Dieng.  Tak jarang, lokasi tersebut bahkan dijadikan background untuk foto prewedding. Untuk datang menikmati suasana epik di sini, kamu bisa memilihnya sesuai musim.

Ketika kamu datang di musim kemarau, kamu bakal menemukan padang sabana dengan rumputnya yang berwarna coklat keemasan. Seperti yang ada di benua Afrika. Sementara di musim hujan, rerumputan akan berubah warna kembali menghijau dan tambah bikin adem.

Lokasi Menuju Padang Savana Dieng

Padang Savana Dieng
source: @diengxyz on Instagram

Lokasinya yang berjarak kurang lebih 26 km dari pusat kota, setidaknya butuh waktu sekitar 1 jam dengan kendaraan pribadi untuk sampai ke Padang Savana Dieng. Jika kamu memang berencana ingin menjelajahi hidden gem dari dataran tinggi Dieng ini, pastikan untuk menyiapkan baju hangat.

Sebab suhu di sekitar lokasi bisa mencapai hingga 14°C di musim hujan. Selain itu, jangan lupa kenakan alas kaki yang nyaman supaya di perjalanan kaki tidak terluka. Hanya dengan merogoh kocek Rp 10.000,- kamu sudah bisa menikmati keindahan Padang Savana Dieng yang mempesona!

Untuk menemani kamu di perjalanan, cobain aja VELO. Produk nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang dikemas dalam kemasan kantong kecil. Tersedia dalam berbagai macam rasa yang unik, VELO bisa jadi cara baru menikmati produk nikotin bebas dan tanpa bau asap.

Produk ini khusus dibuat untuk kamu yang sudah berusia 18+, pengguna produk nikotin, bukan perempuan hamil dan menyusui.

Related Articles

Leave a Reply