Miliki 7 Perlengkapan Bersepeda Ini Agar Gowes Lebih Aman dan Menyenangkan

Bersepeda adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Sepeda sebagai sarana utama dalam kegiatan ini bukanlah satu-satunya hal yang harus diutamakan. Aspek keamanan juga sangat penting. Oleh karena itu, perlengkapan lain juga tidak boleh dilupakan. 

Ini dia daftar 7 perlengkapan bersepeda supaya kegiatan gowesmu semakin aman dan menyenangkan.

  1. Helm Sepeda

Bicara soal keamanan, helm jelas jadi yang utama. Helm adalah pelindung kepala yang dapat mencegah terjadinya cedera tidak diinginkan selama bersepeda. Dengan demikian, keamananmu jelas lebih terjamin bukan?

Sebaiknya pilih helm yang pas dengan ukuran kepala. Helm yang terlalu kecil dan terlalu besar hanya akan mengganggu kenyamanan kamu selama mengendarai sepeda. Yang tidak kalah penting, pastikan helm dilengkapi dengan pengencang yang bisa disesuaikan.

  1. Cycling Cap

Selain helm, perlengkapan lain yang disarankan oleh pengendara sepeda adalah topi khusus bersepeda atau yang disebut dengan cycling cap. Fungsi utama dari topi ini adalah melindungi mata dari keringat yang menetes dari dahi dan kepala. Dengan mengenakan topi, kamu juga tidak akan silau dengan terik matahari.

  1. Arm Sleeves

Di siang hari, arm sleeves menjadi perlengkapan sepeda yang wajib dipakai. Fungsi utama arm sleeve adalah melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Namun sarung lengan ini juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting, yaitu melindungi kulit dari hal-hal yang bisa menyebabkan cedera. Pilih arm sleeve yang ukurannya pas di tangan supaya peredaran darah tetap lancar selama bersepeda.

  1. Kacamata

Goggles atau kacamata menjadi perlengkapan selanjutnya yang wajib dimiliki oleh pengendara sepeda. Bersepeda di luar ruangan membuat kamu terpapar langsung dengan sinar matahari, angin, dan debu. Jika masuk ke dalam mata tentu akan sangat berbahaya.

Selain itu, jika kamu bersepeda di siang hari, kacamata akan melindungi kedua mata dari paparan sinar UV yang berbahaya. Ada berbagai macam jenis kacamata yang beredar di pasaran, jadi kamu bisa membeli produk yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

  1. Leg Compression Sleeves

Perlengkapan selanjutnya yang wajib dipakai saat bersepeda adalah leg compression sleeves. Sama seperti sarung lengan, benda ini bertujuan melindungi kaki ketika bersepeda. Manfaat lainnya adalah menjaga otot kaki supaya tidak mudah lelah saat mengayuh pedal. 

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari leg compression sleeve, kamu harus memilih ukuran yang pas di kaki. Tidak hanya itu, sarung kaki juga harus punya sirkulasi udara yang baik sehingga keringat yang dikeluarkan oleh pori-pori kulit tidak terjebak di dalam sarung.

  1. Cases

Tempat penyimpanan semacam ini sebenarnya merupakan perlengkapan sekunder, namun sangat penting untuk dimiliki. Fungsinya adalah sebagai tempat untuk menyimpan handphone dan sejumlah uang yang kamu bawa saat bersepeda. Kemasan Velo, kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang kecil membuatnya lebih praktis dan mudah disimpan. Menikmati nikotin bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa takut menimbulkan ketidaknyamanan bagi sekitar. Jika membawa tas, tentu akan merepotkan gerak kamu selama mengayuh sepeda.

Tempat penyimpanan untuk sepeda biasanya dirancang khusus supaya bisa ditempatkan di bagian tertentu pada sepeda seperti belakang sadel atau rangka setir di bagian depan. Desainnya pun juga semakin beragam, sehingga kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan selera.

  1. Bottle Cage

Terakhir ada bottle cage atau tempat khusus untuk menyimpan botol yang biasanya dipasang di rangka sepeda. Ini sangat penting karena bersepeda sangat menguras tenaga, sehingga kamu membutuhkan air minum untuk mencegah dehidrasi. Kapan saja dan dimana saja Anda merasa haus, tidak perlu khawatir karena Anda sudah membawa botol minum sendiri.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply