Mengintip Pesona Cikahuripan, Green Canyon Bandung Barat

Sebuah sungai di Kabupaten Bandung Barat mengundang perhatian. Namanya Cikahuripan, konturnya serupa dengan green canyon. Cikahuripan yang berarti ‘air yang membawa kehidupan’ menawarkan pesona alam indah yang patut kita sambangi.

Cikahuripan sendiri merupakan anak sungai dari sungai Citarum Purba yang terletak di kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Meski letak Sungai Cikahuripan terpencil, namun pesonanya dapat membuat detak kagum para wisatawan.

Lokasi Green Canyon Cikahuripan

green canyon Bandung
Image source: Authentic-Indonesia.com

Sungai Cikahuripan sendiri terletak di Kampung Panyusupan, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Sebagian orang menamainya Green Canyon mini karena adanya kemiripan dengan Green Canyon (nama lainnya Cukang Taneuh) yang ada di Pangandaran.

Persamaannya dengan Green Canyon Pangandaran terletak pada aliran sungai dengan air berwarna kehijauan yang diapit oleh sepasang tebing menjulang, yang keindahannya pasti akan membuat kamu berdecak kagum.

Bedanya, Green Canyon Bandung Barat ini berukuran lebih kecil dan kamu tidak perlu menaiki perahu untuk mencapai aliran sungainya. Setelah membayar harga tiket masuk, kamu hanya perlu berjalan kaki selama sekitar 30 menit dari pintu masuk dan menyusuri jalan setapak yang masih berbatu untuk mencapai spot bertebing tersebut.

Harga Tiket, Fasilitas, dan Akses

Image source: facebook.com/geulisrumah

Untuk bisa memasuki wilayah sungai Cikahuripan, harga tiketnya adalah Rp 10.000,- per orang, Rp 5.000,- untuk parkir motor, dan Rp 20.000 untuk mobil atau bus. Ada pula penyewaan pelampung yang dipatok dengan harga Rp 15.000,- per orang.

Dengan harga tiket itu, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan, belum lagi kesejukan dan dan kesegaran yang akan kamu rasakan saat mencapai Cikahuripan.

Meski begitu, fasilitas yang ditawarkan di tempat wisata ini masih cukup minim. Fasilitasnya meliputi tempat parkir, mushola, dan toilet yang tersedia di sekitar pintu masuk, serta warung jajanan yang bisa kamu temui di sepanjang jalur menuju lokasi sungai.

Jika kamu kelelahan saat berjalan menuju destinasi, kamu bisa rehat sejenak di salah satu warung tersebut sambil membeli jajanan untuk mengisi perut kamu atau melepaskan rasa dahaga akibat perjalanan ini.

Untuk mencapai Cikahuripan, kamu bisa mengambil jalur menuju Waduk Saguling. Dari Bandung, kamu bisa masuk ke jalan tol arah Padalarang, lalu keluar dari tol dan menuju Waduk Saguling yang ada di daerah Cipatat.

Kalau pakai angkutan umum, kamu bisa naik bus jurusan Bandung-Sukabumi dari terminal Leuwi Panjang. Setelahnya, kamu harus turun di pintu masuk PLTA Saguling. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan angkutan desa dari Padalarang menuju Saguling.

Pesona Green Canyon Bandung Barat

Image source: Destinasi Wisata – blogger

Wisata ini cocok buat kamu yang suka berjalan kaki. Kamu bisa melepas penat kamu sambil berjalan santai menyusuri jalan setapak, menyebrangi sungai, dan sampai akhirnya kamu mencapai tebing-tebing menjulang berlantaikan air yang tampaknya berwarna kehijauan.

Di sepanjang perjalanan yang singkat itu, kamu akan ditemani suara gemericik air yang menenangkan dilengkapi dengan suguhan pemandangan sawah dan pepohonan yang hijau serta suara kicauan burung yang saling bersahutan.

Sungai Cikahuripan sebenarnya merupakan situs purba dan berasal dari aliran sungai Citarum. Karena adanya pembangunan Waduk Saguling yang kemudian mulai beroperasi pada tahun 1986, aliran airnya terputus sehingga sungai yang sekarang hanya terisi oleh air hujan serta air tanah dan air dari tebing.

Kabar baiknya, keadaan ini membuat sungai Cikahuripan terbebas dari pencemaran limbah berat yang mengkontaminasi serta sangat berdampak buruk pada sungai Citarum.

Tentunya ini menjadi angin segar buat kamu yang ingin berlibur ke tempat yang bersih dan menyegarkan sehingga kamu tidak merasa khawatir akan terkontaminasi limbah yang sudah tentu merusak alam dan pastinya tidak baik untuk tubuh kamu.

Demikianlah informasi seputar green canyon Bandung Barat di Sungai Cikahuripan. Simak juga info menarik lainnya dari VELO, kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang praktis dan simple!

VELO tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropical Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Kantong nikotin ini ditujukan bagi pengguna nikotin berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang hamil atau menyusui.

VELO akan menemani keseruan aktivitasmu kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu kenyamanan orang di sekitar, karena kantong nikotin ini sepenuhnya bebas asap!

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply