Mountain Biking Bali: 4 Spot Keren Dengan View Indah!

Pulau Bali selalu membuat siapapun kagum dengan panorama pemandangan indah di sudut pulau ini. Pesona Pulau Dewata ini terlihat seperti menghipnotis wisatawan lokal atau internasional untuk berkunjung ke Bali. Walaupun, kebanyakan dari mereka mengincar pantai biru dengan pasir putih untuk spot berlibur sambil menikmati sunset dan sunrise bahkan mountain biking bali.

Padahal, Bali memiliki hidden gem bagi wisatawan yang menginginkan liburan anti mainstream, apalagi yang memacu adrenalin. Aktivitas tersebut dikenal dengan nama mountain biking atau bersepeda di daerah gunung. 

Kawasan di perbukitan Buleleng bernama Bali Bike Park telah disulap menjadi tempat bersepeda bagi wisatawan yang suka dengan aktivitas ekstrim. 

Ternyata, Bali Bike Park menjadi tempat sepeda pertama di Bali yang lengkap dengan rintangan yang menantang. Penasaran, dimana tempat lainnya untuk mountain biking di Bali? 5 Rekomendasi spot keren berikut bisa jadi pilihan kamu! 

Rekomendasi Tempat Mountain Biking Bali 

1. Bali Bike Park 

Salah satu tempat pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Bali Bike Park. Di tempat ini, kamu bisa memilih tujuh jalur trek dengan tingkat kesulitan berbeda. Masing-masing jalur telah didesain khusus untuk dapat dinikmati dari pemula hingga yang sudah memenangkan piala kejuaraan mountain biking. 

Bali bike park terletak di Bali Utara, tepatnya di Buleleng di Bali. Sekali bermain, kamu diharuskan mengeluarkan budget mula dari Rp. 250.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 775.000 untuk wisatawan mancanegara. Untuk memudahkan pengunjung, kamu bisa mendaftar secara online di website bali bike park. 

Selain itu, kalian tidak perlu khawatir untuk membawa sepeda, karena di tempat ini menyediakan sepeda sewa dengan jenis downhill dan all mountain dengan biaya sewa sekitar Rp. 450.000 per hari 

2. Teras Sawah Jatiluwih 

Tahukah kamu kalau tempat ini menjadi sawah yang terkenal di seluruh dunia? Sejak tahun 2012, persawahan di Jatiluwih telah dilindungi oleh UNESCO. 

Bukan hanya keindahan alam yang menjadikan sawah terasering ini menjadi identitas budaya di Bali, namun, sistem pengelolaan saluran air dan bendung yang dikenal sebagai subak, yang ternyata sudah beroperasi selama 1200 tahun lamanya. 

Di teras sawah Jatiluwih, terdapat 17 rute bersepeda dengan rute yang menantang. Kamu akan melewati persawahan yang indah dengan udara segar yang menenangkan. 

3. Crater Rim Trail dan Pemandangan Laut Enduro 

Kamu bisa memilih rute mana yang ingin diambil, dengan pemandangan Gunung Batur atau laut biru yang menyegarkan mata. 

Kedua jalur ini dimulai pada ketinggian 1.700 meter dengan jalan berliku hingga ke permukaan laut. Crater Rim Trail, berada di tepi luar Gunung Batur, dengan pemandangan spektakuler di kiri dan kanan trek sepeda. 

Selain itu, Ocean View Enduro berada pada bukit dengan ketinggian 1.400 meter, melalui hutan, desa, dan persawahan. Jalur ini menjadi favorit bagi pemandu wisata. 

4. Rute Karangasem Hingga Amed 

Rute ini menjadi bagian paling terbaik bagi kebanyakan orang karena bersepeda melewati pinggiran pantai. Sebab, rute ini tidak memiliki jalan datar, bahkan dapat dipastikan kamu akan sekuat tenaga mendaki pada beberapa trek jalan. 

Tetapi, itu bukan menjadi sebuah masalah karena kamu akan dihadiahi dengan jalan berkelok-kelok, pemandangan laut dan desa kecil yang bisa kamu lihat dari ketinggian. 

Nah, siapa bilang berlibur ke Bali hanya ke pantai saja? Rekomendasi tempat mountain bike di atas bisa jadi pilihan destinasi kamu selanjutnya loh! 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply