Lima Obat Capek Yang Dapat Mengatasi Lelah!

Seiring berjalannya waktu, saat kamu sudah memasuki pertengahan umur maka kamu akan mudah capek dan tidak selalu maksimal dalam mengerjakan sesuatu. Tentunya kamu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Lebih baik mengatasinya dengan obat capek, bukan?

Kamu tentu pernah merasakan kelelahan saat jam makan siang, ketika kamu menjadi tidak fokus dan mengantuk. Berada pada di posisi itu sangat melelahkan, kamu perlu mengatasinya agar energi kamu terisi kembali, ada beberapa obat capek yang bisa kamu lakukan agar menjadi produktif kembali berikut ini:

Obat Capek Agar Energi Kamu Kembali

1. Konsultasikan Kesehatan Kamu

Capek adalah gejala penyakit umum yang sering dirasakan banyak orang. Seperti orang-orang dengan penyakit diabetes, liver, anemia, tiroid dan gangguan tidur. Jika kamu secara terus menerus merasa capek, ini saatnya untuk mengkonsultasikan kesehatan kamu kepada dokter.

Terlebih lagi, jika kamu merasa lebih capek dari biasanya setelah melakukan pengobatan, berarti kamu tetap harus menanyakan kesehatan kamu kepada dokter.

2. Bergeraklah!

Beberapa penelitian menunjukan bahwa aktivitas yang melibatkan fisik dapat memberikan energi baru serta meningkatkan kualitas hidup seseorang. Dengan meluangkan waktu setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga, maka hal tersebut akan memberikan efek positif pada kesehatan kamu seperti meningkatkan kinerja pada jantung, paru-paru, dan otot.

Bayangkan seperti kamu mengisi bensin, pasti energi yang dikeluarkan akan lebih maksimal bukan? Dengan membiasakan diri berolahraga, akan mempengaruhi kualitas tidur kamu menjadi lebih baik lagi.

3. Lakukan Yoga atau Meditasi

Tidak hanya olahraga saja yang akan memberikanmu energi yang baru, yoga atau meditasi juga efektif untuk meningkatkan energi dan kesehatan kamu.

Saat yang tepat bukan untuk meregangkan otot-otot kamu? Karena penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oregon pada 135 pria dan wanita dari umur 65 hingga 85 tahun menyatakan bahwa setelah 6 minggu berpartisipasi pada yoga, terjadi peningkatan energi dan pikiran mereka lebih jernih dari sebelum melakukan yoga.

4. Konsumsi Banyak Air Putih

Seringkali orang-orang melupakan untuk meminum air, sehingga mereka rentan mengalami dehidrasi. Jika kamu mudah dehidrasi, maka bisa jadi itu penyebab kamu mudah capek dan kelelahan. Tidak hanya itu saja, dehidrasi akan membuat kamu tidak konsentrasi dan tidak maksimal dalam beraktivitas.

Cobalah untuk meminum banyak air agar mencegah terkena dehidrasi. Kamu dapat mengetahuinya saat mengecek urine waktu buang air kecil. Urine biasanya berwarna kuning pucat, jika urine kamu lebih gelap daripada itu maka kamu memerlukan air lebih banyak.

5. Tidur Lebih Awal

Kurangnya jam tidur dapat meningkatkan risiko kecelakaan, karena risiko tersebut menyebabkan kelelahan di siang hari. Salah satu solusi mudah yang harus bisa kamu terapkan adalah tidur lebih awal agar kamu mendapatkan kualitas tidur yang cukup.

Memiliki tidur yang cukup menyebabkan peningkatan energi yang lebih dan terhindar dari capek. Obat capek ini sudah dibuktikan pada penelitian yang dilakukan oleh Universitas Stanford pada tahun 2004. Dengan kebiasaan tidur yang baik, juga dapat memberikan manfaat kesehatan pada tubuh.

Jika kamu terbiasa tidur siang, cobalah untuk tidur selama 10 hingga 15 menit saja, karena dengan tidur kamu akan terhindar dari rasa capek. Namun, hindari tidur siang lebih dari 30 menit, karena akan membuat kamu sulit tidur saat malam hari.

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply