Mengenal Tentang Pasar Monopoli dan Ciri-cirinya

Pernah mendengar tentang pasar monopoli? Jika mendengar kata yang demikian, pasti kamu akan merasa ada konotasi yang negatif. Karena didalamnya hanya ada satu penjual saja yang menguasai seluruh pasar. 

Penasaran dengan apa itu pasar monopoli dan mengapa disebut demikian? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu pasar monopoli

Pasar monopoli
Source: freepik.com

Pasar menjadi sebuah tempat bertemu antara penjual dan pembeli, baik secara langsung atau tidak langsung. Sehingga terjadilah sebuah transaksi jual-beli di dalamnya.

Aktivitas perdagangan tersebut selanjutnya membentuk sebuah struktur pasar persaingan, dimana ada pasar persaingan sempurna serta pasar persaingan tidak sempurna. Nah, salah satu bentuk dari pasar persaingan yang tidak sempurna adalah pasar monopoli.

Menurut buku Toman Sony Tambunan dan Wilson RG dalam buku bisnis yang rilis di tahun 2019 berjudul ‘Hukum Bisnis’, pasar monopoli diartikan sebagai suatu jenis pasar dimana didalamnya hanya terdapat satu perusahaan.

Perusahaan tersebut kemudian memproduksi barang yang tak memiliki barang pengganti lainnya yang lebih dekat. Sementara itu, keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan tersebut lebih dari pada umumnya.

Bahkan di dalam suatu pasar monopoli, umumnya hanya terdapat satu produsen saja yang bisa menetapkan harga dari produk-produknya.

Ciri-ciri yang dimiliki pasar monopoli

Pasar monopoli
Source: pixabay.com

Dalam bukunya yang berjudul Pengantar Ekonomi Mikro yang terbit pada 2020 yang lalu, Arwin menjelaskan jika pasar monopoli punya beberapa ciri-ciri berbeda dari pasar persaingan sempurna. Berikut beberapa diantaranya, yaitu:

Industri hanya dari satu perusahaan

Sejumlah barang maupun jasa yang ada atau dihasilkan tidak bisa dibeli atau diperoleh dari tempat lainnya. Para pembeli pun juga tidak memiliki pilihan yang lain jika menginginkan untuk membeli produk atau jasa tersebut. Para pembeli juga biasanya tidak bisa berbuat banyak dalam menentukan persyaratan jual-beli.

Tak ada produk pengganti serupa di pasar monopoli

Barang dan jasa yang diperjualbelikan di dalam pasar , umumnya tidak dapat diganti dengan barang atau produk yang lain. Produk tersebut jadi satu-satunya barang dan tidak bisa ditemukan di berbagai perusahaan lainnya yang identik.

Perusahaan lain kesulitan memasuki industri yang sama

Keuntungan yang diperoleh perusahaan dalam pasar jenis ini tak mendorong perusahaan atau pemain lainnya untuk ikut berkompetisi dalam industri tersebut. Hal ini disebabkan karena memiliki  berbagai hambatan yang terbilang cukup kuat.

Ciri-ciri inilah yang menjadi faktor utama perusahaan mempunyai kekuatan monopoli. Jika tidak ditemukan ciri-ciri seperti ini, maka akan ada banyak perusahaan lainnya yang ikut masuk dan berkompetisi dalam industri yang serupa dan yang dinamakan perusahaan monopoli pun tidak ada.

Perusahaan menjadi penentu harga utama dalam pasar monopoli

Umumnya, karena perusahaan atau bisnis yang ada menjadi satu-satunya perusahaan yang menguasai pasar tersebut. Oleh karenanya, harga bisa ditentukan penuh oleh para penjual tersebut.

Promosi iklan tidak terlalu dibutuhkan

Perusahaan yang berada di pasar ini merupakan satu-satunya produsen yang ada di pasar. Karenanya, secara otomatis para pembeli akan memilih untuk membeli produknya.

Sehingga suatu perusahaan sangat mungkin tidak membutuhkan promosi iklan untuk mengenalkan produk-produk yang dihasilkan sama sekali. Pemasangan iklan yang mungkin dilakukan, hanyalah cara untuk menjaga agar hubungan dengan konsumennya tetap dekat. Dan bukan bertujuan sebagai sarana promosi.

Demikian tadi informasi menarik tentang jenis-jenis pasar, dan fokus utamanya tentang pasar monopoli. Sebuah pasar yang hanya dikuasai oleh satu atau beberapa produsen, sehingga mereka bisa mengontrol dan mengatur harga produknya. Salah satu contoh dari pasar monopoli misalnya gas elpiji dan bahan bakar dari Pertamina, listrik dari PLN dan sejenisnya. Semoga bermanfaat.

Cari tahu yuk apa aja varian rasa menarik dari VELO. Produk nikotin bebas tembakau pertama ini sangat praktis dan lebih higienis, kamu bisa menikmatinya kapan saja dan di mana saja tanpa takut membuat orang lain tidak nyaman karena bau asap yang mengganggu.

Cukup selipkan kantong nikotin VELO di antara bibir dan gusi atas, lalu biarkan sensasinya yang hangat dan menggelitik menyebar. Asyik banget!

Related Articles

Leave a Reply