Mount Agung Sunrise Trekking, Spot Trail Run dengan Panorama Cantik

Di mata para pendaki, Gunung Agung punya sisi menariknya tersendiri. Gunung ini terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang menawan. Maka tak heran Gunung Agung kerap menjadi lokasi run trail bagi para pendaki. 

Berlokasi di Kabupaten Karangasem, gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.014 meter di atas permukaan laut dengan cekungan kawah yang besar dan dalam. 

Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Agung, para pendaki punya dua jalur yang biasa digunakan, yaitu melalui basecamp Pura Pasar Agung di Kecamatan Selat dan Pura Besakih di Kecamatan Rendang.

Mendaki Gunung Agung via Pura Pasar Agung

Mount Agung Sunrise Trekking
Image source: Mande Blog

Perjalanan menuju puncak tertinggi di pulau Bali ini dimulai atau mengambil start point dari Pura Pasar Agung di desa Sebudi Karangasem, pura ini terletak di lereng gunung sehingga berhawa dingin. 

Tersedia pula lahan parkir yang cukup luas. Jika kamu membawa kendaraan, maka kamu bisa parkir di sini dengan aman. 

Perjalanan dari bandara Ngurah Rai atau Denpasar untuk menuju start point mendaki Gunung Agung di Karangasem ini sekitar 2 jam berkendaraan, melalui desa Sebudi – Selat, Kabupaten Karangasem. 

Dengan jalur trekking bagian lereng sebelah selatan, tapi beberapa ada yang memakai jalur pendakian dengan start point pura Besakih yang juga merupakan objek wisata di wilayah Bali Timur. 

Namun yang paling direkomendasikan adalah jalur Pura Pasar Agung di desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem, karena lebih dekat.

Ada dua pilihan tujuan pendakian, yaitu puncak 1 dan puncak 2. Untuk rute puncak 1 bisa ditempuh melalui melalui jalur Barat, kamu akan diantar pada ketinggian puncak sekitar ± 3.044 mdpl mulai pendakian sekitar jam 12.00 malam, karena perjalanan menuju puncak tertinggi ini sekitar 5-6 jam.

Jalur Pendakian via Pura Besakih

Mount Agung sunrise trekking
Image source: iccer.ce.its.ac.id

Selain jalur Pura Pasar Agung, Mount Agung sunrise trekking juga bisa ditempuh melalui jalur Pura Besakih. Jalur ini dipenuhi pemandangan alam yang menawan, lewat jalur ini pendaki juga bisa menyaksikan Pura Besakih, pura terbesar di Pulau Bali. 

Jalur ini bisa memulai perjalanan dari Kota Denpasar ke arah utara dengan menempuh jarak sekitar 25 km. Mengingat trek via jalur ini cukup sulit, para pendaki diharuskan menggunakan jasa ranger pendamping. Titik awal pendakian jalur Pura Besakih sendiri berada di ketinggian 1.250 mdpl.

Selain dua rute tersebut, ada satu jalur trekking baru yang bisa kamu tempuh di lingkar Lereng Gunung Agung. Jalur trekking ini dibuat sebagai jalur pendakian sekaligus menelusuri Gunung Agung dari lingkar aman. 

Jalur Mount Agung sunrise trekking ini dibuat oleh Relawan Pasebaya Agung bersama dengan pemandu lokal yang selama ini banyak mengantar wisatawan melakukan pendakian di Gunung Agung.

Rute tersebut adalah rute Pura Pengubengan menuju Pura Pasar Agung. Kemudian ada rute lainnya dari Pura Pasar Agung menuju Yeh Kori di Jungutan, Babandem. Dari Yeh Kori pendaki akan menempuh jalur menuju Pura Nangka.

Jalur Mount Agung sunrise trekking ini cukup aman untuk pendaki pemula yang ingin menikmati panorama sunset di Gunung Agung atau sekadar berkeliling. Zona ini berada di radius lebih dari 2 kilometer.

Demikianlah informasi Mount Agung sunrise trekking untuk menikmati panorama matahari terbit. Simak juga info dan tips menarik lainnya bersama VELO, kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang praktis dan simple!

VELO tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropical Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Kantong nikotin ini ditujukan bagi pengguna nikotin berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang hamil atau menyusui.

VELO akan menemani keseruan aktivitasmu kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu kenyamanan orang di sekitar, karena kantong nikotin ini sepenuhnya bebas asap!

Hengky
Crafting stories about social issues, pop culture, & common knowledge.

Related Articles

Leave a Reply