Ingin Modifikasi Sepeda Lipat Agar Mudah Digowes? Ini Tipsnya

Sepeda lipat atau seli merupakan salah satu jenis sepeda yang cukup tren digunakan saat ini. Kepraktisan dan fleksibilitas menjadi alasan mengapa sepeda ini cukup diminati para kaum urban. Meski praktis dan bisa dilipat, namun buat performa rasanya sepeda ini masih jauh dengan jenis sepeda lain seperti MTB, hybrid bike sehingga perlu dilakukan modifikasi sepeda lipat.

Sepeda lipat memang lebih ideal digunakan di area perkotaan dengan kondisi jalan yang merata. Jika digunakan di tanjakan atau medan terjal dan berbatu rasanya kurang pas. Tapi jangan keburu cemas dulu, sebab sepeda lipat dapat kamu modifikasi agar lebih mudah digowes. Penasaran? Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam modifikasi sepeda lipat yang benar:

1.     Buat agar beratnya lebih ringan

Bagi para goweser yang sering membawa sepeda dalam rute commute hariannya, bukan tidak mungkin aksi menjinjing sepeda menjadi hal yang lumrah dilakukan. Terkadang meski dilakukan sesering mungkin, namun jika bobot sepeda terlalu berat tentu hal itu akan sangat mengganggu.

Kalian bisa mengganti bagian-bagian yang masih menggunakan bahan steel menjadi bahan carbon atau alloy karena itu lebih ringan. Misalnya saja seperti bagian handlebar, U brake, seat post. Untuk sepeda keluar lama biasanya bagian crank arm dan chainring juga masih menggunakan bahan steel. Dan kalian bisa menggantinya dengan carbon biar beratnya lebih ringan.

2.     Ubah dimensi jadi lebih kecil supaya praktis

Biar si seli lebih praktis dan nggak ribet saat dibawa atau dijinjing, kalian bisa merubah dimensi seli jadi lebih kecil lagi. Bagian yang masih bisa diperkecil adalah pedal dan sadel. Pedal yang masih menggunakan bahan steel bisa kalian ganti dengan bahan alloy. Sementara, untuk bagian sadel kalian bisa gunakan quick release yang memungkinkan sadel bisa dilepas dan pasang sesuai kebutuhan.

3.     Tingkatkan performa untuk medan tanjakan

Biar nggak terasa ngos-ngosan saat melintas di medan tanjakan, kamu bisa meningkatkan performa seli biar tidak terasa berat. Coba ganti bagian groupset dengan groupset yang lebih banyak geriginya. Kalau saat ini sepeda lipat mu menggunakan groupset 9 speed, kamu bisa menggantinya dengan groupset 10 speed atau 11 speed. Nanti bagian gir bisa diganti dengan jumlah yang lebih banyak. Dengan begitu gowesannya pun akan terasa lebih ringan dan nggak melelahkan.

4.     Tambahkan aksesoris biar tampilan seli lebih keren

Meskipun dibuat dengan desain sepraktis mungkin biar lebih mudah disimpan dan dibawa bepergian. Namun, seli bisa kamu tambahkan beberapa aksesoris biar tampilannya lebih keren lagi. Beberapa aksesoris sepeda lipat pun kini banyak tersedia, mulai dari tas bagasi untuk bagian depan dan belakang, rack pannier, lampu sepeda, bel, tempat minum, handgrip, hingga bagian sadel yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

5.     Modifikasi sepeda lipat di bengkel langganan? kenapa tidak!

Untuk memaksimalkan modifikasi sepeda lipat, datang ke bengkel langganan jadi pilihannya. Jika kamu sudah membeli beberapa spare part namun belum sempat untuk memasangnya. Kamu bisa minta tolong ke bengkel untuk di pasangkan. Atau kalau kamu ingin meningkatkan performa seli namun belum tahu bagian mana yang harus diganti. Tinggal bawa saja ke bengkel langganan mu.

Bagaimana, ingin modifikasi sepeda lipat biar lebih nyaman saat digunakan? Selain tips modifikasi seli, kamu juga bisa menikmati cara baru yang lebih seru bersama VELO. Kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang tidak menimbulkan asap dan bau ini bisa kamu nikmati setiap saat di mana saja. Tidak ribet dan sama sekali tidak mengganggu aktivitas harianmu. Berbagai varian rasanya bisa kamu pilih sesuai selera. 

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply