Menjelajah Savana Bromo, Pesona Padang Rumput yang Mengesankan!

Berjalan-jalan sambil menikmati alam menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan sekaligus menenangkan. Indonesia punya banyak destinasi wisata alam yang bakal bikin siapapun terbius dengan keindahannya. Seperti yang ada di Savana Bromo. 

Suasana alamnya yang begitu asri, sejuk dan damai membuat siapapun bakal lupa akan penat dan kelelahan yang dirasakan. Penasaran dengan apa yang dimiliki savana Bromo? Yuk cari tahu selengkapnya!

Sekilas Tentang Savana Bromo

Savana Bromo

Source: @rahayujawarika

Berlokasi di lereng Gunung Bromo yang populer dengan segala keindahan dan keeksotisannya, Savana Bromo bakal memberikan pengalaman luar biasa buat kamu pecinta alam sejati. Padang savana yang juga populer dengan sebutan Lembah Jemplang ini begitu luas membentang di bagian selatan lereng Gunung Bromo.

Sejauh mata memandang, kamu bakal disuguhi bukit-bukit dan tanah lapang yang ditumbuhi rerumputan hijau yang sedap dipandang. Sekilas, pemandangan tersebut tampak seperti view yang ada di acara tv program anak-anak, Teletubbies. Tak heran jika, padang Savana Bromo ini juga punya nama lain Bukit Teletubbies.

Pemandangan ketika matahari mulai terbit dari arah timur, cahaya jingganya merebak diselingi kabur-kaburan putih tipis, memberikan pemandangan yang memukau. Padang rerumputannya yang luas menghampar sejauh mata memandang dengan latar Gunung Bromo, pesona yang megah.

Banyak ketempat ini untuk sekedar hunting foto keren atau memang ingin menikmati suguhan alam yang memukau. Kalau kamu berkesempatan pergi ke Gunung Bromo, destinasi kece ini jangan sampai terlewatkan, ya!

Sambil menikmati pemandangan Savana Bromo yang bikin suasana hati adem, cobain rasa unik dari produk VELO. Sensasi rasanya di dalam mulut bakal bikin kegiatan traveling makin asyik. 

Produk ini cocok banget buat kamu, pengguna produk nikotin yang tidak bisa merokok secara bebas di tempat umum karena lebih praktis dan no asap! Untuk menggunakannya, kamu harus sudah berusia 18 tahun ke atas, bukan wanita hamil ataupun menyusui.

Menuju Savana Bromo 

Source: @joe_celenk

Padang savana menjadi satu dari empat point interest yang dimiliki Gunung Bromo, selain sunrise, pasir berbisik, dan kawah gunungnya. Untuk bisa sampai lebih cepat ke kawasan padang Savana, kamu bisa menggunakan rute terdekat ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari kota Malang. Berikut rute yang bisa kamu ambil,.

Rute perjalanan

Dari arah Kota Malang ambil rute menuju Tumpang, lalu berhenti di rest area yang ada di Gubug Klakah. Di tempat ini, kamu harus menitipkan kendaraan pribadi dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan mobil jeep. Biasanya sudah disediakan oleh pengelola jasa tour setempat dengan harga yang terjangkau.

Savana Bromo

Source: @ari_hans_simaela

Dengan jeep, kamu akan diajak untuk melewati jalur yang sempit, berliku dan tanjakan yang bikin seru perjalanan. Pemandangan hutan yang lebat, perkebunan sayur, ngarai hingga lembah di sepanjang jalan yang bakal membuat mata terpesona. Sebelum sampai ke tempat pembelian tiket masuk ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, kamu juga bisa melihat pintu masuk ke kawasan Coban Pelangi.

Dari loket pembelian tiket masuk ini, kamu bisa istirahat sejenak untuk melepas penat. Bisa dengan minum kopi hangat atau membeli merchandise seperti topi, syal dan lain sebagainya. Setelah tiket dibeli, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke desa Ngadas dan lanjut ke Jemplang. Jika demikian, kamu akan tak lama lagi sampai ke kawasan padang sabana Bromo. 

Mampir Sejenak Ke Kawasan Jemplang

Kawasan Jemplang ini sendiri merupakan percabangan jalur antara jalur pendakian ke Gunung Bromo dan ke padang savana. Kamu bisa memilih jalur di arah kiri lebih cepat sampai ke area sabana di Bromo. Dari Jemplang, kamu cuma butuh waktu sekitar 15 sampai 20 menit saja dengan berjalan kaki.

Agar saat traveling ke Savana Bromo tambah mengesankan, jangan lupa bawa kamera dan lindungi kulit dari sengatan sinar matahari, ya! Bisa dengan kacamata hitam atau menggunakan sunblock. Soalnya, di sini hampir tidak ada pepohonan yang bisa digunakan untuk berteduh. Sudah siap buat traveling ke Bromo!

Related Articles

Leave a Reply