Menjelajah Desa Wisata yang Kini Mendunia, Liburan Wajib Kesini!

Sekarang ini, liburan tak harus ke tempat-tempat mewah dengan biaya yang tak sedikit. Kamu juga bisa liburan asyik dengan berkunjung ke desa wisata, lho!  Suasana yang santai, tenang dengan udara yang sejuk pastinya mampu membuat pikiran yang penat kembali segar.

Buat kamu yang butuh suasana baru buat liburan, gak ada salahnya buat berkunjung ke destinasi bernuansa desa yang menarik. Simak rekomendasi desa untuk destinasi wisata terbaik buat liburan akhir pekan sambil recharge semangat, berikut diantaranya.

Desa Wisata Pujon Kidul

Desa wisata Pujon kidul

Source: @amazingmalang via instagram.com

Pemandangan sawah yang terhampar luas dan berpadu dengan gunung menjadi daya tarik tersendiri dari wisata desa Pujon Kidul. Berlokasi di wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang – Jawa Timur, desa yang satu ini sukses membawa pulang penghargaan bergengsi peraih “Desa Wisata Agro” di tingkat nasional.

Berada dibawah naungan Rumah Kampung Lestari, desa Pujon Kidul memiliki magnet tersendiri. Seperti kegiatan agribisnis yang dimiliki hampir seluruh warga desa. Belum lagi dengan adanya cafe di tengah-tengah area persawahan, spot foto dengan background pemandangan alam menakjubkan, semuanya seolah menghipnotis. 

Ditambah lagi dengan suasana desa yang begitu tenang dan sunyi, rasa-rasanya tak salah jika wisata desa terbaik yang satu ini begitu diminati. Tak sampai disitu, desa ini juga memiliki dusun yang mengolah susu sapi secara mandiri. Kemudian budidaya tanaman obat, hingga lahan perkebunan yang luas juga dapat kamu temui saat berkunjung ke desa Pujon Kidul.

Desa Pulesari

Desa wisata

Source: @desawisatapulesari via instagram.com

Kalau kamu sedang berada di Jogjakarta, jangan sampai lupa untuk menyempatkan diri untuk berkunjung ke desa Pulesari. Berlokasi di Dusun Pulesari, Turi, Kabupaten Sleman – DI Yogyakarta, desa wisata yang satu ini juga menyuguhkan pengalaman seru yang tak kalah menarik.

Kalau kamu suka makan salak, harus banget mampir ke desa Pulesari. Soalnya, disini kamu bakal diajak buat berwisata di kebun salak. Kalau pas lagi panen, kamu bahkan bisa memetik sendiri buah salak langsung dari pohonnya dan menikmatinya. Tapi, awas hati-hati, banyak durinya! 

Sambil jalan-jalan, kamu juga bisa menikmati VELO, kantong nikotin pertama di Indonesia buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui! Tinggal selipkan antara gusi atas dan bibir lalu nikmati sensasinya, seru banget! Kamu bisa menikmati sensasi nikotin dengan berbagai varian di mana saja dan kapan saja!

Selain bisa menikmati salak dengan rasa manis yang khas, di desa Pulesari kamu juga bisa mencoba tracking di jalur aliran sungainya. Banyak yang bisa kamu temui saat tracking, seperti jembatan goyang, titian bambu, spider web, bahkan ada pula air terjun alami dan banyak lagi. Ada pula wahana outbound yang cocok buat anak-anak bahkan dewasa untuk belajar meningkatkan kerjasama team. 

Tak cuma sampai disitu saja, kamu juga bisa menyusuri goa-goa bersejarah yang ada di desa Pulesari. Setidaknya ada 6 goa yang dulunya pernah digunakan sebagai tempat persembunyian warga desa ketika jaman penjajahan. Lanjut lagi, kamu juga bakal disuguhi seni tari unik yang dibawakan dalam 6 babak. 

Serunya lagi, kamu juga bakal disuguhi beraneka kuliner khas yang menggoyang lidah. Sebut saja seperti, nasi megono, nasi pecel, pepes nila dan banyak lagi. Kemudian ada oleh-oleh penganan yang terbuat dari buah salak, misalnya dodol, bakpia, nastar hingga kolak salak.

Desa Wisata Tembi

Desa wisata

Source: @deaawisatatembi via instagram.com

Masih di Daerah Istimewa Yogyakarta, desa yang satu ini menyuguhkan pengalaman liburan yang seru. Beralamat di Jl. Parangtritis Km 8.5 Tembi, Mriyan, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul – Daerah Istimewa Yogyakarta, kamu bakal dimanjakan dengan suasana desa yang begitu asri dan alami.

Liburan di desa Tembi bisa jadi pilihan yang pas buat kamu yang pengen melipir sejenak dari dunia kerja yang hectic dan penuh pressure. Kamu bisa belajar bertani, dari bercocok tanam hingga memanen padi di sawah. Selain itu, ada kegiatan membatik yang bisa kamu ikuti. 

Tak main-main, kamu bakal diajari sama para pembatik yang sudah profesional. Keren gak sih? Keseruan lainnya yang bisa kamu coba, diantaranya berkeliling di area Gabusan -Manding -Tembi naik andong atau becak. Mencicipi kuliner khas pedesaan seperti nasi Bancakan dan sebagainya. Suasana desa yang begitu damai dan tenang bakal kamu temui disini. 

Belum puas bermain di desa Tembi, kamu bisa menjelajahi  museumnya yang diberi nama Tembi House of Culture atau Rumah Budaya Tembi. Di dalamnya, kamu bakal disuguhi berbagai koleksi peralatan tradisional yang banyak digunakan warga setempat. Mulai dari peralatan memasak, bertani, seni hingga senjata kuno masyarakat suku Jawa.

Desa Pentingsari

Berlokasi di desa Pentingsari, Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman – DI Yogyakarta, wisata desa yang satu ini berada di lereng Merapi. Destinasi wisata desa ini berjarak kurang lebih 22,5 km dari pusat Kota Yogyakarta. 

Mengusung desa ramah lingkungan, desa Pentingsari menjadi salah satu destinasi wajib, kalau kamu ingin suasana pedesaan yang menenangkan. Bukan cuma sekedar numpang tidur buat melepaskan penat dari beban pekerjaan, desa wisata Pentingsari juga menawarkan wisata edukasi dan interaksi mengenai budaya warga masyarakat setempat.

Banyak kegiatan seru dan menarik yang bisa kamu ikuti disini. Dari mulai berkemah, trekking, outbound hingga menikmati live in. Bukan cuma itu saja, kamu bisa belajar kehidupan desa yang sederhana, berkebun, sampai bertani di sawah. 

Kamu pun juga bisa belajar seni tradisional di desa ini, mulai dari main alat musik gamelan, membatik, menari tarian tradisional hingga membuat wayang dari rumput. Pastinya destinasi ini cocok buat liburan bareng keluarga, sambil liburan bisa sekaligus belajar kehidupan desa yang bersahaja. 

Demikian tadi rekomendasi wisata desa yang menarik dan wajib dikunjungi saat liburan. Jangan lupa ajak juga keluarga buat menikmati suasana desa yang asri dengan kehidupannya yang sangat bersahaja. By the way, sudah punya rencana belum buat liburan akhir tahun nanti? Buat rencana dari sekarang yuk!  

Related Articles

Leave a Reply