Menurut Tes Kepribadian, Ini 8 Ciri Orang Introvert. Kamu Salah Satunya?

Secara umum, kepribadian dikelompokkan menjadi 2 dua tipe besar yaitu introvert dan ekstrovert. Banyak tes kepribadian introvert dan ekstrovert di internet yang bisa kamu ikuti secara gratis. Tapi sebenarnya, apa aja sih ciri orang yang introvert itu? Apa iya mereka adalah orang yang sulit bergaul seperti yang selama ini dibilang banyak orang?

  1. Kehabisan tenaga setelah berkumpul dengan banyak orang

Bukannya sulit bergaul, introvert akan merasa lelah dan kehabisan tenaga setelah berkumpul dengan banyak orang. Misalnya saja menghadiri reuni sekolah atau datang ke kondangan. Mereka bisa bercengkrama dengan orang-orang yang ada di sana, namun akan merasa kecapekan setelahnya. Meskipun demikian, introvert tidak akan serta merta menghindari berbagai acara sosial lho.

  1. Menyukai kesendirian

Seorang introvert lebih suka menghabiskan akhir pekan dengan melakukan semua hal yang ia sukai. Kesendirian tidak akan membuat mereka bosan karena mereka hanya ingin me-recharge diri mereka sebelum memulai rutinitas harian lagi. Tapi bukan berarti seorang introvert selalu menyendiri sepanjang waktu. Mereka lebih suka menghabiskan waktu dengan sekelompok kecil teman dekat dibandingkan harus bertemu dengan orang-orang yang baru.

  1. Punya sekelompok kecil teman dekat

Menurut tes kepribadian, introvert adalah orang yang mempunyai sekelompok kecil teman dekat dan suka menghabiskan waktu bersama mereka. Namun banyak orang yang salah memahami hal ini dan mengira introvert tidak suka berkumpul dengan orang lain. Padahal mereka juga suka bersosialisasi. 

Hanya saja introvert lebih memilih bergaul dengan orang dekat dengan mereka. Dua atau tiga orang saja cukup, namun jika terlalu banyak orang akan membuat mereka merasa tidak nyaman.

  1. Orang lain berpikir ia sulit didekati

Kesan pertama saat bertemu orang introvert pasti ada dua: pendiam dan sulit didekati, bahkan terkadang pemalu. Beberapa introvert memang punya sifat pemalu, namun mereka tidak menakut. Banyak orang introvert tidak mau banyak bicara karena mereka lebih suka bicara seperlunya saja. Jika kamu adalah orang yang tertutup dan pendiam, bisa jadi kamu adalah seorang introvert.

  1. Terbebani dengan terlalu banyak stimulan

Stimulan yang dimaksudkan adalah suasana yang ramai dan sibuk. Jika berada di dalam dua situasi ini, seorang introvert akan kehilangan fokus. Keadaan seperti ini terasa berlebihan untuk mereka. Menurut studi yang dilakukan oleh Noise Health pada tahun 2003, introvert cenderung lebih mudah terdistraksi dibandingkan dengan ekstrovert.

  1. Sangat memahami diri sendiri

Ini dia nih yang rasanya harus dimiliki semua orang. Introvert sangat memahami diri mereka sendiri. Ini tidak lepas dari kebiasaan mereka menghabiskan waktu seorang diri. Mereka tahu perasaan mereka, apa yang mereka sukai, dan hal apa yang membuat bahagia. Hebatnya lagi, mereka tidak pernah berhenti mencari tahu tentang diri mereka.

  1. Belajar dengan melihat

Introvert belajar hal baru melalui cara yang unik, yaitu dengan mengobservasi semuanya, mereka tidak akan mencoba sesuatu tanpa mempelajarinya terlebih dahulu. Mereka akan pergi ke tempat yang sepi dan tenang untuk mengasah kemampuan mereka tanpa kehadiran siapapun.

  1. Tertarik dengan pekerjaan yang mengutamakan kemandirian

Bukan berarti introvert anti sosial lho. Namun menghabiskan waktu dengan banyak orang memang sangat menguras energi mereka. Jadi mereka lebih suka melakukan pekerjaan yang mengutamakan kemandirian. Sebut saja seperti programmer, desainer grafis, seniman, hingga penulis. Kreativitas mereka akan tersalurkan dengan sempurna ketika mereka sendirian.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply