Menikmati Keindahan Eropa di The Heritage Palace Solo

Bosan hanya di rumah saja saat hari libur dan ingin menyegarkan pikiran dengan mengunjungi tempat-tempat yang hits? Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, kamu bisa berkunjung ke The Heritage Palace yang ada di Jawa Tengah.

Tempat wisata ini sangat populer di kalangan anak muda dan orang tua. Ini tidak lepas dari desainnya yang dibuat sangat mirip dengan kota kuno Romawi. Setiap sudutnya membuat pengunjung serasa kembali ke Eropa di masa lampau. 

Selain asyik untuk berfoto-foto, wahana wisata ini juga menawarkan edukasi untuk anak-anak melalui benda-benda yang dipajang di museum. 

Heritage Palace sendiri mulai dibuka untuk umum mulai 9 Junia 2018. Tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang tempat ini? Baca artikel sampai selesai ya!

Sejarah Singkat The Heritage Palace

Arsitektur khas Eropa zaman dulu yang ada di Heritage Palace ini bukan buatan, tetapi memang benar-benar dibangun di masa penjajahan Belanda di Indonesia. Dulunya, kawasan seluas 2,2 hektar ini merupakan lahan untuk Pabrik Gula Gembongan yang berdiri pada tahun 1892.

Ada 9 bangunan di area ini yang semuanya difungsikan untuk produksi gula. Ciri khas dari bangunan ini adalah cerobong asap setinggi 20 meter yang sudah terlihat dari kejauhan. Pabrik gula ini didirikan atas inisiatif pemerintah Belanda saat itu.

Pada tahun 1920, bangunan ini direnovasi hingga tampilan luarnya mirip seperti kastil-kastil kuno Eropa. Pabrik gula ini kemudian ditutup pada tahun 1981 karena adanya kekurangan bahan baku akibat menurunnya hasil panen tebu.

Sebelum menjadi wahana wisata seperti sekarang ini, bangunan ini sempat berpindah kepemilikan selama beberapa kali sebelum akhirnya dimiliki oleh perusahaan rokok dan digunakan sebagai gudang penyimpanan tembakau.

Arsitektur ala Eropa yang Instagrammable

Daya tarik utama Heritage Palace yang membuat pengunjung tertarik untuk datang ke sana adalah arsitektur bergaya Eropa klasik yang bisa jadi spot foto Instagrammable. Berkat renovasi yang dilakukan pada 1920, bangunan ini memberi kesan art deco yang membuat kamu merasa seperti sedang berkunjung ke Eropa di masa lalu.

Nuansa Eropa sangat terasa karena bangunan ini memang didesain langsung oleh arsitek asal Belanda. Karena keunikan desainnya, banyak juga calon pengantin yang memilih Heritage Palace sebagai lokasi untuk foto pre-wedding.

Wahana Lain di The Heritage Palace

Selain berfoto dengan latar belakang bangunan bergaya Eropa, kamu juga bisa menikmati wahana lain yang ada di Heritage Palace. Ini dia aktivitas lain yang bisa kamu lakukan selagi berkunjung ke sana.

  • Museum Transportasi

Saat masuk ke halaman terbuka, kamu akan disambut deretan mobil antik dan alat transportasi kuno lainnya. Koleksi mobil antik yang ditampilkan antara lain adalah mobil Dodge tahun 1948 milik Presiden Soekarno dan mobil pemadam kebakaran Dodge Power tahun 1963.

  • Omah Kwalik

Omah Kwalik menjadi wahana yang sangat menghibur untuk kamu yang suka berfoto-foto. Dengan konsep rumah terbalik yang unik, kamu bisa mengambil foto-foto yang seru bersama dengan teman-teman atau keluarga.

  • Museum 3D Trick Art

Heritage Palace juga menawarkan wahana Museum 3D Trick Art dimana kamu bisa berfoto dengan lukisan 3 dimensi yang terlihat sangat nyata. Banyak juga pengunjung yang tertarik untuk melihat keunikan museum ini.

  • Kids Town

Heritage Palace adalah destinasi wisata yang dirancang untuk keluarga dan anak-anak. Oleh karena itu, dibuatlah Kids Town untuk menghibur si kecil dengan berbagai macam wahana bermain yang menyenangkan. Kalau mereka bosan berjalan-jalan, ajak saja ke Kids Town untuk mengembalikan kegembiraannya.

  • Retro Paradise Island

Retro Paradise Island adalah spot foto lain yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Heritage Palace. Ini merupakan lokasi yang banyak digunakan untuk foto pre-wedding karena memiliki latar belakang mirip Benua Biru yang sangat cantik. Kamu bisa menikmati kentalnya nuansa Eropa di sini.

  • Food Street

Capek setelah berkeliling ke Heritage Palace yang sangat luas? Saatnya kamu isi perut di area Food Street. Berbeda dengan bangunan yang bernuansa Eropa, Food Street menjual berbagai jajanan khas Solo yang harus kamu cicipi.

Destinasi Wisata Hits di Kota Solo

Heritage Palace terletak 10 kilometer dari pusat kota Solo, tepatnya di Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo, Dusun Honggobayan, Desa Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Tiket standar untuk masuk ke wahana ini adalah Rp 20 ribu per orang untuk berkeliling ke museum. Jika kamu ingin mengunjungi wahana lain, bisa membeli tiket terusan seharga Rp 45 ribu di hari kerja dan Rp 65 ribu untuk akhir pekan.

Di hari libur nasional, harga tiket terusan menjadi Rp 75 ribu. Perlu diperhatikan bahwa harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk jam operasionalnya sendiri, Heritage Palace buka setiap hari pukul 10.00 sampai 18.00 WIB di hari kerja dan mulai pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB di akhir pekan dan hari libur.

Ketika kamu berkeliling di The Heritage Palace, jangan lupa untuk selalu menjaga etika dalam berada di tempat umum. Misalnya dengan tidak merokok di sana. VELO sebagai produk kantong nikotin pertama di Indonesia menawarkan alternatif baru dalam menikmati nikotin.

Produk ini tidak menghasilkan asap, sehingga kamu bisa menikmatinya dimana saja dan kapan saja, bahkan di sela-sela aktivitas sekalipun. Namun VELO hanya boleh digunakan oleh mereka yang sudah berusia 18 tahun ke atas.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply