Padang Savana dengan Pemandangan Memukau di Indonesia, Yakin Gak Pengen Kesana?

Padang Savana merupakan sebuah padang rumput yang luas, di Indonesia sendiri kerap disebut dengan sabana. Padang rumput tersebut banyak dipenuhi semak belukar atau perdu dan diselingi beberapa jenis pepohonan yang tumbuh menyebar, misalnya akasia dan palem. Ekosistem ini umumnya terbentuk di antara kawasan subtropis dan tropis.

Ekosistem sabana sendiri juga banyak ditemukan di wilayah Indonesia, dengan keanekaragaman pesona yang dimilikinya. Beberapa bahkan menjadi sebagai destinasi wisata favorit, karena keindahan yang dimiliki memang begitu luar biasa. Penasaran seperti apa padang savana di Indonesia yang punya pemandangan yang memukau. Simak ulasan berikut selengkapnya:

1. Padang Savana Bekol – Taman Nasional Baluran

Padang Savana Baluran

Source: @farid.anwar_photo via instragram.com

Berada di tengah kawasan Taman Nasional Baluran yang letaknya di kabupaten Situbondo – Jawa Timur, padang savana Bekol menyuguhkan pemandangan yang begitu mengagumkan. Padang Savana ini bahkan disebut-sebut menjadi yang terluas di pulau Jawa. 

Berbatasan langsung dengan Selat Madura di sebelah utara dan Selat Bali di sebelah timur, sabana ini cukup mudah dijangkau. Berbagai flora dan satwa liar bisa kamu temukan di Taman Nasional ini dan hidup di sekeliling Padang sabana. Mulai dari banteng, kerbau liar, rusa, merak dan banyak lagi yang lainnya. 

2. Padang Savana Bromo, Gunung Bromo – Jawa Timur

Padang Savana Bromo

Source: @bromoupdate via instagram.com

Masih di Jawa Timur, ada satu lagi padang savana yang punya pemandangan menakjubkan. Padang Savana Bromo,  merupakan hamparan sabana yang begitu luas di sisi selatan kaki gunung bromo. Sekilas, hamparan bukit-bukitnya nampak begitu mempesona seolah ada di dunia lain. 

Padang Sabana yang dikenal juga dengan nama Lembah Jemplang ini, bahkan jadi buruan para fotografer sebagai background foto. Tak heran jika banyak yang menyempatkan untuk mampir ke sini ketika menjelajahi Gunung Bromo. Suasananya yang tenang dan sejuk, membuat siapapun betah berlama-lama.  

3. Padang Savana Sembalun – Gunung Rinjani

Padang Savana Gunung Rinjani

Source: @orlen_arie via instagram.com

Ketika mendaki ke Gunung Rinjani, Sembalun menjadi jalur pendakian dari sisi Timur yang cukup ramai. Saat kamu melalui jalur pendakian ini, kamu akan disambut padang savana yang terhampar hampir sepanjang 6 km. Dimana luasnya membentang mulai dari basecamp Sembalun sampai Pos ke 3 yang berada di ketinggian sekitar 2.631 mdpl. 

Ketika cuaca sedang cerah, pemandangan di Padang Savana ini akan tampak begitu menakjubkan. Bisa dibilang, jika sabana Sembalun ini yang menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki Gunung Rinjani. Sejauh mata memandang, hamparan sabana yang menghijau seolah tak ada habisnya. 

4. Savana Merbabu – Gunung Merbabu

Padang Savana gunung Merbabu

Source: @merbabu_via_selo via instagram.com

Gunung Merbabu juga dikenal karena sabananya yang begitu indah. Padang savana Merbabu dapat ditemui jika kamu mendaki melalui jalur Selo. Bukan cuma hamparan Padang rumput yang luas dan hijau saja yang bakal kamu temui, tapi juga bukit-bukit yang sepintas mirip seperti pulau tak berpenghuni.

Saat menjelang matahari terbit, kamu bakal disuguhi pemandangan seperti di negeri atas awan. Karena banyak kumpulan awan yang berdatangan. Tak kalah menarik, padang savana Merbabu juga punya bunga abadi, edelweis yang cantik mempesona. 

5. Oro-oro Ombo – Gunung Semeru

Source: @dolankemari via instagram.com

Dikenal sebagai gunung berapi aktif yang paling tinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru juga memiliki sabana yang begitu mempesona. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan sebutan Oro-oro Ombo, maknanya “padang rumput yang sangat luas.” 

Tidak tanggung-tanggung, padang sabana yang satu ini bahkan memiliki luas tak kurang dari 100 ha. Setelah melewati sabana yang luas ini, kamu akan masuk ke kawasan yang disebut Cemoro Kandang. Dimana menjadi habitat dari sejumlah satwa liar, seperti kijang dan beberapa jenis burung.

6. Savana Puru Kambera – Sumba Timur

Source: @witatour via instagram.com

Di wilayah Indonesia bagian timur, juga ada padang savana yang tak kalah cantik dengan wilayah lainnya. Savana Puru Kambera, berlokasi di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Ekosistem sabana di sini begitu unik dan eksotis, ditumbuhi rerumputan berwarna coklat dan beberapa pohon yang menambah suasana tampak seperti di Afrika.

Menariknya lagi, kamu juga bakal disuguhi  pemandangan pantai yang begitu cantik disekitar padang savana dengan rerumputan yang menghijau. Tak sampai disitu saja, di padang savana ini juga jadi rumah kuda liar atau kuda Spandek yang jadi kebanggaan masyarakat Sumba. Di beberapa kesempatan, padang sabana ini bahkan jadi lokasi Parade Kuda yang jadi daya tarik tersendiri.

7. Savana Dieng – Dataran Tinggi Dieng

Source: @zenasibnu.xyz via instagram.com

Selanjutnya, ada padang savana Dieng yang juga menawarkan keindahan alam mempesona. Berada di kawasan lereng Gunung Pangonan, pemandangan yang ditawarkan bakal membuat siapapun terpesona. 

Untuk bisa menikmati keindahan padang rumput Dieng yang mempesona, kamu akan diuji dengan jalur trek yang menantang. Dengan jalan setapak yang penuh bebatuan, kamu harus lebih ekstra hati-hati saat menapakinya.

Setelah beberapa saat berjalan, kamu akan disuguhi pemandangan rerumputan yang hijau terhampar sepanjang mata memandang. Ditambah lagi dengan semilir angin dan kabut tipis, seolah memberikan ketenangan pada jiwa. Semua rasa lelah di perjalanan saat mendaki akan hilang tak terasa lagi.

Demikian tadi beberapa Padang Savana di Indonesia yang punya pemandangan yang menakjubkan. Saat menjelajahi padang rumput tersebut, penting untuk selalu menjaga lingkungan sekitar yang dilalui. Jangan buang sampah sembarangan ataupun membuat kerusakan. Agar kita tetap bisa menikmatinya hingga anak cucu nanti.

By the way, buat kamu pengguna rokok, sekarang ada cara baru buat merasakan sensasi nikotin bebas tembakau, lho! Cukup, bersama VELO kamu bisa merasakan sensasinya dimana saja, kapan saja, ngapain aja termasuk sambil traveling ke Padang Savana. 

Kantong nikotin VELO yang dibuat khusus untuk usia 18 tahun keatas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui ini tersedia dalam berbagai rasa pilihan yang seru, cocok banget buat kamu yang aktif. Tinggal ambil kantong VELO, selipkan di antara gusi atas dan gigi, lalu rasakan sensasinya selama 20-30 menit!

Related Articles

Leave a Reply