Cara Melatih Ritme Permainan Gitar dengan Metronome Guitar

Ketika kita pertama kali belajar bermain gitar, seringkali yang lebih banyak dipelajari adalah tentang teori, membaca tablature, teknik menggunakan pick, dan memainkan not yang berbeda. 

Namun, ada satu hal yang sering dilupakan, yaitu ritme. Musik adalah tentang ritme, terlepas dari apapun gaya yang kita mainkan, entah itu funk, bossa nova, reggae, flamenco, atau klasikal sekalipun.

Nah, kamu bisa mengembangkan kemampuan ritme dan tempo permainan dengan menggunakan metronome guitar!

Apa yang Dimaksud Ritme dalam Bermain Gitar?

Metronome Guitar
Image source: Udemy Blog

Sebelum kita bahas terkait latihan dengan metronome guitar, sebaiknya pahami dulu apa yang dimaksud dengan ritme permainan. Saat kita bermain gitar, kita harus memainkan nada tertentu pada waktu tertentu.

Ritme adalah kesadaran seorang musisi akan waktu, bagaimana mereka membaginya menjadi ketukan dan mengukur dan mengetahui apakah mereka perlu mempercepat atau memperlambat tempo. Ini bisa sulit karena ritme merupakan persepsi.

Namun, ritme tetap bisa dipelajari. Kamu bisa mulai dengan mempelajari nilai not: semibreve (seluruh not), minim (not setengah), not seperempat (not seperempat), quaver (not kedelapan), semiquaver (not keenam belas), dll. 

Penghitungan waktu akan mempengaruhi ritme. Perhitungan waktu akan mulai muncul dan memberi tahu kita tentang irama: angka di bagian bawah menandakan not mana yang mewakili irama (2 = minimal, 4 = crotchet, 8 = quaver, dll.).

Demikian pula pada ketukan dengan penekanan maupun tanpa penekanan. Dalam nada 4/4, ketukan pertama ditekankan, sedangkan 3 lainnya tanpa tekanan. Tempo tidak mengubah penghitungan waktu. Misalnya, set metronom ke 60bpm hanya akan lebih lambat dari set metronome ke 100bpm.

Melatih Ritme Permainan dengan Metronome Guitar

Image source: The Guitar Pages

Sebetulnya, mempelajari gitar bisa menjadi jauh lebih mudah jika sudah memahami konsep ritme. Dalam hal ini, ritme bisa menjadi sesuatu yang naluriah.

Tapi, ketika menerapkannya dalam permainan gitar, kita tetap butuh berkonsentrasi. Melatih ritme permainan mungkin akan memakan banyak waktu, kesabaran, dan latihan.

Sampai pada akhirnya kita bisa memainkan ritme senatural mungkin tanpa harus terlalu berkonsentrasi. Karena ritme sejatinya membuat permainan bersatu dengan musik.

Nah, untuk melatih ritme permainan, kita bisa menggunakan metronome guitar. Metronome sekarang bisa dijumpai dalam format aplikasi mobile sehingga kamu tidak perlu susah payah mencari metronome mekanik di toko musik.

Fasilitas metronome ini termasuk sederhana dan fiturnya pun tidak akan membuat kita bingung, cukup dengan mengatur angka yang diinginkan.

  1. Pertama, atur angka pada metronome, usahakan mulai dari yang pelan seperti 60 bpm.
  2. Mulailah dengan ¼ not per beat atau mudahnya dengan memainkan 1 nada dalam setiap ketukannya.
  3. Kemudian, lakukan dengan ⅛ not per beat (memainkan 2 nada dalam setiap ketukan).
  4. Setelah itu, terus naikkan nada secara bertahap jika masing-masing sudah dikuasai secara sempurna.

Bagaimana? Mudah bukan? Simak juga info terbaru dan tips yang tak kalah menarik lainnya bersama VELO! Kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang bisa kamu jadikan alternatif rokok ketika situasi sedang tidak memungkinkan.

Tak masalah kapanpun dan dimanapun kamu berada, kamu tetap bisa menikmati sensasi nikotin tanpa harus mengganggu kenyamanan orang di sekitar karena VELO sepenuhnya bebas asap.

VELO dikhususkan untuk pengguna produk nikotin berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang hamil atau menyusui dan bisa menyebabkan kecanduan.

Hengky
Crafting stories about social issues, pop culture, & common knowledge.

Related Articles

Leave a Reply