Mengenal John Petrucci, Gitaris Dream Theater dan Fakta-fakta menarik tentangnya

Siapa sih yang gak tahu Dream Theater?

Band ini merupakan salah satu grup band progresif metal yang paling populer dan terkemuka di dunia. Bahkan ke Indonesia sendiri mereka telah melaksanakan music tour sebanyak tiga kali.

Band metal asal Boston, Amerika Serikat, ini dikenal sebagai grup musik yang anggotanya memiliki skill di atas rata-rata. Salah satu anggotanya adalah John Petrucci, sang gitaris Dream Theatre sekaligus pendiri band ini bersama John Myung, anggota yang berperan sebagai bassis.

Rambut gondrong, skill gitar tingkat dewa, serta teknik permainan gitarnya setiap kali konser di atas panggung membuat John Petrucci menjadi ikon tersendiri bagi Dream Theater. Ia bahkan sering disebut-sebut sebagai setengah nyawa dari band yang didirikan pada September 1985 ini.

Kamu yang memiliki kecintaan terhadap gitar pasti sudah tidak asing dengan nama gitaris Dream Theater yang satu ini. Namun, ada beberapa fakta menarik tentangnya yang perlu kamu ketahui.

Yuk, cari tahu pada artikel di bawah ini!

John Petrucci adalah gitaris Dream Theater dengan skill akrobatik

Setiap kali bermain gitar secara live di atas panggung, John Petrucci selalu berhasil membuat para penggemarnya terpukau dengan keahlian yang ia miliki. Ia memang dikenal sangat bertalenta dan sangat mahir melakukan teknik picking yang sangat cepat, namun tetap menghasilkan nada yang rapi serta suara music yang jernih.

Jika kamu menjadi band metal di mana permainan gitarisnya secara live memiliki kualitas yang sama dengan rekaman studio, permainan Petrucci adalah jawabannya. Bahkan ia dan timnya kerap memberikan kejutan pada penonton melalui berbagai improvisasi musik yang ditampilkan di atas panggung.

Bukan hanya mahir di persoalan teknik, gitaris Dream Theater ini juga sangat mahir memasukkan emosi pada music yang dibuat dan dimainkannya. Hal ini terbukti pada salah satu lagu mereka yang berjudul “The Spirit Carries On”. Emosi sedih dalam lagu tersebut seolah bisa kita rasakan langsung.

Bakatnya yang cemerlang serta karyanya yang tidak terlupakan membuat John Petrucci mendapatkan berbagai penghargaan, mengisi berbagai soundtrack musik, dan tergabung ke dalam beberapa band.

Menulis lagu-lagu panjang

Banyak lagu yang dibawakan oleh Dream Theater yang merupakan hasil karya John Petrucci. Biasanya lagu-lagu tersebut memiliki lirik yang panjang. Ia tampaknya memang senang bercerita melalui lagu.

Sebagai seorang yang sangat mencintai musik, lagu-lagu yang ditulis oleh Petrucci banyak terinspirasi dari aktivitas sehari-hari yang dialaminya, mulai dari masalah percintaan, perang, sakit mental, pergolakan politik, bahkan persoalan yang berkaitan dengan krisis moneter.

Ia benar-benar seorang musisi yang sangat berbakat!

Bermain solois namun tetap tergabung dalam Dream Theater

Seperti banyak band besar lainnya, Dream Theater juga beberapa kali mengalami ups and downs. Pada 1994, Kevin Moore, sang keyboardist Dream Theater menyatakan keluar dari band yang sudah menyandang kesuksesan besar selama bertahun-tahun itu. Ada yang mengatakan bahwa Moore ingin fokus pada karya solonya, namun ada juga yang mengatakan ia keluar karena lelah dengan berbagai tur besar yang terus dilakukan oleh Dream Theater.

Namun, kepergian Moore ternyata memberi dampak besar bagi band metal dunia ini. Ditambah lagi Portnoy sang drummer memiliki kecanduan besar terhadap narkoba saat itu. Hal ini membuat sang gitaris Dream Theater mulai merasa tidak nyaman. Ia mulai bermain solo, namun tidak meninggalkan band-nya.

Itu dia beberapa fakta yang wajib kamu ketahui tentang John Petrucci sang gitaris Dream Theater yang sangat berbakat. Sekarang yuk, kita dengarkan beberapa lagu karya John Petrucci sambil mencoba  VELO, kantong nikotin pertama di Indonesia yang ditujukan untuk kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, dengan berbagai pilihan rasa, waktu santaimu mendengarkan musik pasti menjadi lebih seru! Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain.

Related Articles

Leave a Reply